Sukses

Kripto Worldcoin Kembali Tarik Perhatian Investor dengan Jumlah Transaksi Rp 95,5 Miliar

Alasan penarikan secara luas sebagian besar tidak diketahui, tetapi membangun asumsi token tersebut layak untuk dipertahankan

Liputan6.com, Jakarta - Menurut data perusahaan analitik Lookonchain, Worldcoin (WLD Coin) mungkin telah mendapatkan kembali perhatian investor besar, termasuk individu dan institusi.

Alasan klaim ini adalah dompet baru yang menarik WLD senilai USD 6 juta atau setara Rp 95,5 miliar (asumsi kurs Rp 15.926 per dolar AS) dari bursa OKX dan Binance.

Dilansir dari Coinmarketcap, Selasa (31/10/2023), pada periode yang sama, Amber Group, penyedia likuiditas, manajemen aset, dan platform perdagangan, juga mengirimkan 500.000 WLD dari OKX. 

Amber mengirimkan token ke dompet kripto yang tidak dapat diperdagangkan setelah penarikan. Perusahaan perdagangan terkemuka GSR juga tidak ketinggalan karena telah mengumpulkan WLD sejak 29 Agustus.

Meskipun alasan penarikan secara luas sebagian besar tidak diketahui, tindakan tersebut mungkin menunjukkan kemungkinan asumsi bahwa token tersebut layak untuk dipertahankan dalam jangka panjang. 

Tidak seperti kebanyakan altcoin, WLD telah menunjukkan peningkatan 9.49 persen dalam kinerja 30 harinya. Selain itu, menurut data on-chain, sentimen tertimbang berada di level 0.224. Sentimen tertimbang menggabungkan komentar positif dan negatif tentang suatu proyek dengan memeriksa volume sosial yang unik untuk mencapai skor.

Pengukuran ini meningkat jika sebagian besar pesan bersifat positif dan turun jika sebagian pesan bersifat negatif. Skor sentimen untuk WLD tetap datar sejak 13 Oktober, yang mungkin menunjukkan investor pasar saat ini netral terhadap kinerja token.

Selain sentimen jangka pendek dan penarikan oleh paus (orang yang memegang banyak kripto), terlihat kelompok individu juga menjadi bullish di Worldcoin dalam jangka panjang. 

Hal ini mungkin disebabkan oleh keadaan saldo alamat. Menurut perusahaan analisis data Santiment, kelompok beranggotakan 1-10 juta orang ini memiliki kepemilikan WLD tertinggi. 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gubernur Bank Sentral China Bakal Berantas Perdagangan Spekulasi Kripto

Sebelumnya diberitakan, Gubernur bank sentral China yang baru, Pan Gongsheng berjanji untuk menghentikan spekulasi terkait transaksi mata uang kripto di negara tersebut. Gongsheng  menyampaikan janjinya dalam sebuah laporan yang merinci langkah-langkah untuk menjaga stabilitas pasar keuangan China dan mencegah risiko.

Dilansir dari Bitcoin.com, Senin (30/10/2023), dokumen tersebut menyajikan tanggapan otoritas moneter terhadap perubahan situasi ekonomi dan mengungkapkan niatnya untuk meningkatkan kepercayaan terhadap sistem keuangan negara, mencegah risiko, memperluas permintaan domestik, dan mendorong pemulihan ekonomi yang berkelanjutan.

Laporan tersebut, yang dikutip oleh media Tiongkok, menandai beberapa bidang utama yang menjadi fokus PBOC. Hal ini termasuk menerapkan kebijakan moneter yang hati-hati, memperkuat dan meningkatkan pengawasan keuangan, memperdalam reformasi keuangan, dan menjaga stabilitas operasi pasar keuangan.

Sebagai bagian dari upaya untuk mencegah dan mengatasi risiko keuangan yang tersembunyi, bank sentral Tiongkok berjanji untuk menindak keras aktivitas keuangan ilegal dan penggalangan dana ilegal serta dengan tegas mengekang spekulasi transaksi mata uang virtual dalam negeri.

Tiongkok menindak aktivitas terkait kripto, terutama penambangan, yang merupakan salah satu aktivitas terbesarnya, pada tahun 2021. Secara paralel, pemerintah di Beijing telah mempromosikan penggunaan mata uang digital bank sentral (CBDC) yang diterbitkan oleh PBOC, yaitu yuan digital, dengan uji coba sudah mencakup 26 kota.

Regulator China juga akan terus mengintensifkan investigasi dan penanganan kasus pencucian uang, berdasarkan laporan yang disampaikan oleh gubernur yang baru dilantik. Pan Gongsheng mengambil alih jabatan pimpinan PBOC pada Juli tahun ini.

3 dari 4 halaman

Transaksi Kripto Binance di China

Sebelumnya diberitakan, pengguna Binance di China memperdagangkan aset terkait cryptocurrency senilai sekitar USS 90 miliar pada Mei 2023. Catatan itu menjadikan China sebagai pasar pertukaran kripto terbesar, meski pemerintah setempat melarang transaksi kripto.

Melansir Yahoo Finance, Rabu (2/8/2023), Wall Street Journal (WSJ) melaporkan bahwa transaksi senilai USD 90 miliar menyumbang 20 persen dari volume perdagangan kripto di seluruh dunia, tidak termasuk perdagangan oleh beberapa pedagang besar.

Faktanya, terlepas dari larangan yang berlaku di negara tersebut, tim investigasi pertukaran bekerja sama dengan penegak hukum China untuk mendeteksi potensi aktivitas kriminal di antara lebih dari 900.000 pengguna aktif di negara tersebut.

Pertukaran terbesar di dunia membantu pengguna di China menghindari pembatasan dengan mengarahkan pada situs web yang berbeda dengan alamat domain China sebelum mengalihkan mereka ke platform.

Pada tahun 2021, China melarang semua aktivitas terkait cryptocurrency, termasuk penambangan dan perdagangan token sambil mempromosikan penggunaan mata uang digital bank sentralnya, e-CNY.

 

4 dari 4 halaman

Tujuan Penambangan Bitcoin

Meskipun ada larangan, perlu dicatat bahwa China telah meraih rekor yang tidak terduga. Seperti yang dilaporkan pada Mei 2022, wilayah ini terus menjadi tujuan penambangan Bitcoin teratas, setelah AS. Selain itu, China tercatat sebagai pusat crypto utama kedua di Asia.

Dilaporkan bahwa ada 5,6 juta pengguna berbasis China yang terdaftar di Binance. Di antara mereka, 911.650 aktif, menurut Mission Control.

Selain itu, dokumen internal dan mantan karyawan mencatat bahwa sekitar 100.000 pengguna Binance di China per Januari dianggap sebagai orang yang terpapar secara politik.

Korea Selatan adalah runner-up dalam volume perdagangan crypto Binance, dengan pangsa 13 persen lebih dari USD 58 miliar.

Diikuti oleh Turki, Vietnam dan British Virgin Islands. Binance saat ini menghadapi pengawasan peraturan di A.S., di mana Komisi Sekuritas dan Bursa menggugat Binance dan chief executive officer Changpeng Zhao atas 13 tuduhan termasuk menjual sekuritas keuangan yang tidak terdaftar dan penyalahgunaan dana pelanggan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.