Sukses

Bitcoin Mampu Bangkit Lagi, Investor Perlu Cermati Sentimen Ini

Pada Senin, posisi sentimen Crypto Fear & Greed Index berada di 75 poin di posisi "Greed" turun dari minggu sebelumnya di 77 poin level "Extreme Greed".

Liputan6.com, Jakarta - Pasar kripto mencoba untuk pulih setelah penurunan terbaru, sementara volumenya tidak mendukung kenaikan. Pergerakan harga baru-baru ini menunjukkan beberapa sentimen masih ada di pasar, sehingga fase pemulihan belum dimulai dengan kekuatan yang diperlukan.

Bitcoin (BTC) sesuai target untuk mengakhiri minggu lalu di zona merah, namun tanda positif bagi para investor adalah bahwa harga telah pulih dari posisi terendah dalam seminggu terakhir di sekitar USD 61.000 atau setara Rp 963,4 juta (asumsi kurs Rp 15.795 per dolar AS) menjadi lebih dari USD 65.000 atau setara 1,02 miliar.

Trader Tokocrypto, Fyqieh Fachrur menjelaskan, hal ini menunjukkan pelaku pasar tetap bullish dalam jangka panjang dan membeli saat terjadi penurunan.

“Diperkirakan arus masuk ke dana ETF Bitcoin akan meningkat, jika Bitcoin mendekati level dukungan. Tanda positif lain yang dapat mendukung harga Bitcoin adalah arus keluar dari Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) yang melambat,” kata Fyqieh dalam analisis awal pekan, Senin (25/3/2024).

Fyqieh menambahkan, data Fairside Investors, arus keluar dari GBTC turun menjadi hanya USD 170 juta atau setara Rp 2,6 triliun pada 22 Maret. Hal ini menunjukkan tekanan jual bisa berkurang. Sentimen Crypto Fear & Greed Index pada awal pekan ini pun terpantau melemah.

Pada Senin, posisi sentimen Crypto Fear & Greed Index berada di 75 poin di posisi "Greed" turun dari minggu sebelumnya di 77 poin level "Extreme Greed".

Hal ini menunjukan meskipun masih ada tingkat keinginan yang tinggi untuk mendapatkan keuntungan di pasar kripto, tetapi ada sedikit penurunan. Kemungkinan ada beberapa tanda-tanda investor mulai merasa sedikit waspada atau berhati-hati dalam menghadapi volatilitas pasar yang tinggi.

Meskipun demikian, pergerakan sentimen ini juga bisa mencerminkan adanya pergeseran dalam siklus pasar, di mana para investor mungkin sedang mencari peluang baru atau mengantisipasi koreksi harga setelah lonjakan sebelumnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sentimen Pekan Ini

Banyak peristiwa ekonomi dan peristiwa lainnya yang akan terjadi minggu ini, yang mungkin menentukan kinerja pasar kripto. Pekan ini, jajaran pejabat The Fed akan memberikan pidatonya mengenai pasar.

“Pernyataan mereka dapat menjelaskan rencana kenaikan suku bunga The Fed di masa depan, sehingga berdampak pada sentimen pasar,” jelas Fyqieh.

Selain itu, pidato Gubernur The Fed, Christopher Waller dan Ketua Fed, Jerome Powell akhir minggu ini akan dipantau secara ketat oleh para investor untuk mengetahui adanya indikasi yang mempengaruhi dinamika pasar.

Di sisi lain, ada beberapa rilis data ekonomi penting diantisipasi pada minggu ini, yang akan mempengaruhi pergerakan pasar. Khususnya, data Gross Domestic Product (GDP) AS pada Kamis, diikuti oleh Indeks PCE dan Indeks PCE Inti pada Jumat, akan semakin memandu ekspektasi investor mengenai keputusan suku bunga The Fed di masa depan dan kesehatan ekonomi AS.

 

3 dari 3 halaman

Gugatan Ripple vs SEC

Terlepas dari volatilitas pasar, pelaku pasar tetap optimis terhadap potensi kenaikan Bitcoin, didukung oleh antisipasi acara Bitcoin Halving yang akan datang. Peristiwa ini secara historis mengkatalisasi reli harga Bitcoin, memacu momentum di seluruh dunia kripto. Namun, kehati-hatian disarankan karena kinerja masa lalu tidak menjamin hasil di masa depan.

Selain itu, perhatian juga beralih ke pembaruan gugatan Ripple vs SEC yang dijadwalkan pada Selasa, menarik minat besar dari para penggemar kripto dan komunitas XRP. Ada kemungkinan altcoin XRP akan lebih volatil di pekan ini, dan jika hasil positif akan menaikan harga XRP.

Khususnya, komentar CEO Ripple baru-baru ini yang menunjukkan potensi kemenangan hukum Ethereum atas SEC AS yang serupa dengan kesuksesan XRP telah memicu diskusi pasar.

“Investor didesak untuk tetap waspada di tengah perkembangan yang membentuk lanskap kripto,” pungkasnya.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.