Sukses

Bank HSBC Luncurkan Layanan Aset Kripto di Hong Kong

Menurut laporan, HSBC secara khusus akan menawarkan ETF cryptocurrency yang terdaftar di Bursa Efek Hong Kong.

Liputan6.com, Jakarta Bank terbesar di Hong Kong, HSBC dilaporkan telah memperkenalkan layanan cryptocurrency lokal pertamanya. HSBC telah memungkinkan pelanggannya untuk membeli dan menjual dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) berbasis Bitcoin dan Ethereum.

Dilansir dari Cointelegraph, Rabu (28/6/2023), menurut laporan tersebut, HSBC secara khusus akan menawarkan ETF cryptocurrency yang terdaftar di Bursa Efek Hong Kong. HSBC mencantumkan tiga kripto ETF, termasuk CSOP Bitcoin Futures ETF, CSOP Ethereum Futures ETF dan Samsung Bitcoin Futures Active ETF.

Langkah ini bertujuan untuk memperluas paparan pengguna lokal terhadap cryptocurrency di Hong Kong. Menurut laporan online, HSBC Hong Kong memiliki 1,7 juta pelanggan seluler aktif per Maret 2022. Sekitar 95 persen dari semua transaksi ritel HSBC di Hong Kong dilaporkan diproses secara online.

Layanan baru datang bersamaan dengan HSBC yang dilaporkan meluncurkan Pusat Pendidikan Investor Aset Virtual. Inisiatif ini dirancang untuk melindungi investor dari risiko terkait cryptocurrency, mengharuskan mereka untuk membaca dan mengonfirmasi materi pendidikan dan pengungkapan risiko sebelum berinvestasi.

Pusat edukasi dilaporkan tersedia di produk-produk terkait aset virtual HSBC seperti aplikasi HSBC HK Easy Invest, aplikasi HSB CHK Mobile Banking, dan perbankan online.

Berita itu muncul segera setelah beberapa laporan media menyarankan pada pertengahan Juni Otoritas Moneter Hong Kong menekan bank-bank besar untuk menerima pertukaran kripto sebagai klien. 

Bank sentral dan regulator kawasan ini secara khusus mempertanyakan perusahaan seperti HSBC dan Standard Chartered tentang mengapa mereka tidak mengambil pertukaran kripto sebagai klien.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini