Sukses

[Resolusi 2014] Lolos Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional

Banyaknya resolusi yang ingin dicapai di 2014 nanti, jangan sampai menjadikan kita tidak fokus mana yang harus dicapai terlebih dahulu.

Citizen6, Semarang: Terlalu banyak resolusi yang ingin dicapai tidaklah salah. Tapi jangan sampai banyaknya resolusi malah menjadikan kita tidak fokus mana yang harus dicapai terlebih dahulu, yang pada akhirnya hanya bisa mencoret beberapa hal yang sudah tercapai. Alhasil masih banyak resolusi di 2013 yang belum sempat terwujud. Tapi tak mengapa, itu bukan kesalahan yang perlu disesali terus-menerus.

Tapi, kita harus tahu arti penting dari sebuah evaluasi. Sudahkah sesuai dengan yang kita harapkan? Semakin baikkah atau bahkan malah semakin buruk? Evaluasi akhir tahun sangat penting, layaknya sebuah laporan pertanggungjawaban akhir tahun sebuah organisasi. Semua proses dan hasil dirinci betul, mana yang sudah bagus dan mana yang harus dperbaiki. Tak perlu menyesali yang kurang bagus, anggap saja belum waktunya untuk terjadi dan kita perlu usaha yang lebih baik lagi.

Mengingat waktu 1 tahun tidaklah lama, maka dari itu buah dari evaluasi akhir tahun adalah merencanakan sebuah resolusi besar di tahun mendatang dengan sebuah harapan dan semangat yang baru pula. Menetapkan resolusi yang jelas-jelas ingin kita capai lengkap dengan strategi dan usaha yang harus kita lakukan demi mewujudkannya.

Buatlah skema jangka pendek, menengah dan jangka panjang dalam waktu 1 tahun 2014. So, tunggu apalagi segera tulis resolusimu.  Tempel di tempat yang mudah dilihat, sehingga selalu ingat akan apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu 1 tahun ini. Buatlah tahun 2014 adalah tahun yang paling menyenangkan, membahagiakan, dan tahun keemasaan yang nantinya akan menjadi inspirasi untuk tahun selanjutnya.

Menguatkan kembali impian dan tujuan hidup yang terkadang disebabkan naik-turunnya semangat adalah hal utama yang harus saya lakukan. Ibarat sebuah organisasi, visi, dan misi harus dibuat secara jelas dan detail agar mudah dalam mencapai keberhasilan. Begitu pula dengan saya dan mimpi-mimpi saya. Saya berharap beberapa resolusi saya ini dapat terwujud di 2014.

1. Menjadi Ketua PKM GT, lolos pendanaan Dikti 2014 dan lolos PIMNAS 2014

Sebenarnya saya sudah pernah mengirimkan karya tulis, baik ke Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang maupun PKM KT selama menjadi mahasiswa. Akan tetapi usulan program yang saya beserta kelompok ajukan belum sempat lolos pendanaan Dikti. Bisa jadi karena kiprah saya yang belum bagus atau usulan program yang tim saya ajukan belum sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Dalam PKM tersebut saya belum menjadi ketua, hanya menjadi anggota saja. Maka di 2014, saya ingin menjadi ketua dengan ide yang cemerlang serta usulan PKM saya beserta tim nanti dapat lolos Pendanaan Dikti 2014.

PKM merupakan sebuah ajang perlombaan karya ilmiah yang diselenggarakan oleh Dikti. PKM ini dibagi menjadi 2, yaitu PKM 5 Bidang (Penelitian, Kewirausahaan, Pengabdian kepada Masyarakat, Teknologi dan Karsa Cipta) dan PKM KT (Artikel Ilmiah dan Gagasan Tertulis).

Jika PKM ini lolos didanai dan memiliki program yang bagus maka selanjutnya akan lolos diajang paling bergengsi di tingkat mahasiswa, apalagi kalau bukan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS).

Demi mewujudkan impian ini, tentu ini bukan waktunya untuk bermain-main. Apalagi dengan waktu yang singkat dan kegiatan perkuliahan yang sangat menyita waktu, tentu ini bukan menjadi batu sandungan untuk menulis karya ilmiah. Bahkan menjadi motivasi terbesar untuk selektif serta pintar-pintar dalam membagi waktu dan selalu menyempatkan untuk menulis. Semoga karya tulis saya nanti dapat tembus dan lolos PIMNAS. Amin.

2. Menurunkan berat badan 17 kg

Mengingat berat badan saya sekarang ini sudah melampaui batas ideal, di 2014 nanti harus segera bergerak dan berusaha untuk menurunkan berat badan jika ingin lebih sehat. Ditambah lagi saat ini saya sedang menimba ilmu di jurusan Kesehatan Masyarakat, sudah pasti saya dituntut untuk menjadi pribadi yang sehat. Selain itu, berat badan berlebih atau yang lebih dikenal dengan obesitas memiliki banyak resiko tinggi terkena suatu penyakit. Seperti jantung koroner, stroke, diabetes, hipertensi dan beberapa penyakit degeneratif lainnya.

Demi mewujudkan punya berat badan yang ideal saya harus merubah pola hidup saya sekarang. Gaya hidup yang sehat dengan rajin berolahraga, makan dan minum yang berkalori rendah serta selalu melakukan hal-hal positif lainnya yang mendukung.

Demikianlah resolusi besar yang ingin saya raih di tahun 2014 nanti. Semoga semua resolusi yang saya tulis bukanlah hanya sekedar resolusi belaka, melainkan bisa membawa angin perubahan di 2014 yang bisa bermanfaat untuk orang banyak. Amin. (mar)

Penulis
Rismawati (Twitter: @rismawati49)
Semarang, rismawati.unxxx@gmail.com

Baca juga:
[Resolusi 2014] Menjadi Mahasiswa Berprestasi
[Resolusi 2014] Menjadi Mahasiswa yang Sukses Berbisnis
[Resolusi 2014] Mencipta Buku Setahun Satu

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atauopini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Mulai 16 Desember sampai 3 Januari 2014 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Resolusi 2014". Ada kado akhir tahun dari Liputan6.com, Dyslexis Cloth, dan penerbit dari Gramedia bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini