Sukses

Parkir di Zona Merah, Berikut Kinerja Harga Kripto FTM Coin Hari Ini 31 Januari 2024

Fantom memiliki tujuan untuk mengatasi keterbatasan blockchain generasi sebelumnya dan menyeimbangkan tiga komponen yaitu skalabilitas, keamanan, dan desentralisasi.

Liputan6.com, Jakarta - Fantom adalah platform kontrak pintar terdesentralisasi sumber terbuka untuk DApps dan aset digital yang dibuat sebagai alternatif untuk Ethereum. 

Dilansir dari Coinmarketcap, Fantom memiliki tujuan untuk mengatasi keterbatasan blockchain generasi sebelumnya dan menyeimbangkan tiga komponen yaitu skalabilitas, keamanan, dan desentralisasi. 

Proyek ini menawarkan seperangkat alat untuk menyederhanakan proses integrasi DApps yang ada, serta sistem hadiah yang terperinci dan instrumen DeFi bawaan. Fantom memiliki token kriptonya sendiri yang disebut FTM Coin. 

Pada perdagangan Rabu (31/1/2024) FTM Coin memiliki kinerja cukup buruk. Adapun berikut kinerjanya. Berdasarkan data Coinmarketcap, harga FTM Coin adalah Rp 5.848 dengan volume perdagangan 24 jam sekitar Rp 1,1 triliun.

FTM terkoreksi 2,89 persen dalam 24 jam terakhir. Kapitalisasi pasar FTM Coin saat ini adalah Rp 16,3 triliun. Hingga saat ini telah terjadi peredaran suplai sekitar 2,7 miliar FTM Coin dari maksimal suplai 3,1 miliar FTM Coin.

Fantom Foundation merupakan pihak yang mengawasi Initial Coin Offering (ICO) FTM Coin. Fantom awalnya dibuat pada 2018, tetapi diluncurkan bersamaan dengan mainnet Fantom, OPERA, pada Desember 2019.

Opera ini adalah lapisan pengembangan aplikasi atau platform penyebaran mainnet Fantom, DApps hosting tanpa izin dan sumber terbuka. Berkat integrasi EVM dan dukungan untuk bahasa pemrograman Solidity, Fantom memiliki kemampuan kontrak pintar yang lengkap.

Hal ini memungkinkan pengguna untuk berinteraksi secara mulus dengan platform Ethereum sambil mempertahankan keuntungan efisiensi transaksi Fantom.

Fantom adalah blockchain Layer-1 yang menggunakan mekanisme konsensus awal dan lapisan konsensus independen, Lachesis, untuk memfasilitasi DeFi dan layanan terkait berdasarkan kontrak pintar. 

Lachesis juga menyediakan keamanan untuk lapisan lain, termasuk Opera, rantai kontrak pintar yang kompatibel dengan EVM Fantom. Misi jangka panjang dari proyek ini adalah untuk “memberikan kompatibilitas antara semua badan transaksi di seluruh dunia.”

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal XOR Coin, Kripto Milik Jaringan SORA

Sebelumnya diberitakan, SORA bertujuan menciptakan sistem ekonomi supranasional yang dapat menyediakan modal secara efisien kepada produsen. Kripto asli jaringan Sora adalah XOR Coin.

XOR Coin dapat digunakan untuk biaya transaksi pada jaringan substrat SORA, Pasokan elastis, dan dikelola oleh kurva ikatan token. Selain itu, XOR memungkinkan pemegang jumlah tertentu untuk menjadi warga negara dan anggota Parlemen SORA

Kripto tersebut juga digunakan untuk menambah likuiditas pada pasangan di Polkaswap dan melakukan staking untuk menjadi validator atau menominasikan validator di Jaringan SORA.

Dilansir dari Coinmarketcap, SORA adalah sistem ekonomi baru yang mendesentralisasikan konsep bank sentral serta jaringan yang menerapkan cara baru untuk merancang blockchain parachain yang terhubung ke rantai relay dan ekosistem Polkadot dengan alat bawaan yang berfokus pada DeFi.

Jaringan SORA unggul dalam menyediakan alat untuk aplikasi terdesentralisasi yang menggunakan aset digital, seperti pertukaran token atom, menjembatani token ke blockchain lain, dan membuat aturan terprogram yang melibatkan aset digital.

Pendiri SORA

Pendiri SORA, Makoto Takemiya, adalah pencipta algoritma Proof-of-Importance yang digunakan di NEM. Dia memulai pekerjaannya pada proyek SORA pada Agustus 2017. 

Tesis utama dari sistem ekonomi SORA adalah agar sistem ekonomi kripto dapat bersaing dengan sistem ekonomi kontemporer yang terpusat, diperlukan model ekonomi yang rasional. Untuk menciptakan model ekonomi rasional, tim melakukan survei terhadap berbagai teori ekonomi. 

Selama periode ini Yokei Yamaguchi, seorang ekonom, bergabung dengan tim pada 2018, dan dia membantu beberapa bagian penting dari model tersebut. Pada 17 Oktober 2019, Jaringan SORA v1 diluncurkan. 

 

3 dari 4 halaman

Uniknya SORA

Namun, teknologinya telah meningkat, memberikan kemungkinan untuk membentuk ekosistem kripto jenis baru dan lebih ambisius. 

Meskipun tujuan jangka menengah tetap menghasilkan nilai bagi komunitas, analisis perekonomian SORA telah mengarah pada tujuan jangka panjang untuk mewujudkan sistem ekonomi dunia supranasional. 

Keunikan SORA

Jaringan substrat SORA menjembatani Ethereum dan akan menjembatani Bitcoin untuk memungkinkan komunikasi lintas rantai dengan kedua blockchain, sambil terhubung ke Polkadot dan Kusama. 

Hal ini memungkinkan komunitas Ethereum dan Bitcoin menggunakan SORA untuk mengakses Polkadot dan Kusama melalui jembatan yang ramah pengguna. 

Dengan integrasi Polkaswap, pengguna dapat memperdagangkan aset apa pun di Ethereum dan Bitcoin di jaringan Polkadot dan Kusama dan menyediakan pertukaran lintas rantai yang nyata.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

4 dari 4 halaman

SEC Sebut Kripto Bukan Investasi Baik meski Setujui ETF Bitcoin

Sebelumnya diberitakan, Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) mengumumkan pada Rabu, 10 Januari 2024 waktu AS telah mengizinkan perdagangan ETF Bitcoin Spot. Meskipun menyetujui ETF Bitcoin, SEC masih berpendapat kripto bukan investasi yang baik.

Ketua SEC Gary Gensler mengatakan meskipun dana yang menyimpan komoditas seperti logam mulia memiliki kegunaan konsumen dan industri, tetapi Bitcoin pada dasarnya adalah aset spekulatif dan mudah berubah. 

Selain itu, menurut Gensler Bitcoin juga digunakan untuk aktivitas terlarang termasuk, pencucian uang, penghindaran sanksi, dan pendanaan teroris.

“Meskipun kami menyetujui pencatatan dan perdagangan saham spot bitcoin ETP, kami tidak menyetujui atau mendukung Bitcoin. Investor harus tetap berhati-hati terhadap berbagai risiko yang terkait dengan bitcoin dan produk yang nilainya terkait dengan kripto,” kata Gensler, dikutip dari Yahoo Finance, Kamis (11/1/2024).

Mata uang kripto seperti Bitcoin telah banyak didukung oleh influencer keuangan di media sosial, namun beberapa investor tradisional, termasuk Warren Buffett, menentangnya. 

Bill Gates, pendiri Microsoft, juga telah memperingatkan orang-orang akan terjerumus ke dalam ini, yang mungkin tidak mempunyai banyak uang untuk disisihkan. 

ETF Bitcoin diharapkan dapat memperluas popularitas mata uang kripto karena investor tidak perlu membeli mata uang secara langsung melalui bursa mata uang kripto khusus. 

Sebaliknya, dana tersebut akan memungkinkan investor ritel mendapatkan keuntungan dari perubahan harga Bitcoin melalui platform investasi yang sudah banyak mereka gunakan.

Produk-produk baru ini berarti penyedia dana seperti BlackRock dan Fidelity akan secara efektif memberikan kredibilitas terhadap gagasan berinvestasi dalam mata uang kripto.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.