Sukses

Dear Blink, Blackpink Siap Guncang Metaverse Lewat Roblox

Blackpink The Palace akan diperbarui dengan konten baru sepanjang tahun dengan serangkaian tantangan yang akan memberi pemain Robux, mata uang dalam game Roblox.

Liputan6.com, Jakarta - Girlband asal Korea Selatan, Blackpink siap hadir di Roblox. Grup besutan YG Entertainment itu membuat sejarah tahun ini sebagai grup K-pop pertama yang menjadi headline Coachella, dan sekarang menuju metaverse melalui Roblox dengan meluncurkan 'Blackpink the Palace'.

Melansir laman DeCrypt, Selasa (22/8/2023), pengalaman ini akan memberikan Blink, sebutan bagi para penggemar Blackpink ruang interaktif untuk menikmati musik Blackpink dan berkumpul hingga menciptakan kembali koreografi terkenal mereka.

Penggemar juga dapat mengambil foto dengan avatar para member antara lain Jennie, Lisa, Jisoo, dan Rosé, serta membeli serangkaian pakaian dan emoji khusus untuk avatar mereka sendiri. Pengguna juga akan dapat meningkatkan item pengalaman mereka dengan menghancurkan kristal menggunakan 'lightstick', pernak-pernik menyala yang berbentuk seperti palu.

Blackpink The Palace akan diperbarui dengan konten baru sepanjang tahun dengan serangkaian tantangan yang akan memberi pemain Robux, mata uang dalam game Roblox. Dunia Roblox bertema Blackpink akan diluncurkan 25 Agustus, dan telah dikembangkan oleh studio Inggris Karta. Setiap penggemar yang mengunjungi game dalam 24 jam pertama setelah rilis akan menerima lencana unik untuk profil Roblox mereka.

“Kami menantikan untuk menyambut para penggemar dari seluruh dunia ke istana virtual yang indah di mana mereka dapat berpesta, terhubung, dan merasakan segala sesuatu yang Blackpink melampaui batasan waktu dan ruang,” kata Kepala Divisi IPX di YG Plus, Hyojung Lee dalam sebuah pernyataan.

Roblox memulai tahun ini dengan mengadakan konser dalam game dari boyband K-pop NCT 127. Tahun lalu, sesama bintang K-pop Stray Kids dan Sunmi membantu meluncurkan Roblox Island resmi di Spotify dengan acara temu sapa, alat produksi musik, dan merchandise virtual.

Sementara itu, Blackpink memenangkan penghargaan “Performa Metaverse Terbaik” untuk pertama kalinya di MTV VMA 2022 atas kolaborasi mereka dengan battle royale shooter PUBG Mobile. Grup ini juga berkolaborasi dengan platform metaverse Korea Selatan Zepeto, yang berekspansi ke dunia NFT dengan platform ZTX di jaringan penskalaan Ethereum Arbitrum.

K-pop dengan cepat menjadi acara reguler di dunia metaverse setelah beberapa konser virtual global terkemuka disiarkan selama pandemi ini, termasuk dari grup-grup terkenal seperti BTS dan Twice. Hal ini memungkinkan mereka menjangkau audiens global secara daring. Ini adalah langkah yang didukung oleh pemerintah Korea Selatan, yang dilaporkan menginvestasikan USD 170 juta dalam pengembangan metaverse pada 2022.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Meriahnya Perayaan Ultah ke-7 BLACKPINK, Bagi-Bagi Stiker hingga Photo Booth

BLACKPINK merayakan ulang tahun ke-7 pada Selasa, 8 Agustus 2023. Momen hari jadi BLACKPINK tersebut ditandai dengan berbagai acara menarik.

Dikutip dari Kbizoom, Rabu (9/8/2023), menurut agensi BLACKPINK YG, pada 8 Agustus 2023, 76 layar di stasiun Secaucus Junction di New Jersey, AS, dihiasi dengan gambar BLACKPINK. Selain itu, berbagai lokasi diwarnai dengan warna pink khas grup pelantun "How You Like That" tersebut.

Selain itu, video yang mengenang kembali perjalanan BLACKPINK selama 7 tahun terakhir akan ditayangkan di kota-kota besar seperti New York, Los Angeles, dan San Francisco. Ada pula photo booth untuk memperingati ulang tahun ke-7 BLACKPINK didirikan di popup New York Verdy dari 9 hingga 11 Agustus 2023.

Pada saat yang sama, Starbucks di sembilan negara Asia, termasuk Korea, akan memberikan stiker ulang tahun bagi mereka yang membeli minuman dan makanan BLACKPINK pada hari jadi grup ini. Di platform penggemar global Weverse, "BLACKPINK Quiz", yang mencakup pertanyaan terkait BLACKPINK, didistribusikan dan mendapat tanggapan positif.

Sementara itu, terkait ulang tahun debut mereka yang ke-7, BLACKPINK mengungkapkan rasa terima kasih mereka. "Kami selalu berterima kasih atas dukungan yang tak tergoyahkan dari para penggemar," kata mereka.

Grup pelantun "As If It's Your Last" tersebut juga menambahkan, "Kami menantikan hari-hari mendatang bersama BLINK (penggemar BLACKPINK). Kami juga telah menyiapkan konten yang menarik, jadi harap nantikan."

3 dari 4 halaman

Pertahankan Eksistensi

Di sisi lain, BLACKPINK yang memulai debutnya pada 8 Agustus 2016 telah memantapkan posisi mereka. Jennie dkk tidak hanya sebagai grup Kpop terkemuka, tetapi juga sebagai salah satu grup perempuan top global.

Saat ini, BLACKPINK dan YG Entertainment sedang berdiskusi untuk perpanjangan kontrak. Hasil diskusi tersebut diharapkan akan terungkap pada September 2023.

Terlepas dari hasil dari situasi pembaruan kontrak, industri berasumsi bahwa brand BLACKPINK akan diteruskan oleh para anggota dan YG. BLACKPINK juga akan melanjutkan tur dunia mereka BORN PINK dengan berbagai konser di AS mulai dari New Jersey pada 11 Agustus 2023.

Dikutip dari Bisnis Liputan6.com, member BLACKPINK, yakni Rose, Jennie, Jisoo dan Lisa pun berbagi pesan di media sosial untuk rayakan anniversary ke-7. Melakui akun instagramnya @roses_are_rosie, ia menulis pesan yang tulus kepada member BLACKPINK, band hingga penggemar. Ia menyebut BLACKPINK sebagai berkah dalam hidupnya.

"Saya benar-benar dapat mengalami segalanya dan lebih dari apa yang pernah saya impikan untuk tumbuh sebagai seniman," tulis Rose.

Ia menambahkan, "Terima kasih, terima kasih dan terima kasih seribu kali. Hatiku sangat penuh. Saya tidak bisa mengungkapkan rasa terima kasih saya untuk setiap orang yang telah menjadi bagian dari perjalanan tujuh tahun ini bersama kami berempat."

4 dari 4 halaman

Superstar Internasional

BLACKPINK resmi mulai debut pada 8 Agustus 2016, dengan dua single yakni Whistle dan Boombayah. Single tersebut naik ke puncak tangga lagu di Korea Selatan,hingga sentuh nomor satu.

Kesuksesan langsung itu juga mendorong BLACKPINK menjadi superstar internasional. BLACKPINK mengeluarkan single hit Ddu-Du Ddu-Du, Ice Cream, Sour Candy dan Pink Venom. Selain itu, album yang sukses dan menjalani tur keliling dunia.

Sejak debut 2016, grup asal Korea Selatan ini mencatat kesuksesan album. Selain itu, anggota BLACKPINK juga mendapatkan endorsement dari sejumlah merek terkenal. Dengan menggabungkan kekayaan anggota, BLACKPINK menjadi salah satu grup K-pop terkaya.

Bahkan saat mereka hiatus, Lisa, Rose, Jennie dan Jisoo telah menjadi superstar global dengan masing-masing mewakili rumah mode Prancis yang berbeda. Saat tidak berpromosi sebagai grup, anggota Blackpink juga sibuk kejar proyek solo dan mengambil kesempatan untuk menunjukkan bakatnya.

BLACKPINK makin terkenal sehingga menjadi penyanyi dengan subscribe terbanyak di YouTube hingga geser Justin Bieber. Pada 28 Juni 2022, jumlah pengikutnya mencapai 75 juta, menjadikan penyanyi pertama yang mencapai prestasi itu.

Bahkan BLACKPINK muncul di sampul majalah Rolling Stone yang terkenal pada Juni 2023, dan menjadikan grup Perempuan pertama yang melakukannya di usia muda. Menurut South China Morning Post, dengan prestasi yang diraih menjadikan kekayaan BLACKPINK mencapai 62 juta dolar AS atau setara Rp942,1 miliar.

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.