Sukses

Pemilu Putaran Kedua di Argentina Bakal Berisi Agenda Terkait Kripto

Karena inflasi terus melanda Argentina warga negara ini beralih ke cryptocurrency sebagai tempat berlindung yang aman

Liputan6.com, Jakarta - Argentina sedang mempersiapkan pemilu putaran kedua dengan berisi agenda kripto. Dalam putaran pertama pemilihan presiden di Argentina menetapkan Javier Milei, kandidat libertarian, dan Sergio Massa, menteri perekonomian saat ini, akan menghadapi pemilihan putaran kedua yang memiliki unsur kripto di dalamnya.

Milei telah berulang kali mengusulkan penghapusan Bank Sentral Argentina dan penerapan dolar sebagai alat pembayaran yang sah di negara tersebut sebagai poin utama pemerintahan hipotetisnya.

Di sisi lain, Massa baru-baru ini membahas penciptaan mata uang digital nasional, yang akan digunakan oleh pemerintahannya untuk mengurangi biaya pajak dan membatasi penghindaran pajak dengan menjadikan perekonomian Argentina lebih formalitas.

Massa, yang memimpin putaran pertama pemilu, juga menambahkan elemen lain yang perlu dipertimbangkan: kemungkinan menggunakan gas dari Vaca Muerta, salah satu cadangan minyak mentah paling signifikan di Argentina, untuk menambang bitcoin.

Pada pertemuan dengan penggemar cryptocurrency Argentina Santiago Siri, Massa mengatakan menyukai usulan Vaca Muerta karena menghasilkan pengurangan emisi karbon.

“Negara ini memiliki semua modal simbolis yang dibutuhkan Argentina di tahun-tahun mendatang,” kata Massa dikutip dari Bitcoin.com, Rabu (1/11/2023). 

Karena inflasi terus melanda Argentina warga negara ini beralih ke cryptocurrency sebagai tempat berlindung yang aman, mencari perlindungan dari mata uang lokal mereka yang runtuh.

Adopsi mata uang digital sangat tinggi di Argentina sebesar 23,5 persen, secara signifikan lebih tinggi daripada tingkat kepemilikan kripto global yang diperkirakan sebesar 11,9 persen, menurut perusahaan riset GWI.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

USDT Mendominasi Kripto di Brasil, Menyumbang 80 Persen Volume Transaksi

Sebelumnya diberitakan, menurut data dari badan layanan pendapatan Brasil, stablecoin Tether (USDT) telah mengalami peningkatan adopsi yang cukup besar, terhitung 80 persen dari semua transaksi mata uang kripto di negara tersebut.

Dilansir dari Coinmarketcap, Selasa (31/10/2023) di Brasil sepanjang 2023, transaksi USDT berjumlah USD 55 miliar atau setara Rp 872 triliun (asumsi kurs Rp 15.855 per dolar AS), secara substansial menggandakan jumlah transaksi Bitcoin, yang berjumlah USD 30 miliar atau setara Rp 475,6 triliun.

Stablecoin, seperti USDT, dimaksudkan untuk memiliki nilai yang stabil dan dipatok ke mata uang fiat seperti dolar AS dan real Brasil. USDT telah mendapatkan popularitas di Brasil sejak 2021, dan melampaui volume Bitcoin untuk pertama kalinya pada Juli 2022.

Brasil meningkatkan upaya kriptonya, dengan badan pajak Brasil melacak aktivitas dan investasi terkait kripto yang dimiliki oleh warga negara Brasil di luar negeri, sementara regulator sekuritas Brasil berencana meluncurkan kotak peraturan kedua untuk kasus penggunaan tokenisasi tahun depan.

Penegak hukum di Brasil juga ketat dalam menindas para penjahat kripto. Pada 10 Oktober lalu, Petugas polisi Brasil dan Interpol telah menangkap sekelompok tersangka pencuri kripto yang membawa senjata, pihak berwajib berhasil mengamankan tujuh orang. 

Para petugas bekerja sama dengan Interpol, Kementerian Kehakiman Brasil, dan Departemen Kepolisian Federal, serta Kepolisian Federal Argentina untuk operasi besar dengan nama sandi Blockchain. Dua tersangka ditahan pada Rabu, 4 Oktober, di Buenos Aires.

3 dari 4 halaman

Bos Fintech Inggris Dituduh Curi Kripto Untuk Gembong Narkoba Brasil

Sebelumnya diberitakan, Pemilik perusahaan teknologi keuangan di London, Caio Marchesani diduga membantu pengedar narkoba mencuci ratusan juta euro melalui platform pertukaran kripto.

Dilansir dari Coinmarketcap, Sabtu (9/9/2023), perusahaan fintech Marchesani diatur oleh Financial Conduct Authority dan disebut Trans-Fast Remittance, sebuah perusahaan yang menyediakan layanan pengiriman uang lintas batas.

Pihak berwenang di Belgia mengejar Marchesani sebagai bagian dari upaya mereka untuk membongkar geng kejahatan transnasional ini. Pihak berwenang menuduh Marchesani secara sadar dan sengaja mengubah sejumlah besar uang menjadi Bitcoin untuk penjahat Brasil bernama Sergio Roberto De Carvalho. 

De Carvalho adalah subjek dari Pemberitahuan Merah Interpol terkait kasus perdagangan narkoba, pencucian uang, dan pembunuhan. Menurut laporan, kasus ini dapat merugikan industri fintech Inggris dan menimbulkan kekhawatiran akan pergerakan dana gelap di seluruh dunia. 

Pihak Belgia mulai melakukan penyelidikan tiga tahun lalu setelah pejabat Belanda menyita lebih dari 12 ton kokain, yang bernilai lebih dari USD 283 juta atau setara Rp 4,3 triliun (asumsi kurs Rp 15.381 per dolar AS). 

Kokain itu telah ditelusuri dan kembali ke De Carvalho. Setelah pihak berwenang memecahkan kode pesan terenkripsi, Marchesani juga dapat terlibat.

 

4 dari 4 halaman

Kelola 14 Akun Binance

Marchesani dilaporkan mengelola 14 akun Binance dan menyimpan uang tunai untuk De Carvalho, yang karenanya dia mengenakan tarif tinggi untuk mentransfer dana. 

Terduga penjahat ini ditangkap pada Mei 2023 di Bandara Heathrow di Inggris, dan keputusannya akan diambil pada September. Mengenai penyelidikan tersebut, juru bicara Binance menyampaikan pertukaran tersebut memberikan bantuan operasional praktis kepada penegak hukum.

Para penjahat tersebut diduga menggabungkan teknologi baru dengan Hawala, sistem pengiriman uang yang dikenal di Timur Tengah. Setelah pandemi COVID, penggunaan kripto meningkat karena pengiriman uang tunai menjadi lebih sulit, menurut jaksa Belgia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.