Sukses

Pengusaha India Jadi Korban Penipuan Bitcoin Boncos Rp 953 Juta, Ini Kronologinya

Gururaju disuruh membuka akun di situs web untuk bertransaksi dalam Bitcoin. Situs web itu mirip dengan situs pertukaran crypto populer bitFlyer.

Liputan6.com, Jakarta - Nalagani Gururaju, seorang pengusaha berusia 39 tahun dari Bengaluru, India, kehilangan lebih dari INR 52 lahk atau INR 5,2 juta, setara Rp 953,33 juta (kurs Rp 183,33 per INR) dalam penipuan Bitcoin.

Gururaju menjalankan dua salon rambut di Electronics City di Bengaluru, India. Pada 29 Mei, orang tak dikenal menghubunginya via WhatsApp dan memintanya mengambil pekerjaan paruh waktu dengan berlangganan (subscribe) saluran YouTube.

Gururaju dijanjikan INR 50 untuk sekali subscribe. Gururaju berlangganan tiga saluran setelah mengklik tautan yang dikirim oleh orang tak dikenal, sehingga dia menerima INR 150 di rekening banknya.

Kemudian, dia ditambahkan ke grup Telegram berisi empat anggota yang membicarakan tentang tugas yang berkaitan dengan kripto. Admin grup mengirimkan detail berbagai paket untuk menginvestasikan uang dalam membeli dan menjual Bitcoin (BTC).

Anggota mengirim beberapa pesan teks dan foto. Salah satunya berisi pesan yang seolah-olah merupakan penugasan untuk masuk kripto, yang menyatakan: Real Time Task Availability, Bayar INR 30.000 dan tarik INR 43.500, atau bayar INR 9,69.000 dan tarik INR 13,08.150, atau bayar INR 6,28.000 dan tarik INR 9,10.600.

Gururaju lalu disuruh membuka akun di situs web untuk bertransaksi dalam Bitcoin. Situs web itu mirip dengan situs pertukaran crypto populer bitFlyer.

“Di grup Telegram, anggota lain membagikan tangkapan layar uang yang diterima di akun mereka. Ini membuat saya percaya diri untuk melanjutkan tugas,” kata Gururaju, dikutip dari The Hindu, Selasa (4/7/2023).

Begitu Gururaju menyatakan minat untuk berdagang, ia disuruh mentransfer uang ke berbagai nomor rekening. Dia mengirim uang ke 7 rekening berbeda. Penipu, yang menyamar sebagai broker BTC, mengaku memperdagangkan koin yang telah dibelinya, dan hal yang sama tercermin dalam akun (dompet kripto), yang telah dia buka di situs web mereka.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menjadi Mimpi Buruk

Dia mentransfer INR 52 lakh ke berbagai rekening bank sebagai bagian dari investasi awalnya, didorong oleh janji imbal hasil yang menggiurkan. Platform yang digunakan oleh Gururaju dirancang dengan cerdik untuk meniru platform pertukaran cryptocurrency terkemuka, memikat investor yang tidak menaruh curiga ke dalam rasa aman yang palsu.

Dia dituntun untuk percaya bahwa investasinya menghasilkan keuntungan, karena saldo akunnya konon membengkak menjadi lebih dari INR 65 lakh.

Namun, mimpi itu menjadi mimpi buruk ketika Gururaju menyadari bahwa dia tidak dapat menarik kembali penghasilannya. Administrator grup mengklaim bahwa pembayaran pajak diperlukan sebelum penarikan dapat dilakukan. Anggota lain di grup Telegram memposting pesan yang mengatakan bahwa ini adalah aturan perusahaan.

Gururaju mengadakan obrolan pribadi dengan admin dan meminta pengembalian uangnya. Admin diduga mengakui bahwa seluruh skema itu adalah penipuan dan menyuruhnya membayar INR 3 lakh lebih untuk bergabung dengan grup, dan menjadi mitra. Admin mengklaim bahwa mereka bekerja dari Mumbai.

 

3 dari 3 halaman

Bangkrut Total

Gururaju sekarang bangkrut. Dia tidak punya uang bahkan untuk membayar gaji staf salonnya. Dia mendekati bank dengan keluhannya. Tapi Bank tidak dapat memulihkan uang yang ditransfer oleh Gururaju ke rekening para penipu, yang telah dibuka di bank swasta di Delhi, Andhra Pradesh dan Odisha.

Kasus tersebut, yang sekarang terdaftar di Kantor Polisi Kriminal CEN Tenggara dan sedang dalam penyelidikan. Insiden tersebut telah mengirimkan gelombang kejutan melalui komunitas bisnis Bengaluru, menimbulkan kekhawatiran serius tentang risiko yang terkait dengan platform perdagangan online.

 

DisclaimerSetiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.    

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini