Sukses

Membedah Kripto XMR Coin dan Kinerja Harganya

Liputan6.com, Jakarta - Monero diluncurkan pada 2014 dengan tujuan sederhana yaitu memungkinkan transaksi dilakukan secara pribadi dan tanpa nama. Meskipun umumnya dianggap BTC dapat menyembunyikan identitas seseorang, seringkali mudah untuk melacak pembayaran kembali ke sumber aslinya karena blockchain bersifat transparan. 

Dilansir dari Coinmarketcap, Monero dirancang untuk mengaburkan pengirim dan penerima melalui penggunaan kriptografi tingkat lanjut. Secara keseluruhan, Monero bertujuan untuk memungkinkan pembayaran dilakukan dengan cepat dan murah tanpa takut akan sensor.

Ekosistem Monero memiliki token kripto utilitas sendiri yang dinama XMR Coin. Asal usul XMR dapat ditelusuri kembali ke Bytecoin, cryptocurrency yang berfokus pada privasi dan terdesentralisasi yang diluncurkan pada 2012. 

Dua tahun kemudian, seorang anggota forum Bitcointalk yang dikenal sebagai thanksfortoday bercabang kode basis BCN, dan Monero lahir. Mereka telah menyarankan “perubahan kontroversial” pada Bytecoin yang tidak disetujui oleh orang lain di komunitas dan memutuskan untuk mengambil tindakan sendiri.

Pendiri Monero

Tujuh pengembang awalnya terlibat dalam pembuatan Monero, lima di antaranya memutuskan untuk tetap anonim. Ada rumor XMR juga ditemukan oleh Satoshi Nakamoto, yang dikenal sebagai penemu Bitcoin. Selain itu, diyakini ada ratusan pengembang lain yang telah berkontribusi pada XMR selama bertahun-tahun.

Keunikan Monero

Ada beberapa hal yang membuat Monero unik. Salah satu tujuan terbesar proyek ini adalah mencapai tingkat desentralisasi setinggi mungkin, yang berarti pengguna tidak perlu mempercayai orang lain di jaringan.

 

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harga XMR

Privasi dicapai melalui beberapa fitur khusus. Sedangkan setiap Bitcoin yang beredar memiliki nomor seri sendiri, artinya penggunaan cryptocurrency dapat dipantau, XMR benar-benar sepadan. 

Secara umum, detail tentang pengirim, penerima, dan jumlah kripto yang ditransfer dikaburkan di Monero dan pendukung Monero mengatakan ini menawarkan keunggulan dibandingkan koin privasi saingan seperti Zcash.

Berdasarkan data Coinmarketcap, Rabu (7/2/2024), harga XMR Coin adalah Rp 1,9 juta  dengan volume perdagangan 24 jam sekitar Rp 5,98 triliun.

XMR Coin melemah 22,99 persen dalam 24 jam terakhir. Sedangkan untuk peringkat Coinmarketcap saat ini adalah 39 dengan kapitalisasi pasar Rp 37,3 triliun Hingga saat ini telah terjadi peredaran suplai sekitar 18, juta XMR Coin dari maksimal suplai tidak tersedia.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

3 dari 4 halaman

Mengenal Lebih Dekat MAV Coin, Kripto Milik Platform Protokol Maverick

Sebelumnya diberitakan, protokol Maverick (MAV) adalah platform ini adalah penyedia infrastruktur DeFi. Tujuan utamanya adalah meningkatkan efisiensi industri. Fungsi inti didorong oleh sistem Automated Market Maker (AMM). Maverick memiliki kripto utilitasnya sendiri yaitu MAV Coin.

Dilansir dari Coinmarketcap, MAV adalah token utilitas Protokol Maverick, penyedia infrastruktur DeFi. Ini digunakan untuk berbagai maksud dalam platform.

Maverick memposisikan dirinya sebagai pemain terkemuka di dunia DeFi, menawarkan kerangka kerja mutakhir yang mendorong efektivitas sektor ini ke tingkat berikutnya. Inti dari operasinya terletak pada AMM yang kuat, sebuah alat yang memungkinkan masyarakat memanfaatkan modal mereka. 

Dengan mengelola kumpulan aset secara cerdas, menetapkan harga, dan memfasilitasi perdagangan, pembuat pasar memungkinkan masyarakat mendapatkan hasil maksimal dari aset mereka, menciptakan sistem keuangan yang lebih lancar dan efisien.

Cara Kerja Protokol Maverick 

Dengan mengotomatiskan proses pemusatan likuiditas, Maverick AMM memberdayakan pelanggan untuk mencapai tingkat efektivitas modal yang tak tertandingi. 

Hal ini tidak hanya menghasilkan pasar yang lebih likuid, memberi imbalan kepada pedagang dengan harga yang lebih baik, namun juga menciptakan biaya yang lebih tinggi bagi penyedia likuiditas (LP).

 

4 dari 4 halaman

Pendiri Protocol

Aspek yang luar biasa bagi LP adalah kemampuan barunya untuk menyelaraskan diri dengan lintasan harga suatu aset tertentu, dan secara efektif menempatkan taruhan terarah pada harganya.

Tim telah berhasil meluncurkan dApp-nya di Ethereum, memberikan kesempatan kepada orang-orang untuk merasakan rangkaian lengkap kemampuan AMM. 

Dengan memanfaatkan aplikasi resmi proyek ini, pengguna dapat melakukan swap dengan lancar, membuat kumpulan likuiditas, dan mempelajari mode likuiditas baru yang ditawarkan oleh Maverick, membuka jalan baru untuk eksplorasi dan pertumbuhan keuangan.

Pendiri Protokol Maverick

Mainnet proyek ini diluncurkan pada Maret 2023 oleh Alvin Xu dan Bob Baxley. Bob berdiri sebagai individu yang memiliki banyak segi, memadukan peran sebagai teknolog, wirausaha, dan pengembang perusahaan teknologi. Dalam bidang keuangan terdesentralisasi, Bob berperan sebagai pembangun inti di Maverick Protocol.

Alvin tampil sebagai pemimpin produk, dilengkapi dengan keahlian dan pengetahuan di berbagai industri pionir. Keahliannya mencakup mengatasi seluk-beluk teknis, tantangan yang berpusat pada pengguna, dan dilema bisnis.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini