Sukses

Kalahkan Pendiri TikTok, Prajogo Pangestu Jadi Orang Terkaya ke-26 di Dunia

Harta Prajogo Pangestu mengalahkan harta pendiri TikTok, Zhang Yiming

Liputan6.com, Jakarta Prajogo Pangestu, salah seorang konglomerat terkemuka, telah meraih posisi ke-26 dalam daftar orang terkaya di dunia, mengalahkan pendiri TikTok, Zhang Yiming.

Menurut Forbes Real Time Billionaires, kekayaan Prajogo mencapai US$48,2 miliar atau sekitar Rp774 triliun per Jumat (12/4/2024), menempatkannya di posisi yang lebih tinggi daripada Zhang Yiming yang memiliki kekayaan sebesar US$43,4 miliar. Sementara itu, orang terkaya di dunia tetap diduduki oleh Bernard Arnault dari LVMH dengan kekayaan US$215,4 miliar.

Prajogo Pangestu, dengan kekayaannya tersebut, juga menjadi orang terkaya di Indonesia menurut Forbes, mengalahkan miliarder lainnya seperti Low Tuck Kwong yang menempati posisi ke-73.

Prajogo Pangestu memiliki bisnis yang luas melalui Barito Group, mulai dari industri kayu hingga petrokimia. Dia mulai karirnya sebagai sopir angkot sebelum bergabung dengan PT Djajanti Group pada tahun 1969 di mana dia mengelola hak pengusahaan hutan di Kalimantan Tengah.

Dengan pengalaman dalam industri kayu, Prajogo mendirikan bisnisnya sendiri pada akhir 1980-an dengan mendirikan CV Pacific Lumber Coy, yang kemudian berkembang menjadi Barito Pacific Timber dalam waktu singkat.

Pada tahun 2007, Barito Pacific beralih ke sektor petrokimia dengan mengakuisisi PT Chandra Asri Pacific Tbk. (TPIA), menjadi produsen petrokimia terbesar di Indonesia. Prajogo juga memperluas bisnisnya ke industri batu bara melalui PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk. (CUAN) yang melakukan penawaran umum perdana (IPO) pada tahun 2023.

Selain itu, perusahaan-perusahaan milik Prajogo seperti PT Barito Renewables Energy Tbk. (BREN) dan PT Barito Pacific Tbk. (BRPT) juga mencatatkan pertumbuhan laba yang signifikan pada tahun 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Intip Kinerja Saham Milik Crazy Rich Indonesia Prajogo Pangestu Vs Low Tuck Kwong

Prajogo Pangestu kembali menduduki posisi puncak orang terkaya di Indonesia. Melansir data real time billionaire Forbes per 13 Maret 2024, kekayaan Prajogo Pangestu ditaksir mencapai USD 43,3 miliar atau sekitar Rp 674,35 triliun (kurs Rp 15.574,00 per USD).

Prajogo merupakan putra seorang pedagang karet. Dia memulai bisnis perkayuan pada akhir tahun 1970an. Perusahaannya, Barito Pacific Timber, go public pada 1993 dan berganti nama menjadi Barito Pacific setelah mengurangi bisnis kayunya pada 2007.

Pada 2007, Barito Pacific mengakuisisi 70% perusahaan petrokimia Chandra Asri Tbk (TPIA). Pada 2011 Chandra Asri bergabung dengan Tri Polyta Indonesia dan menjadi produsen petrokimia terintegrasi terbesar di negara ini.

Setelah perusahaan pertambangan batu baranya Petrindo Jaya Kreasi (CUAN) go public pada Maret 2023, Prajogo mencatatkan saham perusahaan energi terbarukan, Barito Renewables Energy Tbk (BREN), enam bulan kemudian pada Oktober 2023.

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

Daftar Orang Terkaya Dunia 2024, Siapa Nomor Wahid?

Majalah bisnis ternama asal Amerika Serikat, Forbes kembali merilis daftar Miliarder Dunia 2024.

Melansir laman resminya Forbes.com, Kamis (4/4/2024) majalah itu melaporkan bahwa saat ini jumlah orang terkaya di dunia semakin meningkat.

 Forbes mencatat, kini terdapat 2.781 miliarder di seluruh dunia, naik 141 orang dibandingkan tahun lalu dan 26 lebih banyak dari rekor yang dibuat pada tahun 2021.

Para miliarder ini bahkan kini lebih kaya dari sebelumnya, dengan total kekayaan sebesar USD 14,2 triliun, naik USD 2 triliun dari tahun 2023 dan USD 1,1 triliun di atas rekor sebelumnya, yang juga dicapai pada tahun 2021.

Dua pertiga dari miliarder di daftar tersebut memiliki kekayaan lebih dari setahun yang lalu; dan hanya seperempatnya yang mengalami penurunan kekayaan.

Sebagian besar perolehan tersebut berasal dari 20 miliarder teratas, yang total kekayaannya bertambah USD 700 miliar sejak tahun 2023, dan dari AS, yang kini memiliki rekor 813 miliarder dengan total gabungan kekayaan USD 5,7 triliun.

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

Kekayaan Kelompok 1 Persen Orang Terkaya Sentuh Rekor USD 44 Triliun

Kekayaan kelompok 1 persen orang terkaya mencapai rekor USD 44,6 triliun atau sekitar Rp 707.515 triliun (asumsi kurs dolar AS terhadap rupiah 15.863) pada akhir kuartal IV.

Dikutip dari CNBC, ditulis Sabtu (30/3/2024),kekayaan kelompok 1 persen orang terkaya itu meningkat seiring reli saham pada akhir tahun sehingga angkat portofolionya. Hal itu berdasarkan data baru dari the Federal Reserve (the Fed).

Total kekayaan bersih kelompok 1 persen teratas itu didefinisikan oleh the Fed naik USD 2 triliun pada kuartal IV. Adapun kelompok 1 persen itu yang memiliki kekayaan lebih dari USD 11 juta.

Semua keuntungan berasal dari kepemilikan saham. Nilai saham dan reksa dana yang dipegang oleh 1 persen kelompok kaya itu melonjak menjadi USD 19,7 triliun dari USD 17,65 triliun pada kuartal sebelumnya. Nilai real estate meski sedikit naik, nilai private equitnya menurun yang hilangkan semua keuntungan lain di luar saham.

Kenaikan kekayaan kuartalan ini ini menandai tambahan terbaru dalam lonjakan kekayaan yang belum pernah terjadi sebelumnya yang dimulai pada 2020 seiring dengan melonjaknya pasar saham akibat pandemi Covid-19. Sejak 2020, kekayaan kelompok 1% teratas telah meningkat hampir USD15 triliun, atau 49%.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.