Sukses

Petugas Intelijen China Diduga Suap Pejabat AS Pakai Bitcoin, Ada Apa?

Mereka diduga mencoba menyuap pejabat pemerintah AS dengan bitcoin untuk mengumpulkan informasi.

Liputan6.com, Jakarta - Dua petugas intelijen yang bekerja untuk Republik Rakyat China diduga mencoba menyuap pejabat pemerintah AS dengan bitcoin dalam upaya mengumpulkan informasi tentang penuntutan terhadap perusahaan yang tidak disebutkan namanya, Departemen Kehakiman AS mengumumkan pada Senin, 24 Oktober 2022.

Dilansir dari CoinDesk, Rabu (26/10/2022), menurut siaran pers, Guochun He dan Zheng Wang mencoba mengumpulkan informasi tentang upaya hukum yang sedang berlangsung terhadap perusahaan, yang tampaknya diduga adalah Huawei Technologies, sebuah perusahaan teknologi multinasional yang berkantor pusat di Shenzhen, Cina.

Jaksa menuduh pasangan itu mencoba menghalangi penyelidikan, termasuk dengan mencoba menyuap pejabat penegak hukum AS dengan bitcoin senilai USD 61.000 atau sekitar Rp 951,1 juta.

Jaksa Agung AS Merrick Garland mengaitkan pengumuman itu dengan dua tindakan lain yang diambil oleh jaksa di New York dan New Jersey, yang mengumumkan dakwaan terhadap sejumlah individu yang bekerja untuk pemerintah China atas berbagai tuduhan pengawasan dan pelecehan.

Sebuah deposisi, yang ditandatangani oleh Agen Khusus Pengawas FBI Thomas Ryder, menyebutkan aspek bitcoin dari kasus tersebut berkali-kali, dengan mengatakan Dia menyebutnya metode "aman" untuk membayar pejabat penegak hukum, yang disebut dalam dokumen sebagai GE-1.

Para terdakwa membayar GE-1 dalam dua tahap yang berbeda, pertama USD 20.000 dan kedua USD 41.000, menurut deposisi. Salah satu transaksi adalah untuk dokumen yang seharusnya membantu kasus Huawei dan dirahasiakan, meskipun pejabat AS itu sebenarnya tidak membagikan materi rahasia apa pun, kata pengarsipan itu.

Namun, meskipun jumlah yang digunakan tidak banyak, pejabat AS Senin mengatakan tindakan itu adalah bagian dari gambaran yang lebih luas tentang pemerintah China dan upayanya untuk merusak hukum internasional dan hak-hak individu.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Volatilitas Bitcoin Kini Lebih Rendah Ketimbang Indeks Nasdaq hingga S&P 500

Sebelumnya, perusahaan data aset digital, Kaiko, volatilitas Bitcoin  sekarang lebih rendah daripada Nasdaq dan S&P 500. Hal ini terjadi di tengah harga Bitcoin yang tertahan di level USD 19.000 (Rp 297 juta) selama sebulan.

Penyedia data mengatakan pada Jumat, 21 Oktober 2022, volatilitas 20 hari cryptocurrency kini telah jatuh di bawah indeks saham untuk pertama kalinya sejak 2020. Itu adalah berita yang disambut baik oleh banyak investor kripto lama yang berharap perubahan harga kripto tidak terlalu ekstrem yang menakuti para investor.

Kaiko juga mengatakan kesenjangan antara volatilitas 30 hari dan 90 hari bitcoin dan ekuitas telah menyusut sejak pertengahan September, bahkan dengan sensitivitas bitcoin yang meningkat terhadap rilis data ekonomi makro.

Meskipun korelasi bitcoin dengan saham telah mereda, tetap tinggi dan harganya terus didorong oleh tema makro.

 

3 dari 4 halaman

Volatilitas Bitcoin Berada di Posisi Terendah

Kepala penelitian di Kaiko, Clara Medali mengatakan volatilitas Bitcoin berada pada posisi terendah multi-tahun sementara volatilitas ekuitas hanya pada level terendah sejak Juli.

“Pasar ekuitas tentu saja bergejolak selama beberapa bulan terakhir karena inflasi yang tinggi, kenaikan suku bunga, dan perang yang sedang berlangsung. Data menunjukkan pasar cryptocurrency kurang reaktif terhadap peristiwa makro yang bergejolak sebelumnya di tahun ini, sedangkan pasar ekuitas tetap sangat sensitif,” ujar Medali dikutip dari CNBC, Senin (24/10/2022).

Pada Jumat bitcoin sebentar turun di bawah level USD 19.000, menyusul lonjakan singkat dalam indeks dolar dan karena imbal hasil Treasury AS 10-tahun naik ke puncak 14-tahun. Namun, sejak itu kembali pulih.

Dua cryptocurrency terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar membukukan minggu penurunan dan minggu negatif ketiga berturut-turut, dalam apa yang secara historis merupakan bulan yang kuat untuk pengembalian kripto. Untuk bulan ini, bitcoin dan ether masing-masing turun sekitar 1 perse dan 3 persen.

4 dari 4 halaman

SEC Stablecoin Perlu Diawasi untuk Kurangi Risiko Keuangan

Sebelumnya, Ketua Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) Gary Gensler, meminta kongres untuk memberikan Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas AS (CFTC) lebih banyak kekuatan untuk mengawasi stablecoin cryptocurrency demi mengurangi risiko terhadap sistem keuangan.

Gensler menjelaskan, stablecoin biasanya dipatok ke dolar AS dan digunakan untuk memfasilitasi perdagangan aset digital lainnya. Dengan kapitalisasi pasar sekitar USD 150 miliar atau sekitar Rp 2.325 triliun, stablecoin memiliki banyak kesamaan dengan dana pasar uang, dan perlu diatur sesuai dengan itu.

“Meskipun CFTC memiliki otoritas mengatur anti-penipuan dan anti-manipulasi atas perusahaan yang mengeluarkan stablecoin, mereka tidak memiliki otoritas pleno yang untuk membuat aturan di ranah bursa," kata Gensler, dikutip dari Channel News Asia, Sabtu, 22 Oktober 2022.

Menurut Gensler CFTC bisa memiliki otoritas yang lebih besar. Mereka saat ini tidak memiliki otoritas pengatur langsung atas kripto non sekuritas yang mendasarinya.

“Sebagian besar cryptocurrency, termasuk yang disebut stablecoin algoritmik, adalah sekuritas, dan berada di bawah otoritas SEC, sementara beberapa tidak,” jelas Gensler.

Pada Maret 2022, TerraUSD (UST), stablecoin berbasis algoritme, runtuh  secara spektakuler, mendorong stablecoin utama lainnya, seperti Tether sempat turun di bawah pasak dolarnya dan mengirimkan riak melalui pasar cryptocurrency global.

Dewan Pengawas Stabilitas Keuangan, panel pengatur AS yang terdiri dari regulator keuangan teratas, awal bulan ini juga merekomendasikan agar Kongres mengesahkan undang-undang yang menangani risiko aset digital terhadap sistem keuangan, termasuk tagihan untuk meningkatkan pengawasan pasar spot kripto dan stablecoin.

Masih belum jelas kapan Kongres akan meloloskan undang-undang terkait kripto , meskipun beberapa telah diperkenalkan untuk mengatasi stablecoin dan regulasi komoditas digital.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.