Sukses

5 Cara Memanfaatkan Kunyit untuk Kesehatan Tubuh

Dikemas dengan kurkumin, senyawa aktifnya, kunyit memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat berkontribusi pada kesehatan secara keseluruhan.

Liputan6.com, Jakarta - Kunyit menjadi salah satu rempah yang banyak digunakan masyarakat untuk berbagai kudapan. Selain itu, rempah kuning ini juga dikenal karena berbagai manfaat kesehatannya.

Dikemas dengan kurkumin, senyawa aktifnya, kunyit memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat berkontribusi pada kesehatan secara keseluruhan.

Untuk memanfaatkan secara maksimal dari rempah-rempah ini, berikut bebetapa cara efektif untuk memasukkan kunyit ke dalam rutinitas harianmu, seperti melansir dari Times of India, Rabu (7/2/2024). 

1. Kunyit dan Lada 

Salah satu tantangan utama kunyit adalah terbatasnya bioavailabilitas senyawa aktifnya, kurkumin. Namun, menambahkan sejumput lada hitam ke dalam makanan kaya kunyit dapat meningkatkan penyerapan secara signifikan. 

Piperine, senyawa aktif dalam lada hitam, meningkatkan bioavailabilitas kurkumin dengan menghambat metabolisme cepatnya di hati.

2. Teh Kunyit

Salah satu cara untuk menuju kesehatan yang lebih baik yakni dengan mengonsumsi teh kunyit. Anda bisa menambahkan sepotong akar kunyit ke dalam tehmu. 

Teh kunyit merupakan minuman menyegarkan dan kaya antioksidan yang dapat dinikmati sepanjang hari. Seduh satu inci akar kunyit atau ¼ sendok teh bubuk kunyit dalam air panas dan tambahkan sedikit lemon dan madu untuk menambah rasa.

Teh ini memberikan detoksifikasi yang lembut, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan membantu melawan peradangan.

3. Menyertainya dengan makanan berlemak

Manfaatkan kunyit semaksimal mungkin dengan mengonsumsinya bersama makanan berlemak, seperti telur dan ikan. Hal ini disebabkan adanya zat yang disebut lesitin di dalamnya. Lesitin membantu penyerapan kunyit oleh tubuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Kunyit dalam Masakan

Cara termudah untuk menyerap kunyit adalah dengan mengonsumsinya saat makan. Makanan terbaik untuk dipadukan dengan kunyit adalah makanan yang dimasak dengan minyak nabati, seperti kelapa atau zaitun. 

Masukkan makanan Anda dengan kebaikan kunyit dengan memasukkannya ke dalam masakan Anda. Dari sup dan semur hingga kari dan tumisan, kunyit menambah rasa hangat dan bersahaja pada masakan.

Anda bisa memasukkan kunyit dalam masakan seperti sup, semur, tumisan hingga kari. Kunyit juga bisa menambah rasa hangat dan membuat makanan lebih sedap.

3 dari 3 halaman

5. Susu Kunyit

Menurut Dr. Archana Batra, Ahli Gizi, dan Pendidik Diabetes Bersertifikat, cara yang populer dan lezat untuk memasukkan kunyit ke dalam rutinitasmu adalah dengan menyiapkan susu emas.

"Kurkumin adalah nutrisi yang larut dalam lemak. Oleh karena itu, kandungan lemak pada susu memudahkan sintesisnya oleh tubuh," ucap Dr. Archana.

Minuman hangat ini menggabungkan kunyit dengan bahan-bahan yang meningkatkan kesehatan lainnya seperti susu (atau alternatif nabati), jahe, dan madu. Kombinasi bahan-bahan ini tidak hanya menciptakan ritual tidur yang menenangkan tetapi juga meningkatkan penyerapan kurkumin. Sifat anti-inflamasi kunyit dapat membantu meringankan nyeri sendi dan meningkatkan kualitas tidur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.