Sukses

Ingin Menurunkan Berat Badan Bersama Pasangan? Ini 5 Tips yang Bisa Diterapkan

Dari meal prep hingga olahraga, berikut lima tips menurunkan berat badan berdua dengan pasangan untuk mencapai tujuan sehat bersama-sama.

Liputan6.com, Jakarta - Sudah melakukan berbagai cara penurunan berat badan tapi masih belum juga terwujud? Bisa jadi Anda belum menemukan teman yang suportif saja.

Apalagi rasanya tidak ada yang lebih baik untuk diajak berkerja sama untuk merencanakan sesuatunya selain bersama pasangan, bukan? Terlebih ada pepatah yang mengatakan, "Couples who eat healthy together, slay together", maka sebuah komitmen untuk berbagi gaya hidup yang sehat bisa menjadi tujuan bersama sebagai sebuah tim.

Meskipun media sosial dan aplikasi kesehatan memberikan banyak pilihan, ada sesuatu yang sangat menarik jika Anda melakukannya berdua. Di luar manfaat fisik, upaya bersamalah yang memicu percikan dalam hubungan, menjadikannya petualangan yang mendebarkan menuju kesejahteraan bersama.

Seperti dilansir dari Hindustan Times, Senin (19/2/2024),  Mehakdeep Singh, Dietitian, Co-Founder, dan CMO, Fitelo, membagikan lima tips menurunkan berat badan secara efektif yang akan membantu Anda dan pasangan mencapai tujuan kesehatan bersama. Berikut ini caranya:

1. Tetapkan Tujuan yang Realistis Bersama

Sebelum memulai program penurunan berat badan apa pun, duduklah bersama pasangan Anda dan diskusikan tujuan Anda. Tetapkan tujuan yang realistis dan dapat dicapai yang sesuai dengan gaya hidup dan jadwal Anda.

Baik Anda mencoba menurunkan berat badan atau mengubah kebiasaan makan, pastikan tujuan Anda tepat, terukur, dapat dicapai, relevan, dan terikat waktu. Anda juga dapat memilih rencana penurunan berat badan kelompok atau keluarga yang akan membantu menetapkan tujuan keseluruhan perjalanan penurunan berat badan Anda bersama pasangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Menyiapkan Meal Prep

Selain berolahraga, Anda tentu tahu kalau diet juga menjadi salah satu hal yang cukup penting. Sebab, bisa dibilang mengendalikan apa yang dimakan bisa menjadi elemen utama yang mempengaruhi penurunan berat badan.

Nah, daripada mengandalkan makanan cepat saji yang tidak sehat, jadikan meal prep sebagai aktivitas yang bisa dilakukan bersama. Rencanakan apa yang akan dimakan selama seminggu ke depan dengan pergi berbelanja bersama, dan habiskan waktu menyiapkan makanan sehat.

Hal ini tidak hanya mendorong kebiasaan makan yang lebih sehat, tetapi juga meningkatkan persahabatan Anda saat Anda bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Bereksperimenlah dengan resep baru, cobalah masakan lain, dan buatlah makanan menyenangkan dan bermanfaat bagi Anda berdua.

3 dari 4 halaman

3. Tetap Aktif Bersama-sama

Aktivitas fisik sangat penting untuk menurunkan berat badan dan kesehatan secara keseluruhan. Temukan aktivitas yang Anda berdua sukai dan masukkan ke dalam rutinitas harian. Baik berjalan-jalan atau jogging di taman, mengikuti kelas kebugaran bersama, atau menari di ruang tamu, tetap aktif berpasangan membuat olahraga lebih menyenangkan dan menginspirasi.

Selain itu, pastikan Anda menjaga kebersihan rumah bersama-sama. Hindari menyimpan banyak makanan ringan yang menggoda dan saling memotivasi untuk menerapkan kebiasaan yang lebih sehat.

4. Saling Mendukung Satu Sama Lain

Perjalanan penurunan berat badan sering kali disertai dengan tantangan dan kemunduran. Sangat penting untuk saling mendukung selama masa-masa ini dan merayakan kesuksesan Anda bersama.

Jadilah pemandu sorak bagi satu sama lain, berikan kata-kata penyemangat, dan berikan dukungan emosional bila diperlukan. Putuskan satu hari cheat day di mana Anda dapat menikmati makanan favorit Anda, memperkuat gagasan untuk memberi penghargaan pada diri sendiri dalam perjalanan kebugaran Anda.

4 dari 4 halaman

5. Berkomunikasi Secara Terbuka dan Jujur

Komunikasi yang efektif adalah kunci keberhasilan hubungan, termasuk perjalanan kesehatan dan kebugaran Anda. Bersikaplah terbuka dan jujur satu sama lain tentang perjuangan, godaan, dan pencapaian Anda.

Diskusikan kekhawatiran atau hambatan apa pun yang mungkin timbul dan bekerja sama untuk mencari solusi. Dengan menjaga jalur komunikasi terbuka, Anda akan membangun kepercayaan, memperdalam hubungan, dan mengatasi hambatan dengan lebih efektif sebagai pasangan.

Singkatnya, memulai perjalanan penurunan berat badan bersama bisa menjadi pengalaman yang bermanfaat dan memuaskan bagi pasangan. Ingatlah bahwa ini bukan hanya tentang mencapai angka tertentu dalam skala.

Ini tentang mengembangkan gaya hidup yang lebih sehat dan menciptakan kebiasaan jangka panjang yang akan bermanfaat bagi Anda berdua selama bertahun-tahun yang akan datang. Jadi, kenakan sepatu kets Anda, ambil daftar belanjaan, dan mulailah perjalanan menuju kesehatan yang lebih baik bersama-sama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.