Sukses

Broker Kripto Genesis Global Capital Ajukan Perlindungan Kebangkrutan

Genesis mengajukan kebangkrutan ini telah diprediksi seiring perseroan membekukan penebusan pelanggan pada 16 November 2022 karena pertukaran kripto FTX bangkrut.

Liputan6.com, Jakarta - Genesis Global Capital, broker kripto institusional yang unit pinjamannya menghentikan penarikan pelanggan setelah kegagalan FTX, berencana melakukan pengajuan kebangkrutan.

Genesis sedang dalam negosiasi dengan berbagai kreditur, memperingatkan perusahaan dapat mencari perlindungan kebangkrutan jika gagal meningkatkan modal.

Melansir CoinDesk, Kamis (19/1/2023), The Block melaporkan Genesis sedang dalam pembicaraan dengan kreditur tentang rencana kebangkrutan yang diajukan sebelumnya. menurut pengajuan itu, kedua belah pihak akan mencapai kesepakatan restrukturisasi sebelum pengajuan apa pun dan kesepakatan itu akan difinalisasi melalui pengadilan.

Pengajuan kebangkrutan ini sebenarnya telah diperkirakan selama berminggu-minggu, setelah perusahaan membekukan penebusan pelanggan pada 16 November menyusul jatuhnya pertukaran mata uang kripto utama, FTX. Sejak keruntuhan dan kebangkrutan kripto exchange FTX pada November lalu, Genesis berusaha keras untuk mendapatkan modal baru atau mencapai kesepakatan dengan kreditur.

Unit pinjaman institusional perusahaan terpaksa menangguhkan penebusan dan originasi baru sebagai akibat dari ledakan FTX.

Di sisi lain, Digital Currency Group (DCG) perusahaan induknya, telah berada di bawah tekanan usai pelanggan Gemini Earn kehilangan akses ke dana USD 900 juta mereka yang ditempatkan di Genesis. Genesis akhir tahun lalu mempertahankan bank investasi Moelis & Co. untuk membantu mengeksplorasi opsi.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual saham. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perusahaan Pinjaman Kripto Genesis PHK 30 Persen Karyawan

Sebelumnya, perusahaan pemberi pinjaman kripto, Genesis memotong 30 persen stafnya dalam putaran PHK terbaru, kata perusahaan Kamis, 5 Januari 2023. Putaran terakhir PHK ini terjadi dua bulan setelah perusahaan membekukan penarikan pelanggan.

Dilansir dari Yahoo Finance, Jumat (6/1/2023), genesis adalah perusahaan layanan keuangan kripto dengan bisnis perdagangan, peminjaman, pembuatan pasar, dan kustodian yang dimiliki oleh Digital Currency Group (DCG).

DCG juga memiliki Grayscale, sponsor kepercayaan bitcoin terbesar di dunia, GBTC, serta outlet media kripto, Coindesk, dan pemodal penambangan kripto, Foundry. Genesis sendiri mengalami beberapa pukulan besar selama gejolak pasar kripto sepanjang 2022.

Perusahaan mengalami kerugian USD 2,4 miliar (Rp 37,5 triliun) setelah mitra peminjam utama Three Arrows Capital gagal memenuhi margin call atas pinjamannya mulai 16 Juni;.

Three Arrows secara resmi mengajukan kebangkrutan pada 2 Juli. Kemudian, pada Agustus, perusahaan juga mengumumkan pengunduran diri CEO dan PHK 20 persen tenaga kerjanya. Baru-baru ini, Genesis menghilangkan penarikan pinjaman pelanggan pada November.

Perusahaan itu juga dikenal sebagai pemberi pinjaman yang signifikan untuk Alameda Research, bagian perdagangan dari platform kripto FTX yang bangkrut.

Sejak Genesis menghentikan penarikan, CEO perusahaan induknya DCG, Barry Silbert,,mengatakan sedang mencari dana antara USD 500 juta (Rp 7,8 triliun) dan USD 1 miliar (Rp 15,6 triliun) untuk perusahaan tersebut.

 

3 dari 4 halaman

GameStop PHK Karyawan, Divisi Kripto Terdampak

Sebelumnya, pengecer video game GameStop telah memberhentikan karyawannya hari ini menjelang laporan kinerja keuangan yang akan datang. Tim di belakang divisi dompet kripto perusahaan sangat terpukul. 

Dilansir dari Yahoo Finance, Selasa (6/12/2022) Insinyur Perangkat Lunak Utama GameStop, Daniel Williams, memposting di LinkedIn ada putaran besar PHK lainnya di GameStop yang sedang berlangsung.

Beberapa mantan karyawan telah membagikan pembaruan status publik tentang PHK di LinkedIn, termasuk insinyur blockchain dan iOS Brandon Jenniges, yang menulis dia terdampak oleh langkah perusahaan.

GameStop terakhir mengadakan PHK pada Juli di tengah kepergian CFO Michael Recupero, tetapi perusahaan tidak mengungkapkan berapa banyak orang yang diberhentikan.

Langkah GameStop di Industri Kripto

GameStop meluncurkan pasar NFT tahun ini yang berfokus pada ekosistem Ethereum, khususnya pada sidechain Immutable X. Pada Mei 2022, perusahaan mengumumkan peluncuran dompet Ethereum miliknya sendiri yaitu plugin berbasis browser yang mirip dengan MetaMask.

Pasar NFT GameStop belum memberikan pengaruh yang signifikan pada perusahaan. Pada 31 Oktober, platform analitik NFT DappRadar melaporkan platform NFT GameStop hanya menghasilkan perdagangan senilai USD 29 juta (Rp 449,8 miliar) sejak peluncurannya pada Juli 2022. 

Jika dibandingkan perusahaan pasar NFT lainnya, OpenSea, pasar terbesar untuk perdagangan Ethereum NFT, secara teratur menarik lebih dari USD 6 juta dalam volume harian, bahkan sekarang di pasar beruang. DappRadar tidak lagi melacak aktivitas NFT GameStop.

4 dari 4 halaman

Pertukaran Kripto Quidax PHK 20 Persen Karyawan

Sebelumnya, pertukaran cryptocurrency Nigeria, Quidax, dilaporkan telah memberhentikan 20 persen pegawainya, mengklaim penurunan ekonomi global menjadi penyebabnya. 

Pertukaran bersikeras PHK tidak terkait dengan gejolak yang dipicu oleh keruntuhan FTX di pasar kripto dan Quidax sendiri tidak memiliki hubungan dengan FTX. 

Sebelum penurunan ekonomi global, Quidax, yang mensponsori acara televisi realitas terbesar di Nigeria, Big Brother Naija, memiliki prospek yang lebih baik. Menurut sebuah laporan oleh Nairametrics, pertukaran kripto bahkan membuat beberapa rencana dan proyeksi pertumbuhan.

Paket Pesangon untuk Pekerja yang Diberhentikan

Namun, perlambatan ekonomi di China, Amerika Serikat, dan kawasan zona euro berarti proyeksi pertumbuhan harus direvisi ke bawah, menurut laporan pertukaran kripto. 

“Mengikuti penurunan ekonomi di seluruh dunia, kami harus membuat beberapa keputusan sulit di Quidax. Kami harus mengucapkan selamat tinggal kepada 20 persen pegawai. Kami sangat menghargai orang-orang kami dan ini bukanlah keputusan yang mudah untuk dibuat,” kata perusahaan dikutip dari Bitcoin.com, Kamis (1/12/2022).

Selain memberikan paket pesangon kepada karyawan yang terkena dampak, Quidax mengatakan akan menghubungkan mereka ke jaringan perusahaan dan pendiri dalam ruang fintech.

Sementara itu, pertukaran meyakinkan pelanggannya bahwa dana mereka tidak hanya aman tetapi juga diasuransikan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.