Sukses

10 Makhluk Mitos Indiana Ini Dipercaya Keberadaannya, Ada yang Berwujud Seram

Indiana merupakan negara bagian Amerika Serikat yang memiliki banyak cerita rakyat dan legenda urban. Banyak makhluk mitos yang juga bermunculan dari negara bagian tersebut. Yuk, simak makhluk mitos apa saja yang dipercaya masyarakat Indiana!

Liputan6.com, Jakarta Cerita-cerita dan laporan aneh dari seluruh negara bagian Indiana terus menarik perhatian dan membangkitkan imajinasi. Indiana dikenal memiliki banyak makhluk mitos dan penemuan yang sulit dijelaskan. Makhluk-makhluk mitos tersebut sering disebut sebagai Cryptid. Meskipun dilaporkan telah terlihat oleh beberapa orang, bukti nyata tentang keberadaan mereka masih belum dapat dipastikan. Bagaimanakah wujud makhluk mitos Indiana?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 16 halaman

Meshekenabek atau Monster Manitou

Manitou adalah sebuah danau yang awalnya terbentuk pada tahun 1827 berdasarkan perjanjian antara suku asli Amerika Potawatomi dan pemerintah Amerika Serikat. Sebagai bagian dari perjanjian tersebut, mereka membangun bendungan baru yang menggenangi wilayah dengan sekitar lima danau kecil, kemudian menyatukannya menjadi Danau Manitou. Namun, ketika pembangunan bendungan baru dilakukan, beberapa pekerja melaporkan pengamatan makhluk yang tidak biasa berenang di perairan danau. Makhluk ini dikenal sebagai Meshekenabek atau Monster Manitou, berupa ular raksasa dengan panjang sekitar 60 kaki, berwarna abu-abu dengan corak kekuningan, dan memiliki kepala menyerupai kuda atau sapi. Dengan luas mencapai 775 hektar, Danau Manitou tentu saja memiliki ukuran yang cukup besar untuk menyimpan legenda tentang makhluk tersebut.

3 dari 16 halaman

Binatang Busco

Salah satu cryptid yang terkenal di Indiana adalah Beast of Busco, yang diduga tinggal di sebuah danau dekat Churubusco. Pada tahun 1898, Oscar Fulk, seorang petani pemilik tanah di sana, mengklaim telah melihat seekor penyu raksasa di perairan danau. Kemudian, pada tahun 1948, Ora Blue dan Charley Wilson sedang memancing di danau ketika mereka juga melihat binatang kura-kura raksasa yang, menurut mereka, memiliki berat setidaknya 500 pon. Pemilik tanah yang baru, Gale Harris, juga mengaku melihat makhluk aneh tersebut dan berusaha menangkapnya beberapa kali, tetapi tidak berhasil. Pada suatu waktu, ia bahkan mencoba mengalirkan air dari danau ke daerah yang berdekatan dengan bendungan, tetapi bendungan itu rusak sebelum dia bisa menyelesaikannya. Saat ini, makhluk legendaris itu dikenal sebagai Binatang Busco di Churubusco.

4 dari 16 halaman

Manusia Serigala dari Versailles

Selama Perang Saudara Amerika, sebuah kelompok Konfederasi yang dikenal sebagai "Morgan's Raiders" menyebabkan kekacauan di Indiana dan Ohio. Salah satu anggota kelompok tersebut, Silas Shimmer Horn, memutuskan untuk meninggalkan mereka dan bersembunyi di sebuah gua dekat Versailles. Namun, Shimmer Horn segera menemukan bahwa gua itu telah dihuni oleh sekelompok serigala. Menurut legenda, dengan cara yang tak terjelaskan, ia berhasil membuat kesepakatan dengan kawanan serigala dan akhirnya diizinkan tinggal bersama mereka di gua tersebut. Para petani setempat mulai melaporkan penampakan "Manusia Serigala dari Versailles" bersama dengan kawanan serigalanya. Mereka berusaha menangkapnya dan berhasil menemukan jalan menuju gua. Namun, ketika mereka masuk, yang mereka temukan hanyalah sebuah senapan yang diukir dengan simbol SS, tergeletak di dekat tempat tidur jerami.

5 dari 16 halaman

Binatang Cakar Hijau

Pada tahun 1955, Naomi Johnson tengah berenang di tepi Sungai Ohio ketika tiba-tiba sesuatu yang berbulu menyerang kakinya, menariknya ke bawah air beberapa kali. Beruntungnya, seorang teman yang berada di dekatnya membantunya keluar dari air, tetapi kakinya tergores dari lutut ke bawah dan terdapat noda aneh berwarna kehijauan. Menurut cerita, seorang kolonel Angkatan Udara AS datang menemui Johnson setelah kejadian aneh tersebut. Setelah Johnson menceritakan kisahnya kepada sang kolonel, ia disuruh untuk tidak lagi membicarakan peristiwa tersebut.

6 dari 16 halaman

Monster Crawfordsville

Pada tahun 1891, beberapa pengantar es sedang menjalankan aktivitas rutin mereka saat tiba-tiba mereka melihat suatu penampakan mengerikan terbang di atas mereka. Kejadian tersebut kemudian dilaporkan dalam Crawfordsville Daily Journal pada tanggal 5 September 1891. Menurut laporan mereka, makhluk tersebut memiliki panjang sekitar 18 kaki dan lebar 18 kaki. Pengantar es menyatakan bahwa hewan itu berwarna putih bersih dan tidak memiliki bentuk yang jelas. Makhluk tersebut juga terlihat menderita dan menggeliat-geliat dengan frekuensi yang tinggi. Dua saksi tambahan kemudian menelusuri makhluk tersebut dan melaporkan bahwa sebenarnya itu adalah kawanan beberapa ratus rusa pembunuh. Meskipun demikian, banyak penduduk di Indiana masih memperbincangkan cerita tentang makhluk misterius Crawfordsville hingga saat ini.

7 dari 16 halaman

Pukwudgie

Pukwudgie Indiana berasal dari legenda masyarakat adat setempat, seperti Lenape, dan menyebar melalui penjajah Eropa. Pukwudgie adalah makhluk aneh yang tingginya hanya 3 kaki. Beberapa menggambarkan mereka mirip dengan kurcaci atau goblin, sering kali dengan ciri-ciri yang tidak proporsional. Mereka dikatakan mampu berubah menjadi berbagai macam binatang dan suka mengganggu manusia.

8 dari 16 halaman

Monster Daerah Pike

Pada tahun 1970-an, warga Indiana melaporkan keberadaan makhluk misterius baru di negara bagian mereka: Monster Pike County. Makhluk ini memiliki tinggi setidaknya 10 kaki, mata yang bersinar menakutkan, dan tubuh yang ditutupi rambut panjang. Mereka mengklaim bahwa aroma busuk yang kuat akan tercium bahkan sebelum melihatnya. Monster Pike County terkenal karena bau busuk yang menyengat dan jeritan mengerikan yang mereka keluarkan. Pada tahun 1973, Ny. Cora Slinker melaporkan bahwa makhluk tersebut memiliki kaki yang sangat besar, melebihi ukuran kaki manusia, dan setiap kali anjing mencoba mengejarnya, makhluk itu menghilang.

9 dari 16 halaman

Mill Race Monster

Pada tanggal 1 November 1974, dua kelompok orang yang berbeda melaporkan kepada polisi tentang keberadaan makhluk aneh yang berkeliaran di Mill Race Park. Mereka menggambarkan makhluk itu memiliki tinggi sekitar 7 kaki, tubuhnya berwarna hijau dengan bulu-bulu yang menonjol, dan terlihat seperti menetes. Makhluk ini kemudian dikenal sebagai Mill Race Monster dan memicu salah satu perburuan monster terbesar di Amerika. Orang-orang dari seluruh negeri berdatangan ke Mill Race Park untuk mencari makhluk tersebut. Faktanya, jumlah mereka begitu besar sehingga penegak hukum setempat harus menutup dan menjaga taman pada malam hari untuk mencegah adanya pemburu monster.

10 dari 16 halaman

Putri Duyung Lumpur

Meskipun Indiana mungkin bukan negara bagian yang dikenal dengan perairannya, namun bukan berarti makhluk laut tidak sesekali muncul di sana. Pada tahun 1894, beberapa saksi melaporkan adanya dua putri duyung yang muncul di gundukan pasir di sepanjang Sungai Ohio dekat Vevay. Laporan dari Cincinnati Enquirer menyebutkan bahwa makhluk-makhluk tersebut berwarna kekuningan dan tidak memiliki rambut. Mereka kemudian dikenal sebagai Putri Duyung Lumpur, yang ditandai dengan adanya cakar tajam di tangan mereka yang berselaput.

11 dari 16 halaman

Makhluk Crosley

Cerita rakyat menggambarkan makhluk yang disebut Crosley sebagai makhluk setengah manusia dan setengah hewan. Makhluk ini berdiri tegak dengan dua kaki di punggungnya seperti manusia, namun menggunakan keempat kakinya ketika berlari. Crosley mirip dengan Bigfoot, dengan tinggi setidaknya 7 kaki, mata bersinar, dan rambut panjang yang kusam. Salah satu penampakan Crosley yang paling baru terjadi pada tahun 2006, ketika empat anak laki-laki sedang berkemah di Suaka Margasatwa. Mereka melihat makhluk Crosley saat mendengar sesuatu mendekati kamp mereka. Makhluk besar itu muncul dari pepohonan dan melompat ke arah mereka. Setelah mengejar anak-anak sampai ke jalan, Crosley kemudian berbalik dan menghilang kembali ke dalam hutan.

12 dari 16 halaman

Apa Wendigo Itu Nyata?

Wendigo merupakan mitos yang berasal dari suku Indian Algonquin, suku asli Amerika yang tinggal di sepanjang kawasan hutan Sungai Ottawa.

 

13 dari 16 halaman

Apa yang Dimaksud Dengan Ular Falak?

Ular falak merupakan salah satu makhluk yang terkenal di mitologi Arab. Dalam dongeng Seribu Satu Malam (Arabian Nights), ular falak adalah ular raksasa yang juga dianggap sebagai monster. Dikatakan ular ini bentuknya begitu besar dan bisa memakan semua isi bumi.

14 dari 16 halaman

Berapa Tinggi Wendigo?

Banyak yang meyakini rupa Wendigo seperti makhluk setengah rusa-setengah manusia dengan tinggi sekitar 5 meter yang bungkuk ketika berjalan.

15 dari 16 halaman

Griffin MelambangkanAapa?

Griffin merupakan penggambaran makhluk yang paling berkuasa atas kedua hal tersebut dan dijuluki sebagai "Raja hewan buas dan penguasa udara". Di dalam tradisi masyarakat Mesopotamia, nama makhluk seperti ini tidak diketahui.

 

16 dari 16 halaman

Kepala Hydra Ada Berapa?

Hydra merupakan seekor Drakon dalam mitologi Yunani. Monster ini berbentuk ular atau naga yang memiliki sembilan buah kepala. Setiap salah satu kepalanya dipotong, maka kepala tersebut akan tumbuh/membentuk satu atau dua buah kepala yang baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.