Sukses

Nilai Tebusan Kejahatan Kripto Sentuh Rp 17,1 Triliun Sepanjang 2023

Perusahaan analisis blockchain Chainalysis mencatat penjahat yang umumnya sebagai peretas kripto menargetkan institusi antara lain rumah sakit, sekolah dan kantor pemerintah.

Liputan6.com, Jakarta - Laporan terbaru dari perusahaan analisis blockchain Chainalysis, nilai tebusan terkait kejahatan kripto naik hampir dua kali lipat menyentuh lebih dari USD 1 miliar atau setara Rp 15,5 triliun (asumsi kurs Rp 15.653 per dolar AS) pada 2023.

Para penjahat yang umumnya sebagai peretas menargetkan institusi antara lain rumah sakit, sekolah, dan kantor pemerintah untuk meminta uang tebusan. Peretas berhasil mengantongi USD 1,1 miliar atau setara Rp 17,1 triliun sepanjang 2023, dibandingkan dengan USD 567 juta atau setara Rp 8,8 triliun pada 2022.

Bitcoin, mata uang kripto terbesar, telah melonjak lebih dari 60 persen sejak akhir September 2023 karena antusiasme terhadap ETF bitcoin AS yang baru dan tanda-tanda bank sentral di seluruh dunia akan mulai memangkas suku bunga.

"Semakin banyak pemain baru yang tertarik dengan potensi keuntungan yang tinggi dan hambatan masuk yang lebih rendah,” kata Chainalysis dalam laporannya, dikutip dari Channel News Asia, Kamis (22/2/2024).

Sebuah laporan pada November 2023 menunjukkan kelompok kejahatan dunia maya "Black Basta" telah memeras setidaknya USD 107 juta atau setara Rp 1,6 triliun dalam bentuk bitcoin, dengan sebagian besar pembayaran uang tebusan yang dicuci masuk ke bursa mata uang kripto Rusia.

Pencurian mata uang kripto melalui serangan siber dan ransomware juga merupakan sumber pendanaan yang signifikan bagi Korea Utara, menurut laporan PBB. 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Laporan Chainalysis Sebut Kejahatan Kripto Turun pada 2023

Sebelumnya diberitakan, dalam analisis tahunan terbarunya mengenai kejahatan terkait kripto, platform data blockchain Chainalyis menemukan nilai yang diterima oleh alamat mata uang kripto ilegal hingga 2023 berjumlah USD 24,2 miliar atau setara Rp 378,5 triliun (asumsi kurs Rp 15.642 per dolar AS).

Ini merupakan penurunan yang signifikan dibandingkan dengan nilai tertinggi sepanjang masa sebesar USD 39,6 miliar atau setara Rp 619,6 triliun pada 2022. 

Pemimpin Penelitian Kejahatan Dunia Maya di Chainalysis, Eric Jardine menuturkan, meningkatnya kematangan aset digital kelas ini dibuktikan lebih lanjut dengan fakta kejahatan kripto hanya menyumbang 0,34% dari total volume transaksi on-chain tahun lalu. 

“Setelah keputusan penting SEC baru-baru ini untuk menyetujui ETF spot BTC, ada tanda-tanda kuat musim dingin kripto sedang mencair. Ditambah dengan penurunan signifikan dalam aktivitas kejahatan kripto tahun lalu, tampaknya fase pertumbuhan baru akan segera tiba,” kata Jardine dalam siaran pers, dikutip Selasa (23/1/2024). 

Jardine menambahkan, berkat transparansi yang melekat pada blockchain, alat analisis dari perusahaan seperti Chainalysis dapat memberi regulator, lembaga penegak hukum, dan bisnis kripto kemampuan untuk mendeteksi dan bereaksi terhadap aktivitas jahat di blockchain. 

Penurunan signifikan dalam volume transaksi gelap sebagian besar disebabkan oleh penurunan tajam dalam penipuan kripto dan dana curian, yang menyebabkan total pendapatan gelap masing-masing turun sebesar 29,2% dan 54,3%. 

Menariknya, penurunan dana curian sebagian besar didorong oleh penurunan tajam dalam peretasan DeFi. DeFi adalah salah satu area ekosistem kripto yang tumbuh paling cepat dan paling menarik, sebagian besar karena transparansinya. 

“Penurunan ini dapat mewakili pembalikan tren jangka panjang yang mengganggu, dan dapat menjadi sinyal protokol DeFi meningkatkan praktik keamanannya,” pungkas Jardine.

 

3 dari 4 halaman

Polisi di Kanada Pakai Teknologi Blockchain untuk Berantas Kejahatan Kripto

Sebelumnya diberitakan, polisi di Kanada mengungkapkan telah melakukan penyidikan menggunakan perangkat lunak pengawasan blockchain Chainalysis Reactor untuk memberantas kejahatan kripto.

Pihak kepolisian membahas situasi tersebut dengan sersan Kevin Talbot dari Unit Kejahatan Ekonomi Lethbridge Police Service (LPS). Talbot telah dilatih dalam analisis blockchain, yang dianggap sebagai kemajuan signifikan untuk kekuatan yang lebih kecil seperti LPS.

Laporan tersebut mencatat teknologi memungkinkan LPS untuk melacak transaksi, mengidentifikasi tersangka, dan menentukan di mana dana telah disimpan, meskipun menuntut para penipu masih menjadi tantangan. 

Talbot mengungkapkan itu memungkinkan kepolisian untuk menulis perintah produksi untuk mengumpulkan informasi tentang pemegang akun.

"Kami akan sampai pada titik di mana kami memiliki data transaksi tetapi kami tidak dapat melacaknya karena memerlukan pemrograman khusus untuk melakukan hal-hal dan pelatihan ini. Di Kanada, kami membuat kemajuan,” kata Talbot, dikutip dari Bitcoin.com, Senin (21/8/2023).

Talbot menambahkan, akan menggunakan program Reaktor Rantai untuk melakukan pelacakan ke pertukaran. Informasi tersebut kemudian dibagikan kepada penyelidik yang kemudian akan menulis perintah produksi untuk mendapatkan informasi tentang pemegang akun, apakah ada dana di akun tersebut dan ke mana dana tersebut telah ditransfer.

“Fokus saat kami melakukan penyelidikan ini ada dua. Kami ingin mengadili seseorang tetapi sering kali meskipun individu yang terlibat berada di luar negeri yang membuatnya sedikit lebih sulit untuk dituntut, tetapi tidak selalu ada kesempatan di mana mereka lokal atau setidaknya di Amerika Utara,” pungkas dia.

4 dari 4 halaman

Kejahatan Kripto Turun Drastis di Tengah Tren Kenaikan Harga

Sebelumnya diberitakan, harga aset digital naik secara signifikan tahun ini. Menariknya, data Blockchain Chainalysis mengungkapkan bahwa kejahatan terkait cryptocurrency telah turun 65 persen sepanjang tahun ini dibandingkan dengan tahun lalu. Data kejahatan kripto tersebut didasarkan pada rekap arus masuk aset digital ke entitas terlarang.

Melansir Decrypt, Kamis (13/7/2023), perusahaan mendefinisikan alamat entitas terlarang yang terkait dengan pasar darknet atau penyerang ransomware.

Laporan tersebut mengatakan bahwa arus masuk ke entitas berisiko seperti bursa dan mixer berisiko tinggi juga turun sebesar 42 persen. Informasi saja, penjahat sering menggunakan layanan tersebut untuk mencuci dana.

"Telah terjadi kemunduran pasar secara keseluruhan tetapi volume transaksi crypto ilegal turun jauh lebih banyak daripada volume transaksi crypto yang sah. Penipuan hampir selalu merupakan bentuk kejahatan berbasis cryptocurrency dengan pendapatan tertinggi, dan sementara itu yang terjadi sejauh ini di tahun 2023, total pendapatan penipuan anjlok dibandingkan tahun lalu,” kata Chainalysis.

Perusahaan menambahkan, penipu crypto telah menarik pendapatan 77 persen lebih sedikit daripada yang mereka lakukan hingga Juni 2022.

Ini menarik, mengingat harga aset digital telah meningkat tahun ini, yang biasanya justru menguntungkan kelompok kriminal. Sebagai gambaran Bitcoin diperdagangkan dengan harga kurang dari USD 17.000 per koin pada Januari, dan hari ini perdagangan seharga USD 30.500.

Biasanya, pergerakan harga yang positif diterjemahkan menjadi pendapatan scam yang lebih tinggi, kemungkinan karena peningkatan euforia pasar dan FOMO membuat korban lebih rentan terhadap pitch scammers. Namun terlepas dari penurunan angka penipuan, serangan ransomware terus meningkat.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini