Sukses

Cara Menghilangkan Komedo di Hidung, Ini 3 Bahan Rahasianya Agar Cepat dan Mudah

Komedo di area hidung telah menjadi masalah kulit wajah yang cukup mengganggu penampilan selain jerawat. Hal ini karena meski sudah menggunakan riasan wajah (make up), komedo di area hidung tetap tidak tertutupi. Bahkan, terkadang riasan wajah justru membuat komedo terlihat semakin jelas. Yuk, hilangkan komedo kamu dengan cara alami hanya menggunakan 3 bahan ini!

Liputan6.com, Jakarta Komedo adalah permasalahan kulit wajah yang sering dianggap remeh, namun sebenarnya memiliki dampak yang cukup mengganggu. Hal ini disebabkan oleh kemampuan komedo dalam membuat kulit wajah terasa kasar, kusam, tidak merata warnanya, dan bahkan dapat menyebabkan jerawat meradang. Biasanya, komedo muncul di bagian T-zone wajah, terutama di hidung, karena daerah tersebut memiliki produksi sebum yang lebih tinggi dibandingkan dengan bagian wajah lainnya. Meskipun sulit diatasi, namun komedo termasuk dalam masalah kulit yang dapat diatasi. Namun, banyak orang melakukan kesalahan dalam mencoba menghilangkan komedo di hidung mereka. Menekan hidung agar komedo keluar dari pori-pori adalah salah satu metode yang sering digunakan. Padahal, tindakan tersebut dapat memperburuk kondisi kulit karena dapat menyebabkan peradangan. Maka dari itu, bagaimanakah cara yang tepat dan efektif untuk menghilangkan komedo di area hidung?

Berikut ini tips menghilangkan komedo di hidung hanya dengan 3 bahan alami, dikutip dari briliobeauty.net (26/03/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Gula Pasir

Gula pasir adalah salah satu bahan pemanis yang dapat digunakan untuk membuat scrub alami karena teksturnya yang mirip dengan butiran scrub. Dipercaya bahwa gula pasir dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori kulit wajah. Kekasaran teksturnya memungkinkannya berfungsi sebagai eksfoliator fisik yang efektif dalam menghilangkan komedo, terutama di area hidung.

3 dari 10 halaman

Madu Alami

Madu adalah bahan alami yang mengandung sifat antiinflamasi, antioksidan, antibakteri, dan antiseptik. Kandungan nutrisi yang beragam di dalam madu membuatnya efektif sebagai pembersih wajah yang dapat mengatasi berbagai jenis kotoran. Madu mampu membuka pori-pori yang tersumbat pada wajah dan secara bersamaan mengangkat kotoran yang menjadi penyebab komedo.

4 dari 10 halaman

Aloe Vera Gel (Gel Lidah Buaya)

Lidah buaya dikenal sebagai salah satu bahan alami yang memiliki manfaat besar untuk kecantikan dan kesehatan kulit wajah. Selain itu, bahan alami ini efektif untuk mengatasi komedo dan membersihkan kotoran yang menghalangi pori-pori kulit. Kandungan astringent dalam gel lidah buaya membantu menyerap minyak berlebih dan kotoran di pori-pori kulit tanpa mengakibatkan kekeringan pada wajah, karena lidah buaya juga mengandung pelembab alami.

5 dari 10 halaman

Cara Membuat dan Menggunakan

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat dan menggunakan scrub alami guna menghilangkan komedo di hidung:

1. Tuangkan gula pasir, madu, dan gel lidah buaya ke dalam sebuah wadah.

2. Aduk ketiga bahan tersebut secara merata hingga teksturnya berubah menjadi pasta.

3. Bersihkan wajah terlebih dahulu agar bebas dari kotoran atau sisa makeup.

4. Aplikasikan scrub yang sudah dibuat secara merata pada area hidung.

5. Gosoklah secara perlahan dan lembut dengan gerakan memutar selama 2 sampai 3 menit.

6. Bilas wajah menggunakan air hangat hingga bersih, kemudian lanjutkan dengan penggunaan moisturizer.

6 dari 10 halaman

Berapa Lama Komedo di Hidung Hilang?

Komedo seringnya tidaklah berbahaya, dan bisa membaik sendiri dalam 2-4 minggu.

 

 

 

 

7 dari 10 halaman

Apa Penyebab Komedo Menumpuk di Hidung?

Komedo terbentuk ketika sel kulit mati dan minyak menumpuk dan menyumbat pori-pori kulit. Minyak tersebut dihasilkan oleh kelenjar minyak (sebum) di dalam pori-pori. Meski begitu, minyak alami kulit menjadi salah satu anti penuaan alami yang dapat mempertahankan elastisitas wajah.

8 dari 10 halaman

Apa Penyebab Hidung Komedo?

Komedo hitam umumnya ditemukan di Area T yang cenderung lebih berminyak dibandingkan area wajah lainnya. Produksi minyak berlebih di hidung, dagu dan dahi ini berpotensi menyebabkan penyumbatan pori-pori di area tersebut oleh debu, sisa kotoran dan minyak dan memicu terbentuknya komedo hitam di hidung, pipi, dan dagu.

9 dari 10 halaman

Apa Penyebab Komedo Cepat Tumbuh?

Secara umum, komedo dapat disebabkan oleh berbagai hal, termasuk minyak berlebih, sel kulit mati, bakteri yang menumpuk, dan perubahan hormon. Selain itu, pola makan tidak sehat juga dapat menyebabkan pertumbuhan komedo.

 

 

10 dari 10 halaman

Apakah Air Garam Bisa Menghilangkan Komedo?

Salah satu manfaat air garam untuk wajah adalah untuk membantu mengurangi komedo di wajah. Rutin melakukan scrub wajah menggunakan air garam akan mengangkat sel-sel kulit mati dan minyak berlebih. Dengan begitu, pembentukan komedo pun akan berkurang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.