Sukses

Tether Bakal Kolaborasi Bersama DOJ, FBI, dan Dinas Rahasia AS

Tether menyoroti hubungan kolaborasi yang telah dibangun perusahaan dengan Departemen Kehakiman AS (DOJ), Biro Investigasi Federal (FBI), dan Dinas Rahasia.

Liputan6.com, Jakarta - Tether, perusahaan di balik penerbitan USDT, telah mengungkapkan hubungannya dengan beberapa lembaga pemerintah Amerika Serikat (AS).

Dalam serangkaian surat yang ditujukan kepada Senator Cynthia Lummis, Tether menyoroti hubungan kolaborasi yang telah dibangun perusahaan dengan Departemen Kehakiman AS (DOJ), Biro Investigasi Federal (FBI), dan Dinas Rahasia, yang bertujuan untuk memerangi tindakan ilegal.

Dalam surat yang dikirim ke Lummis pada 15 Desember, CEO Tether Paolo Ardoino menyatakan perusahaan telah mengambil sikap keamanan proaktif, membekukan dana yang disimpan di dompet yang termasuk dalam daftar Warga Negara yang Ditunjuk Khusus (SDN) Kantor Pengendalian Aset Luar Negeri (OFAC). 

Ardoino menyatakan tindakan ini adalah langkah pasti yang dirancang untuk melindungi pengguna kami dan integritas ekosistem stablecoin. Ardoino juga menetapkan proses Tether untuk memungkinkan lembaga-lembaga ini bekerja sama dengan perusahaan. 

"Tether baru-baru ini memasukkan Dinas Rahasia Amerika Serikat ke dalam platform kami dan sedang dalam proses melakukan hal yang sama dengan Biro Investigasi Federal (FBI),” kata Ardoino, dikutip dari Bitcoin.com, Kamis (28/12/2023).

Kemitraan ini telah membuahkan hasil yang signifikan, karena Tether menginformasikan sekitar 326 dompet dengan total USD 435 Juta atau setara Rp 6,7 triliun (asumsi kurs Rp 15.486 per dolar AS) telah dibekukan melalui kerja sama langsung dengan ketiga lembaga ini.

Surat-surat tersebut merupakan jawaban langsung atas surat yang dikirimkan Lummis kepada Jaksa Agung AS Merrick Garland pada Oktober.

Lummis meminta DOJ untuk mengevaluasi sejauh mana Tether dan Binance telah diberikan dukungan material dan sumber daya untuk mendukung terorisme melalui pelanggaran undang-undang sanksi yang berlaku dan Undang-Undang Kerahasiaan Bank (BSA).

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perusahaan Kripto Tether Terapkan Kebijakan Pembekuan Stablecoin Baru

Sebelumnya diberitakan, Tether, perusahaan stablecoin terkemuka di industri kripto, telah mengumumkan inisiatif baru yang signifikan yang bertujuan untuk memperkuat keamanan ekosistem aset kripto. 

Perusahaan tersebut mengumumkan akhir pekan ini langkah baru-baru akan ditetapkan untuk secara sukarela membekukan dompet penambat yang terkait dengan Daftar Warga Negara yang Ditunjuk Khusus (SDN) dari Kantor Pengendalian Aset Luar Negeri (OFAC).

Ini menandai langkah proaktif menuju pemberantasan kegiatan terlarang oleh Tether.  CEO Tether, Paolo Ardoino menekankan sifat strategis dari keputusan ini. Menurutnya, Keputusan strategis ini sejalan dengan komitmen teguh Tether untuk mempertahankan standar keselamatan tertinggi bagi ekosistem global. 

"Dengan melakukan pembekuan alamat dompet secara sukarela pada penambahan baru pada Daftar SDN dan membekukan alamat yang ditambahkan sebelumnya, kami akan dapat lebih memperkuat penggunaan positif teknologi stablecoin dan mempromosikan ekosistem stablecoin yang lebih aman bagi semua pengguna,” kata Ardoino, dikutip dari Bitcoin.com, Kamis (14/12/2023).

Sejarah pembekuan USDT Tether bukanlah hal baru. Sebelumnya, perusahaan telah memasukkan sejumlah alamat yang terlibat dalam transaksi mencurigakan ke dalam daftar hitam. 

 

 

3 dari 4 halaman

Pembekuan USDT Terbesar

Tindakan ini termasuk membekukan lebih dari 30 alamat USDT yang memindahkan miliaran dolar, seperti yang dilaporkan oleh perusahaan intelijen blockchain Chainargos. 

Langkah-langkah ini merupakan bagian dari kolaborasi berkelanjutan Tether dengan penegak hukum, termasuk Departemen Kehakiman AS (DOJ), untuk memerangi aktivitas ilegal.

Dalam satu contoh penting, Tether secara sukarela membekukan USD 225 juta USDT  atau setara Rp 3,5 triliun (asumsi kurs Rp 15.573 per dolar AS) yang terkait dengan kelompok perdagangan manusia di Asia Tenggara. 

Tindakan ini, yang disebut-sebut sebagai pembekuan USDT terbesar yang pernah ada, menunjukkan peran aktif perusahaan dalam mencegah penyalahgunaan mata uangnya. Selain itu, Tether menyita aset senilai USD 9 juta atau setara Rp 140,1 miliar yang dicuri dalam penipuan pemotongan babi, bekerja sama dengan DOJ dan Dinas Rahasia AS.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

4 dari 4 halaman

Pendiri Microstrategy Michael Saylor Sebut ETF Bitcoin Bakal Picu Lonjakan Harga Kripto

Sebelumnya diberitakan, salah satu pendiri Microstrategy, Michael Saylor menyatakan persetujuan ETF Bitcoin spot dapat memicu permintaan terpendam yang sangat besar terhadap kripto, sehingga memicu kenaikan harga yang drastis pada 2024.

Dalam sebuah wawancara di Bloomberg, Saylor berpendapat ETF Bitcoin spot akan memberi investor arus utama saluran yang sesuai dengan bandwidth tinggi pertama mereka untuk mendapatkan eksposur ke Bitcoin. 

“Hal ini dapat mendorong peningkatan permintaan sebesar 2 hingga 10 kali lipat, katanya,” kata Saylor dikutip dari Yahoo Finance, Kamis (21/12/2023).

Pada saat yang sama, pasokan Bitcoin akan semakin sedikit pada April ketika peristiwa halving terjadi, sehingga mengurangi separuh pasokan baru yang dihasilkan setiap hari oleh para penambang.

Dengan meroketnya permintaan karena berkurangnya pasokan, Saylor memperkirakan harga akan lebih tinggi. Saylor percaya ETF spot akan menjadi perkembangan terbesar di Wall Street dalam 30 tahun, setara dengan penciptaan dana indeks S&P 500 pertama pada 1993 yang memberikan investor arus utama eksposur yang mudah ke pasar saham yang luas untuk pertama kalinya.

"Kami memperkirakan 2024 akan menjadi tahun yang baik bagi kelas aset. Kami tidak tahu sejauh mana aset tersebut akan berjalan pada saat ini," ujar Saylor.

Sebagai pendukun Bitcoin yang vokal, Saylor mengatakan MicroStrategy akan terus memanfaatkan leverage dan arus kas untuk memperluas kepemilikan Bitcoinnya daripada melikuidasi untuk berinvestasi di ETF spot.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini