Sukses

Kenali 5 Tanda Seseorang Cemburu Padamu

Berikut ialah tanda-tanda seseorang cemburu terhadap Anda, kecemburuan ini dapat terlihat ketika seseorang melakukan hal yang tak menyenangkan pada Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Kecemburuan menjadi emosi alami individu. Perasaan ini bisa timbul dalam berbagai konteks, mulai dari masalah dalam percintaan, persaingan dalam pekerjaan, hingga lingkungan sosial.

Perasaan cemburu bisa muncul tiba-tiba, merayap perlahan, atau bahkan bersifat kronis dalam hubungan seseorang. Kecemburuan bisa dipicu oleh banyak hal, seperti rasa tidak aman, ketidakpastian, atau bahkan kesalahpahaman. Saat seseorang merasa cemburu, mereka mungkin merasakan campuran emosi seperti kesedihan, marah dan ketakutan.

"Kecemburuan, ketakutan, rasa tidak aman dan membandingkan diri dengan orang lain, diam-diam menyerang hati dan pikiran kita," ucap Joel Frank, PsyD, seorang psikolog klinis berlisensi dan neuropsikolog di Duality Psychological Services.

"Ini memicu aksi destruktif yang dapat mengikis kepercayaan dan keintiman dalam hubungan. Contohnya dalam persahabatan, itu dapat bermanifestasi sebagai kebencian, ketika seorang teman mencapai sesuatu yang kita dambakan. Dalam keluarga, adanya persaingan di antara sesama saudara contohnya, hal ini bisa mengurangi rasa kasih sayang yang seharusnya itu harus ada dalam keluarga.”

Kecemburuan bisa menimbulkan hal-hal negatif, oleh karena itu, penting bagi siapapun untuk mengelola dan memahami perasaan cemburu mereka dengan cara yang sehat, seperti berkomunikasi terbuka dengan pasangan atau mencari bantuan dari profesional jika diperlukan.

Berikut beberapa tanda seseorang cemburu terhadap Anda, seperti dilansir dari BestLife, Rabu (21/2/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Terus-menerus membicarakan kekuranganmu

Mencoba untuk tenang dan tidak tersinggung dikala saudara kandung, teman kerja, ataupun orang lain mengkritik dan membicarakan kekuranganmu adalah hal yang baik. Karena kadangkala mereka yang menyoroti kekuranganmu, hanya ingin merasa lebih hebat dihadapanmu.

Dikala mereka kritis dan terfokuskan terhadap kesalahanmu bahkan sampai kesalahan kecil mereka ungkit, itu bisa jadi tanda kecemburuan terhadapmu. Perilaku ini sering berasal dari konflik batin mereka, serta perasaan kurang percaya diri saat mereka membandingkan perjalanan hidupnya denganmu.

3 dari 6 halaman

2. Tidak memberikan dukungan ataupun rasa kasih sayang kepadamu

Kecemburuan merupakan salah satu alasan seseorang tidak memberikan dukungan atau rasa kasih sayang terhadapmu. Mereka yang merasa cemburu akan menjauhi dirimu dikarenakan mereka merasa berhak memiliki apa yang Anda miliki.

Sikap menjauh merupakan manifestasi dari perjuangan mereka untuk merasa tenang, mereka merasakan bahwa suatu hal yang Anda telah capai adalah suatu hal yang mereka berhak miliki juga.

Daniel Rinaldi, seorang terapis, dan pendiri dari Mind Noise, menambahkan bahwa orang seringkali menjaga jarak ketika rasa cemburu mereka telah menimbulkan kebencian.

4 dari 6 halaman

3. Meremehkan keberhasilanmu

Deborah Gilman, seorang psikolog berlisensi dan pemilik Fox Chapel Psychological Services, mencatat bahwa orang yang cemburu berusaha akan meremehkan kesuksesanmu untuk mempertahankan rasa superioritas.

Berbeda dengan orang selalu percaya diri, mereka akan mampu mengakui keberhasilanmu. Jadi, jika ada seseorang dalam hidup Anda terus-menerus meremehkan pencapaianmu, itu adalah tanda bahwa mereka cemburu padamu.

Mereka mengaitkan pencapaianmu dengan keberuntungan semata, bukan hasil kerja keras. Atau mereka mungkin menyiratkan bahwa apa yang Anda lakukan adalah hal yang mudah dicapai.

5 dari 6 halaman

4. Memberikan pujian palsu

Ada istilah Backhanded Compliment, artinya sebuah pujian yang menyiratkan bahwa pujian tersebut sebenarnya bukan pujian sama sekali. Ataupun sindiran yang disisipkan dalam sebuah pujian. Contohnya seseorang mengatakan kepada Anda, “Terimakasih atas kerjasamanya, tapi tanpamu juga itu engga masalah kok.”

Pujian yang diberikan secara terselubung membuat mereka terlihat suportif, tetapi hal itu justru meremehkan Anda. Ini sebagai pelampiasan pasif-agresif atas kecemburuan mereka.

Seringkali komentar-komentar ini sebagai upaya untuk melucu. Dan apabila Anda memberikan tanggapan ekspresi kecewa, mereka akan mengklaim bahwa Anda "terlalu sensitif" atau "tidak bisa menerima lelucon.”

6 dari 6 halaman

5. Merasa harus mengungguli Anda dalam hal apa pun

Perhatikan bagaimana orang-orang merespons ketika Anda berbagi cerita tentang hal-hal positif dalam hidupmu. Jika Anda memberi tahu seseorang bahwa Anda mendapatkan kenaikan gaji di tempat kerja, apakah mereka menjawab bahwa mereka akan mendapatkan lebih banyak uang?

Ini merupakan respons yang bersifat satu arah, di mana ketika Anda memberikan kabar baik, mereka akan meresponnya dengan memberikan kabar yang lebih baik. Yang dimana, pada akhirnya orang yang terus-menerus berusaha mengalahkan kabar baik yang Anda berikan, kemungkinan besar mereka cemburu padamu.

Mereka melakukan ini untuk mematuhi ego mereka dan mereka merasa tidak ingin direndahkan olehmu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.