Sukses

Waspada! Ternyata Begini Cara Crypto Phisher Curi Uangmu

Penipu atau Crypto Phisher mencoba mendapatkan informasi yang memberi mereka akses ke dompet digital atau jenis informasi pribadi lainnya, seperti kode keamanan.

Liputan6.com, Jakarta- Penipuan cryptocurrency dapat terjadi dalam berbagai bentuk. Penipu atau scammer akan melakukan apa saja untuk mendapatkannya aset kripto dari dompet digital Anda. Secara umum, penipuan kripto terbagi dalam dua kategori berbeda.

Pertama, inisiatif yang bertujuan untuk mendapatkan akses ke dompet digital target atau kredensial autentikasi. Artinya, penipu mencoba mendapatkan informasi yang memberi mereka akses ke dompet digital atau jenis informasi pribadi lainnya, seperti kode keamanan. Dalam beberapa kasus, ini bahkan termasuk akses ke perangkat keras fisik.

Kedua, mentransfer mata uang kripto secara langsung ke scammer karena peniruan identitas, investasi penipuan atau peluang bisnis, atau cara jahat lainnya.

Melansir laman Investopedia, Rabu (5/7/2023), berikut beberapa cara crypto phisher atau crypto scammer mencuri aset:

Penipuan Rekayasa Sosial

Untuk penipuan rekayasa sosial, penipu menggunakan manipulasi dan penipuan psikologis untuk mendapatkan kendali atas informasi penting yang berkaitan dengan akun pengguna.

Penipuan ini membuat orang berpikir bahwa mereka berurusan dengan entitas terpercaya seperti lembaga pemerintah, bisnis terkenal, dukungan teknis, anggota komunitas, rekan kerja, atau teman.

Penipu akan sering bekerja dari sudut mana pun atau menghabiskan waktu sebanyak yang mereka butuhkan untuk mendapatkan kepercayaan dari calon korban hingga calon korban mengungkapkan kunci atau mengirim uang ke dompet digital penipu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penipuan Berkedok Romantisme

Penipu sering menggunakan situs kencan untuk membuat target yang tidak menaruh curiga percaya bahwa mereka benar-benar menjalin hubungan jangka panjang.

Ketika kepercayaan telah diberikan, percakapan sering kali beralih ke peluang cryptocurrency yang menguntungkan dan akhirnya mentransfer koin atau kredensial autentikasi akun.

Komisi Perdagangan Federal (Federal Trade Commission/FTC) menemukan bahwa sekitar 20 persen dari uang yang dilaporkan hilang dalam penipuan berkedok asmara adalah berupa aset kripto.

Penipuan Imposter dan Giveaway

Seperti tak pernah kehabisan akal, penipu juga mencoba berpura-pura sebagai selebritas, pebisnis, atau pemberi pengaruh mata uang kripto. Untuk menarik perhatian target potensial, banyak penipu berjanji untuk mencocokkan atau melipatgandakan mata uang kripto yang dikirimkan kepada mereka dalam apa yang dikenal sebagai penipuan giveaway.

Pesan yang dibuat dengan baik dari apa yang sering terlihat seperti akun media sosial yang ada, seringkali dapat menciptakan rasa validitas dan memicu rasa urgensi. Peluang mitos 'once-in-a-lifetime', atau secara harfiah diartikan 'hanya sekali seumur hidup' ini dapat membuat orang mentransfer dana dengan cepat dengan harapan mendapatkan pengembalian instan. Banyak pemilik crypto dihubungi oleh peniru yang mengaku berasal dari dukungan dan keamanan pertukaran kripto.

 

3 dari 4 halaman

Penipuan Phishing

Dalam konteks industri mata uang kripto, penipuan phishing menargetkan informasi yang berkaitan dengan dompet online. Secara khusus, penipu tertarik dengan kunci atau password pribadi dompet kripto, yang merupakan kunci yang diperlukan untuk mengakses mata uang kripto.

Metode mereka seperti banyak penipuan standar. Mereka mengirim email dengan tautan yang mengarahkan pemegang ke situs web yang dibuat khusus dan meminta mereka untuk memasukkan kunci pribadi. Ketika peretas memiliki informasi ini, mereka dapat mencuri mata uang kripto.

Penipuan Pemerasan

Metode rekayasa sosial populer lainnya yang digunakan penipu adalah mengirim email pemerasan. Dalam email semacam itu, penipu mengklaim memiliki catatan situs web dewasa atau halaman web terlarang lainnya yang dikunjungi oleh pengguna dan mengancam akan mengeksposnya, kecuali mereka membagikan kunci pribadi atau mengirim mata uang kripto ke penipu.

Kasus-kasus ini merupakan upaya pemerasan kriminal dan harus dilaporkan ke lembaga penegak hukum.

 

4 dari 4 halaman

Penipuan Investasi atau Peluang Bisnis

Pepatah lama mengatakan, jika sesuatu terdengar terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, maka itu mungkin. pepatah ini seperti tak lekang oleh saman, dan masih valid hingga era sekarang, itu harus diingat bagi siapa pun yang berani berinvestasi secara umum. Terutama berlaku untuk cryptocurrency.

Spekulan pencari keuntungan yang tak terhitung jumlahnya beralih ke situs web menyesatkan yang menawarkan apa yang disebut jaminan pengembalian atau pengaturan lain di mana investor harus menginvestasikan uang dalam jumlah besar untuk jaminan pengembalian yang lebih besar.

Sayangnya, jaminan palsu ini sering menyebabkan bencana keuangan ketika individu mencoba mengeluarkan uang mereka dan ternyata tidak bisa.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.    

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.