Sukses

Bangunan Unik di Tepi Jalan Tol Australia, Terlihat Seperti Hotel Ternyata Bukan Hotel

Di tepi jalan Australia, terdapat bangunan seperti hotel pencakar langit, yang ternyata bangunan itu bukan hotel, melainkan hanya patung biasa yang unik. Simak faktanya berikut ini!

Liputan6.com, Jakarta Di pinggiran kota Australia, terdapat sebuah bangunan yang menarik perhatian para pengendara jalan tol. Meskipun terlihat seperti hotel biasa, yang mengejutkan adalah bahwa bangunan ini sebenarnya bukan hotel. 

Bangunan tersebut menjadi viral dan terkenal karena banyak orang yang tertarik dan  kebingungan ketika melewatinya. Tidak sedikit orang mencari tahu informasinya untuk reservasi hotel tersebut.

Untuk mengetahui apa yang sebenarnya di balik bangunan unik ini, yuk simak artikel berikut yang telah dirangkum dari berbagai sumber pada Jumat (05/04/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Bangunan Unik di Tepi Jalan Tol Australia

Didesain oleh seniman lokal bernama Callum Morton, Hotel EastLink berdiri pada tahun 2007 di tepi jalan tol Australia, dan sejak itu banyak pengemudi yang merasa kebingungan dengan bangunan tersebut. 

Meski tidak sebesar hotel pencakar langit, bangunan dengan tinggi 20 meter, lebar 12 meter, dan panjang 5 meter, akan membuat orang sulit membedakannya ketika melewati jalan tersebut untuk pertama kalinya. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang yang ingin mencari tau tentang hotel tersebut secara online dan bahkan menelepon untuk reservasi. 

3 dari 9 halaman

Bangunan Unik yang Terlihat Sekilas Seperti Hotel

Pada malam hari, beberapa jendela bangunan tersebut akan dinyalakan, sehingga terlihat seolah-olah ada beberapa kamar yang sedang ditempati. Namun sebenarnya tidak ada kamar, dan bangunan itu sendiri tidak bisa dimasuki, karena seluruhnya adalah sebuah patung yang dibangun hanya untuk hiasan.

"Para pengemudi akan melihatnya dari dalam mobil yang mengira bahwa bangunan itu adalah hotel yang nyata dan mungkin seiring waktu banyak yang menganggap sebagai bangunan aneh yang keluar dari taman hiburan". Demikian deskripsi konsep proyek ini yang dirancang oleh seniman Callum Morton pada awal tahun 2000-an. 

4 dari 9 halaman

Menarik Perhatian Orang yang Melewatinya

Meskipun sudah hampir dua dekade bangunan itu berdiri, hasil karya seniman  Callum Morton masih mengusik pikiran orang saat mereka melintasinya di jalan tol EastLink di lingkungan Dandenong, Melbourne.

Awalnya, bangunan berbentuk persegi panjang besar dengan papan tanda besar berwarna merah bertuliskan 'HOTEL' di bagian atasnya terlihat cukup biasa, tetapi mulai sadar bahwa bangunan tersebut terletak di tengah lapangan tandus, pada saat itulah bangunan tersebut mulai menjadi suatu yang membingungkan. Namun, semuanya itu sudah direncanakan.

Menurut Callum Morton, “Saya rasa cukup menarik bagaimana menempatkan sesuatu dalam ruang yang sedikit memikat atau agak aneh, mungkin bisa mengubah cara orang berpikir tentang seni atau hasil karyanya," ungkapnya tentang karyanya yang unik.

5 dari 9 halaman

Apa yang paling terkenal di Australia?

Australia terkenal dengan lanskap yang indah, air biru kehijau-hijauan, margasatwa unik, dan kekayaan budayanya.

6 dari 9 halaman

Apakah Ciri Unik dari Benua Australia?

  • Benua terkecil sekaligus negara terbesar keenam dengan wilayah laut terbesar ketiga di dunia.
  • Hanya ditempati satu negara, Australia sehingga disebut 'benua negara'.
  • Satu-satunya benua dan negara di bagian selatan Bumi.
  • Kepadatan penduduk mencapai 4,2 jiwa per kilometer persegi.
7 dari 9 halaman

Apa Sebutan bagi Benua Australia?

Benua Australia dikenal dengan beberapa julukan yang terkenal, seperti Benua Hijau, Negri Kanguru, dan The Land Down Under. Benua Hijau diberikan sebagai penghormatan terhadap kondisi hutan yang didominasi oleh pohon akasia dan eukaliptus (gum trees), serta keberadaan tanaman rumput pendek yang berwarna hijau di wilayahnya.

8 dari 9 halaman

Apa Saja Ciri Khas Australia?

Salah satu fitur khas Australia adalah ragam keanekaragaman alamnya, mulai dari hutan hujan tropis, padang rumput yang luas, hingga gurun pasir yang tak berujung. Secara umum, iklim di Benua Australia terbagi menjadi dua jenis, yaitu iklim tropis dan iklim gurun.

9 dari 9 halaman

Apa yang Kamu Ketahui Tentang Negara Australia?

Australia merupakan salah satu benua tertua di dunia yang telah didiami oleh manusia selama sekitar 60.000 tahun. Sebelum kedatangan orang Eropa, penduduk asli Australia dan Penduduk Kepulauan Selat Torres mendiami sebagian besar wilayah benua ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini