Sukses

Semangka Memang Manis, Akankah Bisa Menaikkan Kadar Gula Darah?

Bisa dibilang rasa buah yang memiliki dua jenis warna, merah dan kuning, ini selalu manis. Namun apakah dengan begitu semangka mampu membantu meningkatkan gula darah? Begini penjelasannya.

Liputan6.com, Jakarta Makanan manis, baik olahan maupun buah-buahan secara alami, seringkali menjadi momok bagi para pengidap diabetes. Hal ini tentu karena kekhawatiran akan gula darah yang mungkin saja melonjak setelah mengkonsumsinya. Namun demikian, nyatanya tidak semua jenis makanan manis menjadi pantangan bagi pengidap diabetes.

Salah satu makanan manis yang terbilang aman untuk pengidap diabetes adalah semangka. Tentu hal ini selama dikonsumsi dalam batas wajar. Menurut penelitian, semangka memiliki skala indeks glikemik (GI) kisaran 72. GI sendiri digunakan untuk mengukur seberapa cepat gula dalam suatu makanan masuk aliran darah sehingga menyebabkan lonjakan gula darah dalam tubuh. 

Namun, tidak perlu terlalu khawatir untuk mengonsumsi buah berair satu ini. Menurut Defeat Diabetes Foundation, kadar air yang tinggi dalam semangka membuat per 120 gram nya mengandung glikemik rendah yang berada di angka 5. 

Meski begitu, mengkonsumsi semangka dalam bentuk jus tidak disarankan bagi yang memiliki kadar gula darah tinggi. Ini karena semangka yang di jus akan membuat kandungan glikemiknya menjadi lebih tinggi. 

Terlepas dari kandungan gula, banyak kandungan vitamin dan mineral dalam semangka. Dirangkum dari beberapa sumber pada Kamis (29/2/2024), berikut diantaranya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Vitamin A

Buah semangka kaya akan vitamin A yang bagus untuk menjaga kesehatan mata, fungsi jantung ginjal, dan paru-paru. Dilansir dari Departemen Pertanian, dijelaskan bahwa dalam satu irisan semangka seberan 286 gram terkandung 80 mikrogram (mcg) setara aktivitas retinol (RAE), yang merupakan ukuran asupan vitamin A.

3 dari 11 halaman

Vitamin C

Kandungan vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang bermanfaat, salah satunya, untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Disarankan mengkonsumsi 105,2 mg vitamin C per hari untuk pria dan 83,6 mg per hari untuk wanita. Satu potong semangka sendiri mengandung 23,2 mg vitamin C, yang memenuhi sekitar 30,7 persen dari kebutuhan harian vitamin C bagi wanita dan 25,6 persen bagi pria.

4 dari 11 halaman

Asam Amino

Buah semangka juga mengandung suatu jenis asam amino non esensial yang dikenal dengan citrulline. Studi pada tahun 2018 menunjukkan bahwa zat ini dapat berperan dalam meningkatkan tekanan darah serta memperbaiki kesehatan metabolisme.

5 dari 11 halaman

Kalium

Buah semangka juga dikenal bagus dikonsumsi penderita tekanan darah tinggi (hipertensi). Hal ini karena adanya kandungan kalium dalam buahnya yang dikenal mampu menurunkan tekanan darah dan menjaganya tetap normal.

6 dari 11 halaman

Serat

Semangka juga bisa dimanfaatkan sebagai cemilan diet atau untuk sekedar membantu menjaga berat badan. Kandungan air dan seratnya yang tinggi membuat rasa kenyang bertahan lebih lama sehingga dapat menekan rasa lapar.

7 dari 11 halaman

Apakah Semangka Mengandung Vitamin K?

Semangka Semangka mempunyai kandungan seperti serat, kalium, air, vitamin C, vitamin A (karetenoid), vitamin B6, vitamin K, licopein dan asam amino sitrulin yang berguna mengontrol tekanan darah.

8 dari 11 halaman

Apakah Buah Semangka Mengandung Zat Besi?

Semangka adalah buah yang mengandung zat besi tinggi sehingga bermanfaat dalam meningkatkan kadar hemoglobin di dalam tubuh. Di dalam semangka juga terdapat kandungan vitamin C yang mengoptimalkan penyerapan zat besi untuk produksi hemoglobin.

9 dari 11 halaman

Apa Manfaat dari Jus Semangka?

menghidrasi tubuh, kandungan air dan serat dalam jus semangka juga bisa melancarkan pencernaan.

10 dari 11 halaman

Baguskah semangka untuk ginjal?

Semangka adalah salah satu buah yang bisa berfungsi sebagai makanan penghancur batu ginjal. Semangka memiliki kadar air yang sangat tinggi sehingga bisa membantu menghancurkan batu ginjal yang ada di dalam saluran kemih dan keluar melalui urine.

11 dari 11 halaman

Apa Manfaat Buah Semangka untuk wajah?

Manfaat kulit semangka lainnya adalah mampu melawan peradangan dan menenangkan kulit yang teriritasi. Kulit semangka mengandung komponen anti inflamasi yang bermanfaat bagi kesehatan kulit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini