Sukses

Cara Konsumsi Buah Bit, Efektif Kendalikan Kadar Gula Darah

Buah bit yang memiliki bentuk mirip bawang merah ini dikenal memiliki manfaat untuk membantu mengendalikan kadar gula darah. Simak penjelasannya!

Liputan6.com, Jakarta Tanaman yang digolongkan dalam keluarga Amaranthaceae-Chenopodiaceae ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Mulia dari akar, daging buah, hingga daunnya memiliki khasiat yang melimpah untuk kesehatan.

Salah satunya, tanaman yang masih satu keluarga dengan lobak ini berkhasiat untuk mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Oleh karena itu, buah bit menjadi salah satu buah yang sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Berikut ini, dirangkum dari berbagai sumber, berbagai manfaat dan cara konsumsi buah bit untuk diabetes.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Kaya Kandungan Antioksidan

Kadar antioksidan yang tinggi akan sangat membantu mengurangi terjadinya komplikasi pada penderita diabetes. Sebagaimana studi yang diterbitkan oleh Pacific Journal of Tropical Medicine, buah bit menjadi sumber antioksidan yang baik seperti betalain sebagai anti-inflamasi dan anti-oksidatif.

3 dari 11 halaman

Memiliki Indeks Glikemik yang Rendah

Makanan rendah glikemik adalah jenis makanan yang memberikan sedikit pengaruh terhadap tingkat gula darah saat dikonsumsi. Bit, dengan indeks glikemiknya yang rendah, hanya sedikit mempengaruhi kadar gula darah seseorang. Konsumsi makanan yang memiliki indeks glikemik rendah karena dapat membantu memperlambat proses naiknya gula darah.

4 dari 11 halaman

Tinggi Kandungan Serat

Menurut data dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), serat memegang peranan penting dalam mengatur berat badan serta tingkat gula darah seseorang. Sumber serat makanan yang baik salah satunya adalah bit, yang bisa membantu memperlambat proses pencernaan dan penyerapan karbohidrat. Ahli menyatakan bahwa hal ini bisa berdampak positif pada pengendalian kadar gula darah yang lebih baik.

5 dari 11 halaman

Cara Konsumsi Buah Bit Untuk Mengendalikan Gula Darah

Pertama, buah bit dapat langsung dimakan mentah, seperti dicampur ke dalam salad misalnya. Bisa juga dimasak dengan cara dikukus agar nutrisinya tidak menguap. Kedua, memasak buah bit menjadi sup atau semur seperti memasak kentang atau pun lobak untuk disayur. Terakhir, bagi pecinta makanan matang, buah bit bisa dimasak dengan cara dipanggang. 

6 dari 11 halaman

Jumlah Konsumsi Harian Buah Bit yang Baik

Tak hanya makanan seperti fast food yang perlu dikonsumsi secukupnya, makanan yang dianggap  sehat pun akan tidak baik jika dikonsumsi secara berlebihan. 

Menurut ahli gizi, Ranglani, disarankan untuk mengonsumsi setengah cangkir bit matang atau mentah untuk setiap porsinya. Namun, kebutuhan setiap orang bisa berbeda-beda sehingga hal ini bisa disesuaikan dengan masing-masing individu.

7 dari 11 halaman

Rasa Buah Bit Itu Seperti Apa?

Rasa buah bit cenderung manis, membuatnya sangat cocok dijadikan olahan minuman segar.

8 dari 11 halaman

Dari Mana Asal Buah Bit?

Dikutip dari The Spruce Eats, bit berasal dari wilayah Mediterania. Dalam sejarah, masyarakat Yunani dan Romawi mulanya mengonsumsi bit sebagai obat-obatan.

9 dari 11 halaman

Apakah Buah Bit Bisa Menaikkan HB dengan Cepat?

Buah bit atau beetroot adalah salah satu buah lain yang juga baik dikonsumsi untuk meningkatkan kadar hemoglobin alias Hb dalam darah. 

10 dari 11 halaman

Apakah Buah Bit Mahal?

Anda bisa membelinya dengan harga yang cukup terjangkau karena harga buah bit sendiri terbilang murah.

11 dari 11 halaman

Kenapa Disebut Buah Bit?

Buah Bit atau beet merupakan bagian akar tunggang dari tanaman bit. Di Indonesia, tanaman ini dan bagian akarnya dikenal dengan nama “bit”. Namun, dalam bahasa Inggris, tanaman ini disebut sebagai “beets”, sementara bagian akarnya disebut “beetroot”.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini