Sukses

CEO Grayscale Ramal Sebagian Besar ETF Bitcoin Direstui SEC Justru akan Tumbang

Michael Sonnenshein berpendapat biaya yang lebih rendah dari ETF lain adalah taktik untuk menarik investor.

Liputan6.com, Jakarta CEO Grayscale Investments, Michael Sonnenshein berbagi wawasan tentang ETF Bitcoin Spot yang baru disetujui. Dia menyatakan keraguannya pada tingginya biaya yang terkait dengan produk Grayscale sendiri.

ETF Grayscale Bitcoin Trust, memiliki aset yang dikelola senilai miliaran dolar, berdiri sebagai dana Bitcoin terbesar di dunia. Namun, sorotan pada biaya manajemen meningkat ketika Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) memberi lampu hijau pada serangkaian ETF bitcoin spot.

Perusahaan seperti BlackRock dan Fidelity ikut serta, dengan banyak emiten yang awalnya menawarkan biaya 0% untuk waktu terbatas, dan akhirnya menetap di antara 0,2% dan 0,4%. 

Sebaliknya, Grayscale Bitcoin Trust ETF mengenakan biaya 1,5%, angka yang dengan gigih dipertahankan oleh Sonnenshein. Dia menyebutkan status dana tersebut sebagai yang terbesar, dengan rekam jejak operasi yang sukses selama satu dekade. 

“Investor sangat mempertimbangkan hal-hal seperti likuiditas dan rekam jejak serta siapa penerbit sebenarnya di balik produk tersebut. Grayscale adalah spesialis kripto. Hal ini benar-benar membuka jalan bagi munculnya banyak produk ini,” jelas Sonnenshein saat wawancara di Forum Ekonomi Dunia di Davos, dikutip dari Coinmarketcap, Kamis (1/1/2024).

Prediksi Sonnenshein Terkait ETF BTC

Sonnenshein berpendapat biaya yang lebih rendah dari ETF lain adalah taktik untuk menarik investor, dan menekankan produk-produk ini tidak memiliki rekam jejak yang substansial. 

Dia berpendapat insentif biaya tersebut mungkin menimbulkan pertanyaan tentang komitmen jangka panjang emiten terhadap kelas aset tersebut. “Saya pikir dari sudut pandang kami, terkadang komitmen jangka panjang mereka terhadap kelas aset mungkin dipertanyakan,” kata Sonnenshein.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ke Depan

Ke depannya, CEO Grayscale ragu dengan keberlanjutan 11 ETF Bitcoin spot yang baru-baru ini disetujui. Dia memperkirakan hanya dua atau tiga perusahaan yang dapat mengumpulkan cukup aset yang dikelola untuk mencapai masa kritis, sementara sisanya mungkin akan ditarik dari pasar.

“Saya pada akhirnya tidak berpikir bahwa pasar pada akhirnya akan memiliki 11 produk spot yang kita miliki,” proyeksi Sonnenshein. Grayscale, setelah memantapkan dirinya sebagai spesialis kripto, bertujuan untuk membedakan dirinya di pasar yang kompetitif ini.

Sementara perusahaan lain memilih biaya yang lebih rendah untuk menarik investor, Grayscale tetap memilih biaya yang lebih tinggi karena mereka mempercayai sejarah panjang dan keberhasilan mereka dalam menangani pasar kripto yang tidak dapat diprediksi.

DisclaimerSetiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.