Sukses

Miliarder Ini Bakal Disidang Gara-Gara Promosikan Perusahaan Kripto

Miliarder Mark Cuban dianggap mempromosikan perusahaan kripto Voyager Digital yang bangkrut.

Liputan6.com, Jakarta - Miliarder Amerika Mark Cuban akan hadapi sidang di pengadilan bulan depan sebagai bagian dari gugatan yang sedang berlangsung terhadapnya oleh pelanggan dari pemberi pinjaman kripto yang bangkrut Voyager. Mereka menuduh Cuban salah mengartikan perusahaan dalam materi promosi.

Dilansir dari Yahoo Finance, Senin (16/1/2023), diajukan di Pengadilan Distrik AS di Florida Selatan pada Agustus 2022, gugatan tersebut menggambarkan Voyager sebagai "skema Ponzi besar-besaran" dan menyoroti promosi agresif dari Cuban di antara pemula kripto dan investor ritel yang tidak berpengalaman, yang diduga menjadi sasaran Voyager dan promotornya.

Dalam perintah pengadilan, Selasa (10/1/2023), Hakim Hakim AS, Lisette M. Reid menolak permintaan Cuban untuk membagi deposisi menjadi dua sidang. Sebaliknya, deposisi penuh Cuban akan dilakukan dalam satu sesi pada 2 Februari 2023.

Cuban membuat beberapa pernyataan yang tampaknya membuat para investor Voyager marah, termasuk pemberi pinjaman itu hampir bebas risiko. 

Selanjutnya, gugatan tersebut menuduh Voyager Digital menggembar-gemborkan dirinya sebagai broker kripto yang patuh dan berlisensi sepenuhnya meskipun tidak terdaftar di Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC), Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas (CFTC), atau regulator Federal atau negara bagian yang diperlukan. terlibat dalam mengawasi penjualan sekuritas.

Runtuhnya Voyager

Setelah terpuruknya Terra, Voyager adalah salah satu dari beberapa pemberi pinjaman yang terpengaruh oleh masalah likuiditas, yang akhirnya menyebabkan perusahaan tersebut mengajukan kebangkrutan Bab 11 pada Juli tahun lalu.

Kemudian pada akhir kuartal III 2022, FTX AS memenangkan penawaran untuk meraup sisa aset Voyager sebesar USD 1,4 miliar atau setara Rp 21,7 triliun (asumsi kurs Rp 15.539 per dolar AS). Kesepakatan itu gagal setelah FTX runtuh secara spektakuler dua minggu kemudian.

Voyager membuka kembali proses penawaran pada November. Kali ini Binance.US muncul sebagai “tawaran terbaik dan tertinggi” dengan lebih dari USD 1 miliar atau setara Rp 15,5 triliun.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Miliarder Mark Cuban Digugat, Diduga Promosikan Skema Ponzi Kripto

Sebelumnya, gugatan class action telah diajukan di pengadilan distrik AS di distrik selatan Florida terhadap miliarder terkenal Mark Cuban, Dallas Basketball Ltd. (DBA Dallas Mavericks), dan CEO Voyager Digital, Steven Ehrlich.

Ada 12 penggugat utama, mengacu pada kasus “Mark Cassidy v. Voyager Digital Ltd. Gugatan itu diajukan pada Desember tahun lalu. Mereka menuduh Cuban dan Ehrlich “berusaha keras menggunakan pengalaman mereka sebagai investor untuk menipu jutaan orang Amerika agar berinvestasi.

Mereka diduga meminta orang untuk memindahkan tabungan hidup mereka  ke dalam Platform Voyager yang menipu dan membeli Akun Program Perolehan Voyager ('EPA'), yang merupakan sekuritas yang tidak terdaftar.

Dengan kata lain, Platform Voyager telah menipu dan memiliki skema Ponzi besar-besaran. Skema itu bergantung pada dukungan vokal dari Cuban dan Dallas Maverick kepada Voyager.

"Akibatnya, lebih dari 3,5 juta orang Amerika sekarang kehilangan lebih dari 5 miliar dolar dalam aset cryptocurrency. Tindakan ini berusaha untuk menahan Ehrlich, Cuban, dan Dallas Mavericks-nya bertanggung jawab untuk membayar mereka kembali,” isi gugatan tersebut dikutip dari Bitcoin.com, Selasa (16/8/2022). 

3 dari 4 halaman

Kelalaian Cuban

Gugatan itu juga mencatat Cuban berbicara pada konferensi pers Dallas Mavericks, di mana dia sangat mendukung dan menggembar-gemborkan kemitraan antara perusahaannya dan para terdakwa Voyager.

Penggugat menekankan bintang Shark Tank itu dengan bangga menggambarkan bagaimana dia secara pribadi akan membantu secara signifikan meningkatkan cakupan dan kehadiran Platform Deceptive Voyager bagi mereka yang memiliki dana dan pengalaman terbatas.

“Representasi dan kelalaian Ehrlich dan Cuban yang dibuat dan disiarkan di seluruh negeri melalui internet membuat mereka bertanggung jawab kepada penggugat dan anggota kela,” penjelasan para penggugat. 

Voyager Digital sendiri mengajukan kebangkrutan bulan lalu dengan alasan volatilitas dan penularan yang berkepanjangan di pasar kripto selama beberapa bulan terakhir, dan default Three Arrows Capital (‘3AC’) pada pinjaman dari anak perusahaan perusahaan. 

 

4 dari 4 halaman

Kapitalisasi Pasar Kripto Berhasil Sentuh Rp 14.201 Triliun, Tertinggi dalam Dua Bulan

Sebelumnya, total kapitalisasi pasar cryptocurrency mencapai level tertinggi dalam lebih dari dua bulan pada 13 Januari 2023 setelah menembus di atas angka USD 900 miliar atau setara Rp 13,804 triliun (asumsi kurs Rp 15.338 per dolar AS).

Pada perdagangan Sabtu (14/1/2023), menurut data dari Coinmarketcap keseluruhan kapitalisasi pasar kripto pada Sabtu, 14 Januari 2023 berhasil menguat ke level USD 939,6 miliar atau setara Rp 14.201 triliun.

Dilansir dari Cointelegraph, Sabtu, 14 Januari 2023, meskipun alami kenaikan 15,5 persen sejak awal tahun ini terdengar menjanjikan, kapitalisasi pasar kripto keseluruhan masih 50 persen di bawah USD 1,88 triliun atau setara Rp 28.835 triliun yang dicapai sebelum ekosistem Terra-Luna runtuh pada April 2022.

Saat ini, para trader dan investor kripto mengejar opsi bullish harga Bitcoin ke level USD 20.000 atau setara Rp 306,7 juta untuk mendorong kapitalisasi pasar kripto kembali melonjak di atas USD 900 miliar.

Skeptisisme penuh harapan adalah deskripsi terbaik dari sebagian besar sentimen investor saat ini, terutama setelah perjuangan baru-baru ini untuk merebut kembali kapitalisasi pasar USD 1 triliun pada awal November 2022. 

Bitcoin sendiri telah naik 15,7 persen tahun ini, tetapi skenario yang berbeda telah muncul untuk altcoin, dengan beberapa dari mereka memperoleh 50 persen atau lebih besar dalam periode yang sama.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.