Sukses

Cara Membuat Rebusan Daun Pepaya untuk Redakan Asam Lambung saat Ramadan

Selain bisa dijadikan sayur, daun pepaya ternyata berkhasiat untuk bantu mengatasi masalah asam lambung yang mungkin bisa terjadi saat berpuasa di bulan Ramadhan ini. Berikut penjelasan detailnya.

Liputan6.com, Jakarta Kondisi lambung yang cukup sensitif memang membuat kurang nyaman. Tidak sedikit pantangan makanan yang perlu diperhatikan agar masalah asam lambung, maag, ataupun GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) yang diderita tidak kambuh tiba-tiba.

Lebih tidak nyaman lagi jika harus bergantung dengan obat-obatan kimia sebagai solusi masalah lambung ketika kambuh. Mengapa kurang nyaman? Karena terkadang, ada beberapa orang yang memiliki riwayat intoleran terhadap kandungan tertentu dalam obat.

Dengan demikian, obat herbal dan alami menjadi pilihan yang dirasa jauh lebih aman. Contohnya, dengan memanfaatkan daun pepaya sebagai obat alami untuk mengatasi asam lambung. Tak perlu banyak mengonsumsi daunnya, cukup minum satu gelas air rebusannya saja. Meski rasanya akan pahit, namun setidaknya sifatnya lebih alami tanpa bahan-bahan kimia. 

Berikut beberapa manfaat daun pepaya dan cara membuat air rebusannya untuk bantu redakan asam lambung yang naik. Dirangkum dari berbagai sumber pada Kamis (14/3/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Manfaat Kesehatan Secara Umum

  • Membantu menurunkan Hipertensi

Menurut publikasi Journal Acta Veterinaria Indonesia, di dalam daun pepaya tinggi kandungan flavonoid dan kalium. Kedua senyawa inilah yang berpotensi membantu menurunkan kondisi darah tinggi.

  • Obat Alami Demam Berdarah

Ketika seseorang terkena DBD (Demam Berdarah Dengue), trombositnya akan menurun yang ditandai dengan gejala lemas dan demam tinggi. Dalam hal ini, daun pepaya bisa dikonsumsi guna membantu menaikkan trombosit karena daun menjari dengan cita rasa pahit ini memiliki kandungan carpine sebagai antivirus.

  • Mencegah Kanker

Mengutip dari sebuah studi dari Frontiers in Pharmacology, daun pepaya berpotensi mendukung proses pengobatan berbagai jenis kanker. Ini karena sifatnya yang sitotoksik mampu menghancurkan sel-sel kanker. 

3 dari 11 halaman

Manfaat Kecantikan

  • Membantu Mengatasi Jerawat

Dikutip dari salah satu sumber, daun pepaya dipercaya dapat membantu menyembuhkan jerawat karena salah satu fungsi enzim papain di dalamnya adalah sebagai exfoliant (mengangkat sel kulit mati).

  • Mencegah Penuaan

Daun pepaya juga diyakini bermanfaat untuk anti-aging karena tinggi kandungan asam amino. Senyawa inilah yang dipercaya dapat membantu mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan kulit. 

  • Menumbuhkan Rambut

Tak hanya untuk kulit, daun pepaya juga berguna untuk alternatif penumbuh rambut. Kandungan Phytochemical-nya mampu merangsang pertumbuhan akar rambut, mengatasi kulit kepala gatal, rontok, dan penipisan lapisan rambut.

4 dari 11 halaman

Manfaat Daun Pepaya untuk Asam Lambung

Baik untuk kesehatan, berikut daftar kandungan nutrisi dalam per 100 gram daun pepaya:

  • Energi: 87 kkal.
  • Air: 75,4 g.
  • Karbohidrat total: 11,9 g
  • Protein: 8 g
  • Lemak total: 2 g.
  • Serat pangan: 1,5 g.
  • Kalium: 926,6 mg.
  • Kalsium: 353 mg.
  • Vitamin C: 140 mg.
  • Fosfor: 63 mg.
  • Natrium: 4 mg
  • Vitamin B3: 1,8 mg
  • Seng: 1,5 mg
  • Besi: 0,8 mg.
  • Vitamin B2: 0,5 mg.
  • Vitamin B1: 0,15 mg
  • Beta karoten: 5409 mcg.
  • Tembaga: 200 mcg.
5 dari 11 halaman

Manfaat Daun Pepaya untuk Asam Lambung

1. Mengurangi Keasaman Lambung

Kandungan enzim papain dalam daun pepaya memiliki fungsi diantaranya untuk mengurangi tingkat keasaman lambung dan meredakan gejala asam lambung yang naik.

2. Mengurangi Peradangan Lambung

Daun pepaya bersifat anti-inflamasi sehingga berkhasiat untuk meredakan gejala asam lambung seperti rasa terbakar dan mulas.

3. Meningkatkan Getah Lambung

Produksi getah lambung yang meningkat akan berefek pada lancarnya proses pencernaan, seimbangnya PH lambung, dan meredakan gejala-gejala asam lambung naik.

4. Memperbaiki Mukosa Lambung

Konsumsi daun pepaya bisa membantu memperbaiki mukosa lambung sehingga membantu mempercepat proses penyembuhan.

6 dari 11 halaman

Cara Membuat Rebusan Daun Pepaya

Berikut ini cara mudah membuat air rebusan daun pepaya.

Bahan-bahan: 

  1. Daun pepaya
  2. 1-2 gelas air
  3. Gula atau madu (madu lebih disarankan)

 

Cara mengolah:

  1. Cuci bersih daun pepaya
  2. Potong-potong daun pepayaRebus selama 10-15 menit
  3. Angkat dan saring
  4. Tambahkan gula atau madu secukupnya
  5. Air rebusan daun pepaya siap dikonsumsi.
7 dari 11 halaman

Apakah Daun Pepaya Boleh Dikonsumsi Setiap Hari?

efek samping daun pepaya adalah potensi merusak saluran pencernaan. Bahaya ini dapat terjadi jika mengonsumsi daun Carica papaya dalam jumlah banyak.

8 dari 11 halaman

Berapa Kali Minum Air Rebusan Daun Pepaya?

Studi ilmiah menunjukkan bahwa ekstrak daun pepaya mengandung enzim papain yang dapat meningkatkan jumlah trombosit dalam tubuh. Untuk hasil yang cepat, minumlah 20-25 ml jus daunnya selama dua kali sehari selama seminggu.

9 dari 11 halaman

Batang Pepaya untuk Obat Apa?

Manfaat dari batang pepaya adalah untuk mendukung metabolisme tubuh, hal ini dikarenakan batang pepaya mengandung protein yang mampu meningkatkan penyerapan nutrisi dan melancarkan penyerapan sehingga metabolisme menjadi lebih lancar sehinggaakan lebih tahan terhadap penyakit.

10 dari 11 halaman

Benarkah Daun Pepaya Bisa Menghilangkan Flek Hitam di Wajah?

daun pepaya juga ampuh mengatasi flek hitam di wajah, baik pada pria maupun wanita.

11 dari 11 halaman

Apakah Daun Pepaya Bisa Meningkatkan Gula Darah?

Dikutip dari laman Healthline, daun pepaya sering digunakan dalam pengobatan tradisional Meksiko sebagai terapi alami untuk mengobati diabetes dan meningkatkan pengendalian gula darah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.