Sukses

Tether Bekukan Kripto Rp 3,4 Triliun Diduga Terkait Kelompok Perdagangan Manusia

Tether dan OKX berkolaborasi dengan Departemen Kehakiman AS (DOJ) dalam penyelidikan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan kripto Tether mengatakan pada Senin, 20 November 2023 telah membekukan cryptocurrency senilai USD 225 juta atau setara Rp 3,4 triliun yang terkait dengan kelompok perdagangan manusia di Asia Tenggara.

“Dinas Rahasia AS meminta Tether untuk membekukan token tersebut selama upaya investigasi selama berbulan-bulan oleh Tether dan bursa kripto OKX,” kata Tether dalam sebuah posting blog, dikutip dari Yahoo Finance, Jumat (24/11/2023). 

Tether dan OKX berkolaborasi dengan Departemen Kehakiman AS (DOJ) dalam penyelidikan ini, kata Tether tanpa menjelaskan lebih lanjut. Juru bicara DOJ tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Tether menjelaskan, token kripto tersebut terkait dengan sindikat perdagangan manusia internasional di Asia Tenggara yang bertanggung jawab atas penipuan asmara “penyembelihan babi” global.

Modus pig butchering atau "penyembelihan babi" biasanya mengacu pada kejadian ketika penipu membangun kepercayaan korbannya melalui media sosial, aplikasi perpesanan, dan kencan, lalu menekan mereka untuk berinvestasi dalam kripto palsu atau skema perdagangan online.

Tether tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang grup tersebut atau bagaimana mereka menggunakan cryptocurrency. Tether mengatakan ini adalah pembekuan token terbesar yang pernah ada.

Ratusan ribu orang diperdagangkan oleh geng kriminal dan dipaksa bekerja di pusat penipuan dan operasi online ilegal lainnya di Asia Tenggara, menurut laporan PBB pada Agustus 2023.

Tether adalah stablecoin yang dipatok terhadap dolar AS. Ada token tether senilai USD 87,9 miliar atau setara Rp 1.352 triliun yang beredar, menjadikannya mata uang kripto terbesar ketiga setelah bitcoin dan eter, menurut data CoinGecko.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

SEC Kembali Gugat Bursa Kripto Kraken, Ada Apa?

Sebelumnya diberitakan, Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) kembali menggugat bursa mata uang kripto Kraken untuk kedua kalinya pada 2023. SEC menuduh platform perdagangan kripto beroperasi sebagai bursa sekuritas, pialang, dealer, dan lembaga kliring yang tidak terdaftar. 

Gugatan yang pertama terjadi pada Februari 2023 terkait program staking bursa kripto. Kraken setuju untuk membayar USD 30 juta atau setara Rp 469,6 miliar (asumsi kurs Rp 15.654 per dolar AS) untuk menyelesaikannya.

Dalam gugatannya yang diajukan pada Senin, SEC menuduh setidaknya sejak September 2018 Kraken menjalin layanan tradisional bursa, pialang, dealer, dan lembaga kliring tanpa mendaftarkan fungsi apa pun, sebagaimana diwajibkan oleh hukum.

Selain itu, SEC menuduh Praktik bisnis Kraken, kurangnya pengendalian internal, dan praktik pencatatan yang buruk menimbulkan berbagai risiko bagi pelanggannya.

SEC lebih lanjut mengklaim Kraken mencampurkan uang pelanggannya dengan uangnya sendiri, termasuk membayar biaya operasional langsung dari rekening yang menyimpan uang tunai pelanggan. Selain itu, pengawas menuduh Kraken mencatatkan sekuritas kripto.

Kraken Bakal MelawanKraken tidak setuju dengan klaim regulator sekuritas, dan bersikeras pihaknya tidak mencatatkan sekuritas, dan berencana untuk mempertahankan posisi dengan penuh semangat.

Keluhan terhadap Kraken menyatakan tidak ada penipuan, tidak ada manipulasi pasar, tidak ada kerugian pelanggan karena peretasan atau gangguan keamanan, dan tidak ada pelanggaran kewajiban fidusia.

CEO Kraken Dave Ripley memposting di platform media sosial X, mengatakan pihaknya sangat tidak setuju dengan klaim SEC 

“Kami berpegang teguh pada pandangan kami bahwa tidak mencatatkan sekuritas, dan berencana untuk mempertahankan posisi kami dengan penuh semangat,” kata Kraken, dikutip dari Bitcoin.com, Jumat (24/11/2023).

Sebelumnya SEC berpendapat Kraken harus masuk dan mendaftar ke agensi tersebut, ketika tidak ada jalur yang jelas untuk pendaftaran.

 

3 dari 4 halaman

JPMorgan Targetkan Transaksi Harian Kripto JPM Coin Capai Rp 156,6 Triliun

Sebelumnya diberitakan, salah satu bank investasi terbesar di dunia, JPMorgan, telah mulai menetapkan target ambisius untuk token kriptonya, JPM Coin yaitu transaksi harian senilai USD 10 miliar atau setara Rp 155,6 triliun (asumsi kurs Rp 15.561 per dolar AS).

Dilansir dari Coinmarketcap, Jumat (17/11/2023), kepala Global Pembayaran Lembaga Keuangan JPMorgan, Umar Farooq mengklaim target ini bisa dicapai setelah peluncuran sistem pembayaran otomatis dengan JPM Coin.

Farooq menyatakan JPM Coin saat ini memproses sekitar USD 1 miliar atau setara Rp 15,5 triliun transaksi harian, dia memperkirakan pertumbuhan signifikan antara lima hingga sepuluh kali lipat dalam satu hingga dua tahun ke depan. 

JPM Coin memfasilitasi pembayaran dalam dolar AS dan Euro untuk klien korporat melalui jaringan Blockchain pribadi. Meskipun ini adalah salah satu dari beberapa aplikasi operasional Blockchain oleh bank besar, ini masih mewakili porsi kecil dibandingkan dengan USD 10 triliun transaksi harian yang diproses oleh JPMorgan.

Pendukung teknologi Blockchain berpendapat bahwa dibandingkan dengan teknologi yang ada, Blockchain dapat menyediakan pembayaran instan dengan biaya lebih rendah. 

Namun, skalabilitas buku besar digital belum teruji pada skala yang sama dengan jaringan pembayaran tradisional. Oleh karena itu, kemungkinan prediksi ini tidak menjadi kenyataan juga ada. JPMorgan sudah mulai menggunakan JPM Coin secara efektif di berbagai aplikasi. 

Raksasa perbankan investasi ini baru-baru ini mengambil langkah lebih lanjut dalam bidang ini dengan memperkenalkan fitur pembayaran yang dapat diprogram untuk sistem pembayaran yang didukung Blockchain, Onyx dan JPM Coin. 

Perkembangan ini memungkinkan pelanggan untuk mengotomatiskan pembayaran mereka dan memprogram sistem untuk memenuhi kewajiban keuangan seperti pembayaran yang telah jatuh tempo dan margin call.

4 dari 4 halaman

SEC Tunda Keputusan Pendaftaran ETF Bitcoin Hashdex

Sebelumnya diberitakan, Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (AS) (SEC) menunda kesempatan untuk menyetujui atau menolak dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) bitcoin pertama di pasar AS. Namun, investor dan analis industri meningkatkan ekspektasi persetujuan akan segera hadir.

Dilansir dari Yahoo Finance, Selasa (21/11/2023), informasi terbaru, SEC menunda permohonan perusahaan investasi aset digital Hashdex yang berbasis di Brasil hingga tahun depan. Penundaan ini adalah yang pertama bagi Hashdex dalam pengajuannya pada September.

Badan tersebut pada Kamis, 16 November 2023 menunda sepasang keputusan ETF eter mereka menunda putusannya terhadap Hashdex Nasdaq Ethereum ETF, yang akan memiliki spot eter dan eter berjangka, serta keputusan mengenai usulan ETF eter berjangka Grayscale Investment, Grayscale Ethereum Futures.

SEC tampaknya belum bersedia memuaskan selera investor terhadap ETF bitcoin spot, bahkan ketika ekspektasi yang meningkat untuk persetujuan membantu menggandakan harga mata uang kripto selama setahun terakhir. 

Aplikasi ETF bitcoin spot dari ARK Invest dan 21Shares telah ditunda tiga kali, sementara Bitwise Investment Management, BlackRock Inc, Invesco, dan lainnya mengalami penundaan aplikasi mereka dua kali.

Namun, investor merasakan SEC mungkin terbuka untuk mengizinkan aplikasi ETF bitcoin setelah menolak lusinan aplikasi tersebut selama dekade terakhir. 

Hal ini terjadi setelah SEC kalah dalam tuntutan hukum terhadap Grayscale Investments pada akhir Agustus, di mana pengadilan federal memutuskan badan tersebut melakukan kesalahan dalam memblokir permohonan Grayscale untuk mengubah kepercayaan bitcoin menjadi ETF.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini