Sukses

Cara Simpan Jeruk Purut Agar Awet Segar Sampai Seminggu, Tanpa Dibungkus Plastik

Dengan cara ini, daun jeruk purut dapat awet segar sampai seminggu tanpa dibungkus plastik. Ikuti caranya berikut.

Liputan6.com, Jakarta Sesuai namanya, daun jeruk purut berasal dari tanaman jeruk yang berwarna hijau tua. Dengan aroma yang khas dan menyegarkan, daun ini sering dijadikan berbagai bumbu masakan.

Daun jeruk purut sendiri merupakan salah satu jenis tanaman asli yang dapat tumbuh di Indonesia. Melansir dari Pubmed, daun dengan nama latin Citrus hystrix ini memiliki potensi dalam mengelola diabetes, melawan obesitas dan mencegah hipertensi.

Dengan segala kegunaan itu, tidak sedikit orang yang rela menyimpan stok daun jeruk purut di rumah. Namun, daun jeruk purut hanya bisa bertahan paling lama 7-12 minggu dalam ruang kedap udara. Itu pun juga sudah dalam kualitas yang tidak prima.

Meski demikian, ada teknik khusus dalam menyimpan jeruk purut agar tetap awet segar sampai seminggu. Cara ini dibagikan oleh kanal YouTube tatikmargi1529, yang dirangkum pada Rabu (17/04/2024) berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Bersihkan Daun Jeruk Purut

Pertama-tama, bersihkan daun jeruk purut yang masih ada batangnya . Caranya adalah dengan merendam daun jeruk purut dalam rendaman air garam selama 3 jam. Hal ini bertujuan untuk membersihkan pestisida dan hama yang masih menempel pada daun.

3 dari 10 halaman

Siapkan Segelas Air

Siapkan segelas air yang nanti akan digunakan untuk merendam daun jeruk purut. Gelas yang digunakan cukup gelas biasa untuk minum saja, tidak perlu gelas yang besar. Namun, akan lebih aman untuk menggunakan gelas plastik.

4 dari 10 halaman

Rendam Bagian Batang Daun Jeruk Purut

Jika sudah menyiapkan segelas air, masukkan dan rendam bagian batang daun jeruk purut ke dalam gelas tersebut. Letakkan rendaman daun jeruk purut ini di tempat yang tidak terpapar sinar matahari supaya tidak cepat layu.

5 dari 10 halaman

Jangan Lupa Ganti Air Rendaman

Cara ini memang akan membuat daun jeruk purut jadi lebih awet. Namun, tetap jangan lupa untuk mengganti air rendaman dengan rutin, terutama jika air rendaman sudah mulai berubah warna.

6 dari 10 halaman

Berapa Lama Daun Jeruk Purut Bertahan?

Dengan penanganan yang cermat dan penyimpanan yang sesuai, daun jeruk purut dapat tetap segar hingga satu minggu lamanya.

7 dari 10 halaman

Gimana Cara Menyimpan Daun Jeruk Agar Awet?

Wadah tertutup adalah tempat yang baik untuk menyimpan daun jeruk dan salam. Anda dapat menaruhnya baik dalam stoples maupun kantong plastik, kemudian letakkanlah di bagian luar lemari es. Dengan cara ini, kedua jenis daun tersebut dapat tetap segar dan awet selama beberapa minggu.

8 dari 10 halaman

Apakah Daun Jeruk Kering Bisa Dipakai?

Kendati daun yang telah mengering masih bisa digunakan, aroma yang dihasilkan tidak optimal. Oleh karena itu, manfaat dari daun jeruk tidak akan terasa sepenuhnya.

9 dari 10 halaman

Apa Manfaat Air Rebusan Daun Jeruk Purut?

Mengonsumsi daun jeruk purut secara teratur telah terbukti dapat menjaga dan mengatasi masalah yang berkaitan dengan pencernaan manusia. Ini disebabkan oleh kandungan senyawa dalam daun jeruk purut yang memiliki kemampuan untuk mengatasi gejala seperti kembung dan sembelit.

10 dari 10 halaman

Apakah Daun Jeruk Purut Bisa untuk Memasak?

Daun jeruk purut memperkaya rasa hidangan Asia dengan aroma dan kelezatan yang khas. Tumisan, kari, selada, dan perkedel ikan semakin nikmat dengan kehadiran daun jeruk purut yang memberikan sentuhan istimewa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.