Sukses

Lonjakan Harga Bitcoin Genjot Kenaikan Beberapa Altcoin

Solana, yang dicap oleh beberapa orang sebagai pembunuh Ethereum, telah bangkit dari kemerosotan yang terjadi beberapa minggu terakhir.

Liputan6.com, Jakarta - Lonjakan harga bitcoin menuju USD 35.000 atau setara Rp 557,5 juta (asumsi kurs Rp 15.921 per dolar AS) telah membantu mengangkat sejumlah altcoin, beberapa di antaranya telah mencatat persentase kenaikan dua digit selama seminggu terakhir. 

Dilansir dari Yahoo Finance, Kamis (26/10/2023), meskipun token meme yang lebih kecil sering kali mengalami lonjakan setelah reli Bitcoin, altcoin yang lebih mapan telah bergabung. Solana, yang dicap oleh beberapa orang sebagai pembunuh Ethereum, telah bangkit dari kemerosotan yang terjadi beberapa minggu terakhir.

Token tersebut mencatatkan keuntungan sebesar 40 persen selama seminggu terakhir, dan pada Rabu sore Solana diperdagangkan pada USD 33,28 atau setara Rp 529.850 , naik 8,3 persen selama 24 jam terakhir, menurut CoinGecko.

Pemenang lain dari reli minggu ini termasuk token yang kurang dikenal seperti Chainlink dan Aptos, serta token meme Pepe. 

Chainlink, koin yang memiliki hubungan dekat dengan jaringan oracle terdesentralisasi dengan nama yang sama, melonjak 56.6 persen selama seminggu terakhir dan diperdagangkan naik 11.7 persen.

Kemudian Aptos berada tepat di belakang Chainlink, dengan keuntungan mingguan sebesar 35 persen. Token naik 6,1 persen pada Rabu. Sedangkan koin Pepe memiliki salah satu kinerja mingguan terbaik, memperoleh 88 persen dan sekitar 24 persen selama 24 jam terakhir.

Hal yang turut memicu reli ini adalah taruhan para investor bahwa Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) akan segera menyetujui ETF Bitcoin spot di AS. Raksasa TradFi seperti BlackRock dan Fidelity telah mengajukan permohonan, dan analis di Bloomberg memperkirakan peluang mendapatkan Bitcoin spot. ETF disetujui pada Januari sebesar 90 persen.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harga Bitcoin Melonjak Bikin Likuidasi Rp 6,3 Triliun di Pasar Kripto

Sebelumnya diberitakan, lonjakan harga besar-besaran untuk Bitcoin dan mata uang kripto utama lainnya telah mengakibatkan likuidasi senilai hampir USD 400 juta atau setara Rp 6,3 triliun (asumsi kurs Rp 15.864 per dolar AS) bagi pedagang dengan leverage selama 24 jam terakhir.

Likuidasi mengacu pada saat bursa menutup paksa posisi leverage pedagang karena hilangnya sebagian atau seluruh margin awal pedagang. Hal ini terjadi ketika seorang trader tidak mampu memenuhi persyaratan margin untuk posisi leverage gagal memiliki dana yang cukup untuk menjaga perdagangan tetap terbuka.

Dilansir dari Coinmarketcap, Rabu (25/10/2023), sebagian besar posisi yang dilikuidasi adalah posisi short, karena pasar kripto membuat banyak pedagang lengah dengan momentum kenaikan yang tiba-tiba.

Menurut data dari CoinGlass, short Bitcoin (BTC) mengalami likuidasi sebesar USD 177,15 juta atau setara Rp 2,8 triliun, sedangkan short Ethereum (ETH) memiliki posisi senilai USD 42.23 juta atau setara Rp 670,6 miliar yang dilikuidasi.

Secara total di pasar kripto, 94.168 pedagang dilikuidasi dalam 24 jam terakhir, dengan perintah likuidasi BTC tunggal terbesar senilai USD 9,98 juta atau setara Rp 158,4 miliar pada pasangan perdagangan BTCUSDT.

Likuidasi terjadi ketika Bitcoin melonjak melewati USD 34.900 atau setara Rp 554,2 juta untuk pertama kalinya sejak Mei 2022, naik lebih dari 10 persen dalam 24 jam terakhir. Ether, Chainlink, dan altcoin besar lainnya juga membukukan keuntungan signifikan.

3 dari 3 halaman

Pengawasan Aset Luar Negeri AS Berikan Sanksi terhadap Pertukaran Kripto di Gaza

Sebelumnya diberitakan, Kantor Pengawasan Aset Luar Negeri (OFAC) Departemen Keuangan Amerika Serikat (AS) telah memberikan sanksi kepada perusahaan pertukaran mata uang kripto yang berbasis di Gaza yang diduga memiliki hubungan dengan kelompok militan Palestina Hamas.

Pada Rabu, 18 Oktober 2023 OFAC mengumumkan mereka menjatuhkan sanksi terhadap 10 entitas utama yang diyakini terkait dengan Hamas, termasuk anggotanya, operasi dan fasilitator keuangan.

Departemen Keuangan melaporkan pada 2021, Biro Nasional Pembiayaan Teror Israel menyita dompet kripto yang terkait dengan kampanye penggalangan dana Hamas. Menurut firma intelijen blockchain yang berbasis di New York, Chainalysis, salah satu alamat ini milik Buy Cash.

"Beli Uang Tunai, meskipun terlibat dalam aktivitas kripto Hamas, juga memfasilitasi transfer untuk kelompok teroris lainnya terutama, transfer Bitcoin pada tahun 2019 dari afiliasi al-Qaeda dan pengadaan infrastruktur online pada tahun 2017 atas nama ISIS,” kata Chainalysis dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Yahoo Finance, Jumat (20/10/2023). 

Selain bisnis kripto yang berbasis di Gaza, OFAC mengatakan pihaknya menjatuhkan sanksi terhadap individu yang terlibat dalam portofolio investasi rahasia Hamas dan seorang agen yang memiliki hubungan mendalam dengan rezim Iran.

Israel menyatakan perang terhadap Hamas pada 7 Oktober setelah kelompok militan tersebut melakukan serangan di Israel, yang memicu serangan udara balasan di Gaza.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini