Sukses

Perusahaan Penambangan Kripto Singapura Bakal Terdaftar di Nasdaq

Ini menandai tonggak penting bagi Bitdeer, membuat perusahaan siap untuk mendaftar di Nasdaq

Liputan6.com, Jakarta Sebuah perusahaan Singapura, Bitdeer Technologies Holdings, yang didirikan pada 2018, berencana untuk go public dan terdaftar di bursa saham Nasdaq pada 14 April 2023, menurut pengajuan yang baru-baru ini diterbitkan dengan Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC). 

Perusahaan akan menggunakan simbol ticker “BTDR.” Bitdeer mengoperasikan ladang penambangan kripto di Eropa dan Amerika Utara dan memiliki kemitraan strategis dengan kumpulan penambangan termasuk Btc.com, Viabtc, Foundry USA, Antpool, F2pool, dan Btc.top.

Pada September tahun lalu, Bitdeer mengumpulkan dana USD 250 juta atau setara Rp 3,6 triliun (asumsi kurs Rp 14.721 per dolar AS) untuk membeli aset dari penambang bitcoin. 

Juga pada September, perusahaan mengakuisisi fasilitas penyimpanan Le Freeport Singapura, yang juga dikenal sebagai “Fort Knox Singapura.” 

Menurut pengajuan terbaru dengan SEC, perusahaan telah mencapai kesepakatan SPAC dengan Blue Safari Group. Pemegang saham Blue Safari menyetujui kesepakatan tersebut pada rapat umum luar biasa pada 11 April 2023.

CEO Bitdeer, Linghui Kong mengatakan dalam sebuah pernyataan, ini menandai tonggak penting bagi Bitdeer, membuat perusahaan siap untuk mendaftar di Nasdaq dan siap untuk meraih peluang pertumbuhan di depan.

“Saya sangat bangga dengan apa yang telah kami capai sejauh ini, dan berharap untuk memulai babak selanjutnya dari perjalanan kami. Kami sudah menjadi pemasok tingkat hash terkemuka, dan daftar publik kami akan memungkinkan kami untuk memberikan kontribusi yang lebih besar bagi ekonomi kripto,” kata Kong, dikutip dari Bitcoin.com, Jumat (14/4/2023).

Sejak 2021, perusahaan penambangan bitcoin publik telah menjadi pelengkap di bursa saham tradisional. Namun, banyak dari perusahaan ini mengalami penurunan saham yang signifikan selama 2022. 

Sebaliknya, 2023 merupakan tahun yang lebih baik bagi perusahaan penambangan bitcoin, karena harga bitcoin (BTC) telah meningkat 80 persen sejak hari terakhir bulan Desember dan 36,3 persen selama 30 hari terakhir. 

Selama seminggu terakhir, saham perusahaan penambangan bitcoin yang terdaftar secara publik seperti Riot Blockchain, Bitfarms, Marathon Digital, dan Cleanspark telah meningkat nilainya terhadap dolar AS.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Konsumsi Listrik Pertambangan Kripto Rusia Tembus 1 Gigawatt, Terbesar Kedua di Bawah AS

Rusia menempati peringkat kedua sebagai negara dengan kapasitas energi terbesar untuk ekstraksi penambangan kripto. Meskipun masih ada ketidakpastian dari sisi regulasi, namun jumlah daya yang dikhususkan untuk sektor tersebut telah tumbuh mencapai rekor tertinggi tahun ini.

Menurut data yang diberikan oleh operator pertambangan terbesar di negara itu, Bitriver, jumlah daya yang digunakan untuk penambangan kripto di Rusia mencapai 1 gigawatt (GW) dalam tiga bulan pertama tahun ini. Amerika Serikat tetap menjadi pemimpin dengan kapasitas daya untuk penambangan mencapai 3–4 GW.

Data yang diberikan oleh kepala Asosiasi Ekonomi Kripto Rusia, Kecerdasan Buatan dan Blockchain (Russian Association of Cryptoeconomics, Artificial Intelligence and Blockchain/Racib), Alexander Brazhnikov, menunjukkan bahwa kapasitas energi sektor penambangan kripto Rusia mungkin lebih tinggi dari angka itu. Dia mengatakan bahwa Rusia menggunakan sekitar 800.000 penambang ASIC, peringkat daya gabungan diperkirakan melebihi 2,5 GW.

Menurut penelitian yang diterbitkan pada Agustus lalu, konsumsi listrik penambang Rusia meningkat 20 kali lipat selama lima tahun antara 2017–2022.

Perkembangan industri di negara tersebut difasilitasi oleh ketersediaan sumber daya energi yang murah dan iklim yang sejuk di daerah seperti Irkutsk.

 

3 dari 3 halaman

Masa Depan Belum Jelas

Namun, masa depannya masih belum jelas karena tidak adanya peraturan. RUU yang dirancang untuk memperkenalkan aturan bagi bisnis pertambangan belum disahkan oleh parlemen di Moskow.

Melansir Bitcoin.com, Senin (10/4/2023), jajaran 10 teratas juga termasuk negara-negara Teluk 700 mega watt (MW), Kanada 400 MW, Malaysia 300 MW, Argentina 135 MW), Islandia (120 MW), Paraguay (100–125 MW), Kazakhstan (100 MW), dan Irlandia (90 MW).

Selain memimpin dari sisi alokasi daya, AS juga memimpin dalam hal pangsa hashrate global. Namun, pertumbuhan pasar Amerika diperlambat oleh kenaikan tarif listrik, berkurangnya profitabilitas penambangan, dan penghapusan insentif pajak di beberapa area.

“Selain itu, sebagian besar peralatan dibeli oleh penambang Amerika secara kredit, sehingga banyak perusahaan dengan leverage berlebih sedang dalam proses kebangkrutan atau sudah bangkrut,” kata CEO Bitriver Igor Runets.

 

DisclaimerSetiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini