Sukses

Menengok Cuan Bitcoin di Tengah Ketidakpastian Suku Bunga

Kemarin, Bitcoin (BTC) mengalami kenaikan signifikan sebesar 3,55% dalam 24 jam terakhir. Pukul 08:00 WIB, BTC diperdagangkan di atas MA-20 dengan harga sekitar USD 68.595.

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang akhir pekan ini, ada kemungkinan Bitcoin masih bisa naik jika melihat perkiraan data Non-Farm Payroll (NFP) Amerika Serikat (AS). Kemungkinan perilisan data NFP Jumat (5/4) turun, walaupun hasil data data ekonomi AS lainnya naik dan membaik.

Trader Tokocrypto Fyqieh Fachrur mengatakan, NFP yang turun dapat mendorong The Fed untuk menurunkan suku bunga, memperlemah dolar AS, dan menaikan harga aset berisiko seperti kripto.

"NFP yang lemah dapat mendorong investor mencari alternatif seperti kripto, potentially meningkatkan permintaan dan harga. Korelasi antara Bitcoin dan pasar tradisional, termasuk dolar AS, dapat memengaruhi dampak NFP pada kripto," kata Fyqieh dalam keterangannya, dikutip Sabtu (6/4/2024).

Menurutnya, Bitcoin (BTC) mengalami kenaikan signifikan sebesar 3,55% dalam 24 jam terakhir. Pukul 08:00 WIB, BTC diperdagangkan di atas MA-20 dengan harga sekitar USD 68.595.

Kenaikan ini memberikan optimisme kepada para investor dan trader, namun pertanyaannya sekarang adalah apakah BTC akan berhasil menembus level resistensi kunci pada USD 69.000?

"Menilik tren harga saat ini, terlihat bahwa BTC memiliki potensi untuk melanjutkan kenaikan hingga mencapai level USD 71.000 apabila berhasil melewati resistance di USD 69.000," ujarnya.

Namun, jika mengalami penolakan di level tersebut, kemungkinan besar BTC akan mengalami tekanan jual dan kembali melemah ke kisaran USD66.000.

Laporan pekerjaan AS, komentar anggota The Fed, dan data aliran pasar ETF BTC-spot perlu dipertimbangkan. Meskipun ada obrolan hawkish dari anggota The Fed, pasar ETF BTC-spot tetap berada di jalur untuk memperluas arus masuk bersih ke sesi ketiga berturut-turut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Halving Bitcoin

Namun, investor juga akan memperhatikan hitung mundur Bitcoin halving. Enam belas hari tersisa hingga Bitcoin halving. Permintaan yang berkelanjutan melalui pasar ETF BTC-spot dapat mendukung tingkat harga BTC setelah peristiwa tersebut.

"Perlu diperhatikan bahwa indikator Stochastic saat ini berada di area oversold, menunjukkan potensi untuk pembalikan harga yang mungkin akan menguatkan BTC dalam beberapa sesi," ujarnya.

Dengan demikian, ia menilai menjelang akhir pekan, harga Bitcoin naik tipis sehingga menawarkan sedikit kelegaan bagi investor karena selera risiko sebagian besar masih lemah di tengah ketidakpastian suku bunga AS. Harga Bitcoin sedang dalam perjalanan kembali naik setelah awal bulan yang sulit dengan waktu kurang dari dua minggu menuju perkiraan halving.

Dalam dua hari terakhir, Bitcoin sebagian besar tetap berada dalam kisaran yang terbatas, karena isyarat beragam mengenai penurunan suku bunga AS yang membuat sebagian besar investor khawatir untuk membuat taruhan besar. Antisipasi data utama Non-farm Payrolls (NFP) AS yang akan dirilis akhir pekan ini juga menghalangi perdagangan besar.

 

3 dari 4 halaman

Aliran Dana ETF Bitcoin

Pada pekan ini, BTC hanya mendapat sedikit dukungan dari pelemahan dolar AS, yang jatuh dari level tertinggi lima bulan baru-baru ini setelah Ketua The Fed, Jerome Powell memberikan isyarat yang lumayan mengenai suku bunga AS. Meskipun Powell mengatakan bank sentral masih mendukung pemotongan suku bunga pada tahun 2024, ia hanyamemberikan sedikit petunjuk mengenai waktu dan skala pemotongan.

Powell juga mengatakan The Fed membutuhkan lebih banyak keyakinan bahwa inflasi kembali menuju target tahunan 2%. Selain Powell, anggota komite penetapan suku bunga The Fed lainnya juga akan menyampaikan pidato akhir pekan ini.

Sementara itu, data aliran dana ETF Bitcoin menunjukkan minggu ini bahwa meskipun arus masuk modal ke dalam aset digital kembali berlanjut setelah arus keluar yang mencapai rekor tertinggi, sebagian besar arus masuk masih bias terhadap Bitcoin.

 

4 dari 4 halaman

Arus Masuk Modal

Data juga mencatat bahwa meskipun arus masuk modal meningkat, aktivitas ETF melambat. Omset perdagangan harian turun menjadi $5,4 miliar dalam seminggu hingga 30 Maret, turun 36% dari puncaknya yang terlihat tiga minggu lalu.

Penurunan tersebut menunjukkan bahwa hype atas persetujuan ETF Bitcoin kini mereda setelah awalnya memicu reli tajam selama dua bulan terakhir.

Persetujuan ETF Bitcoin spot adalah pendorong utama reli token sejauh ini pada tahun 2024, membantunya mencapai rekor tertinggi BItcoin lebih dari $73.000 pada bulan Maret.

Penurunan harga baru-baru ini tampaknya tidak mengurangi optimisme para investor yang bertaruh pada kenaikan yang berkelanjutan.Sentimen Crypto Fear & Greed Index pada Jumat (5/4) menunjukkan peningkatan signifikan dibandingkan sehari sebelumnya, dengan posisi mencapai angka 79 poin, berada pada kategori "Extreme Greed".

"Hal ini menunjukkan bahwa pasar crypto saat itu didominasi olehkeinginan ekstrem untuk mendapatkan profit tanpa memperhatikan risiko potensial," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini