Sukses

Tidak Banyak yang Tahu, Ternyata Daun Murbei Diklaim Bisa Tekan Kadar Gula Darah

Tak hanya buahnya yang bisa dikonsumsi, ternyata daun Murbei juga kaya akan manfaat bagi kesehatan, loh! Berikut Penjelasannya.

Liputan6.com, Jakarta Tanaman murbei agaknya sudah tidak asing di Indonesia. Tanaman beri yang berasal Cina ini sudah banyak dibudidayakan di banyak wilayah seperti Eropa, Amerika, Afrika, dan Asia sendiri.

Buahnya yang kecil berwarna merah dan ungu gelap adalah ciri khas dari murbei yang sudah matang. Rasa buahnya yang sudah matang dapat bervariasi, ada yang asam maupun manis. Tanaman Morus atau Murbei termasuk dalam keluarga Moraceae dengan beberapa spesies, seperti murbei putih (M. alba), hitam (M. nigra), dan merah (M. rubra).

Selain buahnya, daun murbei ternyata telah lama dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional sebagai obat alami untuk berbagai kondisi. Kandungan baik dalam daun murbei juga cukup tinggi, contohnya polifenol antioksidan, vitamin C, lasium, seng, kalium, besi, fosfor, dan magnesium.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak daun murbei dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi tekanan darah dan kadar kolesterol tubuh. Ekstrak daun murbei juga mampu mengurangi peradangan dan aterosklerosis atau penumpukan plak pada arteri yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

Sebuah studi melibatkan 23 orang dengan kadar kolesterol tinggi diberi 280 miligram suplemen daun murbei sebanyak 3 kali sehari. Setelah mengkonsumsi suplemen daun murbei selama 12 minggu, kadar kolesterol jahat menurun sebesar 5,6 persen, sementara kolesterol baik meningkat sebesar 19,7 persen. 

Studi lain juga mencatat bahwa 10 orang dengan trigliserida tinggi yang mengonsumsi suplemen daun murbei yang mengandung 36 DNJ setiap hari mengalami penurunan rata-rata 50 mg/dL pada kadar penanda tersebut.

3 dari 11 halaman

2. Mengurangi Resiko Peradangan

Sejumlah riset telah membuktikan bahwa daun murbei memiliki kemampuan untuk mengatasi peradangan dan stres oksidatif, yang mana keduanya terkait dengan penyakit kronis.

Pada percobaan menggunakan tabung reaksi dengan sel darah putih manusia, juga terlihat bahwa teh dan ekstrak daun murbei dapat mengurangi tingkat protein inflamasi serta mengurangi kerusakan DNA secara signifikan yang disebabkan oleh stres oksidatif.

4 dari 11 halaman

3. Membantu Menurunkan Gula Darah dan Insulin

Daun murbei mengandung zat yang membantu melawan diabetes, salah satunya adalah deoksinojisimisin (DNJ) yang dapat menghambat penyerapan karbohidrat di usus.

Dalam sebuah studi, 37 orang dewasa mengkonsumsi maltodekstrin yang meningkatkan kadar gula darah mereka dengan cepat, dan diberi ekstrak daun murbei yang mengandung 5 persen DNJ.

Mereka yang mengonsumsi 250 atau 500 miligram ekstrak daun murbei ini menunjukkan peningkatan kadar insulin dan kadar gula darah yang lebih rendah.

5 dari 11 halaman

4. Baik untuk Otak

Senyawa kaempferol-3-O-glikosida dan kaempferol-3-O-(6-malonil) glikosida yang terdapat dalam daun murbei memiliki kemampuan untuk menghambat pembentukan protein di dalam otak.

Ekstrak metanol dari daun murbei memiliki sifat anti-dopaminergik yang berguna untuk membantu melawan beberapa gangguan psikologis.

Selain itu, ekstrak daun murbei juga mengandung Oxyresveratrol, suatu senyawa yang berperan sebagai penghambat tirosinase yang melindungi saraf dan memiliki efek penyembuhan pada stroke.

6 dari 11 halaman

5. Baik untuk Kulit

Kegiatan anti-tirosinase dari ramuan daun murbei efektif dalam mempercerah dan memberikan kecerahan pada kulit. Ketika sedang mengalami jerawat atau memiliki kulit berjerawat, penggunaan daun murbei dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Daun murbei dapat diminum dalam bentuk bubuk enzim untuk mendukung kesehatan mikrobioma kulit.

7 dari 11 halaman

Berapa Kali Minum Rebusan Daun Murbei?

Air hasil rebusan diminum dua kali dalam sehari, pagi dan sore hari. Jika digunakan untuk melawan radang kulit dan bisul, yakni bisa menggunakan satu genggam daun murbei yang sudah dicuci menggunakan air mengalir. Bahan alami ini lalu direbus menggunakan dua gelas air bersih.

8 dari 11 halaman

Apa Manfaat Teh Daun Murbei?

Teh ini merupakan herbal medicine yang berkhasiat menurunkan kadar gula darah penderita diabetes mellitus.

9 dari 11 halaman

Apakah Daun Murbei Bisa untuk Masker Wajah?

Rutin mengonsumsi daun murbei bisa membuatmu lebih awet muda. Kamu juga bisa mengaplikasikannya sebagai masker wajah, lho.

10 dari 11 halaman

Daun Murbei Mengandung Vitamin Apa?

Tidak hanya buahnya, daun murbei juga dikenal mengandung polifenol antioksidan, vitamin C, seng, kalsium, besi, kalium, fosfor, dan magnesium.

11 dari 11 halaman

Apakah Murbei Sama Dengan Mulberry?

Buah murbei (Morus sp.) adalah buah beri yang berasal dari pohon bernama Morus Alba. Dalam bahasa Inggris, buah ini dikenal dengan mulberry.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini