Sukses

Misteri Kamuflase Sotong, Strategi Penyamaran di Dasar Laut

Ilmuwan Max Planck dan Okinawa Institute meneliti kamuflase sotong. Dengan hasil penelitian mengenai sistem fleksibel, adaptif pada gerakan perilaku yang mengarah pada pencocokan latar belakang dalam ruang pola kulit sotong.

Liputan6.com, Jakarta Para peneliti dari Max Planck Institute for Brain Research dan Okinawa Institute of Science and Technology baru-baru ini melakukan penelitian menyeluruh terhadap fenomena kamuflase pada sotong biasa (Sepia officinalis), yang dikenal sebagai spesialis kamuflase.

Fokus utama penelitian ini tertuju pada perilaku gerakan yang mengarah pada kesesuaian dengan latar belakang dalam ruang pola kulit sotong. Dari hasil pengamatan yang diperoleh, terungkap bahwa sistem kamuflase pada sotong menunjukkan tingkat fleksibilitas yang sangat tinggi dan kemampuan adaptasi yang luar biasa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Pencocokan Pola Kamuflase

“Kamuflase Cephalopoda terdiri dari mencocokkan penampilan hewan dengan substratnya dan biasanya mengandung komponen 2D dan 3D,” kata penulis senior Dr. Gilles Laurent dari Max Planck Institute for Brain Research dan rekannya. 

Walaupun kedua elemen ini bersifat tekstural dalam konteks ini, istilah 'tekstur' seringkali diterapkan secara khusus untuk fitur 3D, yang dipengaruhi oleh kontraksi papila kulit.

Peneliti menonjolkan kajian terhadap fitur 2D dalam kamuflase dan oleh karena itu menyebutnya sebagai pola kulit, sementara prosesnya disebut sebagai pencocokan pola. Dalam situasi ini, pencocokan pola tidak melibatkan reproduksi tampilan substrat sebenarnya, melainkan terlibat dalam estimasi statistik yang dimulai secara visual dan pembuatan tampilan tersebut.

Proses pencocokan pola ini difokuskan pada aspek visual dan statistik guna menciptakan ilusi yang membingungkan. Dengan memahami lebih dalam aspek 2D dalam kamuflase, penelitian ini memberikan kontribusi yang signifikan untuk mengembangkan strategi baru dalam ilmu pengetahuan tekstur dan kamuflase, dengan potensi penerapan yang luas di berbagai bidang, termasuk teknologi dan desain.

3 dari 9 halaman

2. Naluri Otak Hewan

“Operasi canggih ini dilakukan secara naluriah oleh otak hewan yang berbeda dari kita lebih dari 550 juta tahun yang lalu, jauh sebelum otak besar ada.”  Proses pembuatan pola kulit 2D melibatkan keterlibatan sistem motorik yang mengatur ekspansi beberapa juta sel pigmen, atau kromatofora, yang tertanam di kulit hewan bersama dengan jenis sel khusus lainnya.

Dalam proses ini, ketergantungan pada kondisi ekspansi individu dari setiap kromatofora menjadi jelas, diatur oleh susunan otot radial yang mengendalikan ukuran kantung pigmen pusat. Kendali terhadap aktivitas ini dilakukan melalui satu hingga beberapa motoneuron, dendrit, dan somata yang terletak di otak pusat hewan. Dengan begitu, pengaturan yang kompleks ini menciptakan pola kulit yang mampu menyamar dengan efektif dan menunjukkan tingkat presisi dalam menanggapi lingkungan sekitarnya.

Dikarenakan itu, pembentukan pola kulit merupakan hasil dari koordinasi dan kontrol yang tepat dari puluhan ribu motoneuron oleh sistem yang menginterpretasi pemandangan visual yang kompleks.

4 dari 9 halaman

3. Proses Kamuflase pada Sotong

Dalam penelitian yang terkini, para peneliti mendalami perilaku kamuflase pada sotong dengan mengeksplorasi latar belakang alami dan buatan. Lebih dari 200.000 gambar terkumpul untuk memetakan perubahan warna pada resolusi sel tunggal.

Dari hasil penelitian, terungkap bahwa setiap pola sangat rinci, dan latar belakang yang sama dapat menghasilkan berbagai hasil. Proses kamuflase melibatkan umpan balik yang berkelanjutan dan merupakan hasil dari langkah-langkah koreksi kesalahan yang berurutan, menunjukkan tingkat adaptabilitas yang tinggi dan ketidakpastian dalam perkembangannya, kecuali selama proses blanching. Pada saat ini, cephalopoda berubah menjadi pucat sebagai respons terhadap ancaman.

Proses blanching, sebagai mekanisme pertahanan, diamati berlangsung dengan cepat dan langsung, dengan memori terhadap kamuflase awal yang muncul kembali setelah ancaman mereda. Penemuan ini memberikan wawasan berharga mengenai interaksi antara mekanisme kelangsungan hidup dan kompleksitas pencocokan warna pada tingkat sel, menunjukkan tingkat fleksibilitas yang luar biasa dalam merespons lingkungan oleh cephalopoda.

“Tidak seperti kamuflase, proses blanching dilakukan dengan cepat dan langsung, menunjukkan bahwa proses ini menggunakan sistem kontrol yang berbeda dan dapat diulang,” kata rekan penulis Dr. Dominic Evans, seorang rekan postdoctoral di Max Planck Institute for Brain Research. 

“Sotong sering kali melampaui pola kulit targetnya, berhenti sejenak, lalu kembali lagi,” kata penulis pertama Theodosia Woo, seorang mahasiswa pascasarjana di Max Planck Institute for Brain Research. 

“Dengan kata lain, sotong tidak hanya mendeteksi latar belakang dan langsung menuju ke pola tertentu, sebaliknya, kemungkinan besar mereka terus menerima masukan tentang pola kulitnya dan menggunakannya untuk menyesuaikan kamuflasenya.” 

“Bagaimana tepatnya mereka menerima umpan balik tersebut – apakah mereka menggunakan mata mereka, atau apakah mereka merasakan betapa berkontraksinya otot-otot di sekitar setiap kromatofor – kita belum tahu.” Studi ini dipublikasikan di jurnal Nature .

5 dari 9 halaman

Question and Answer

1. Apa perbedaan antara cumi dan sotong?

Perbedaan struktural antara keduanya terletak pada bentuk tubuh. Cumi memiliki tubuh yang lonjong dan sedikit pipih, sedangkan sotong lebih panjang dan berbentuk silindris, dengan tulang yang lebih pipih dan keras di dalamnya.

6 dari 9 halaman

2. Apakah ikan sotong dapat dikonsumsi?

Ikan sotong dapat dimakan, sebagaimana halnya cumi-cumi. Tinta gurita dan sotong juga aman untuk dikonsumsi oleh manusia. Meskipun rasanya netral, tinta cumi-cumi kaya akan kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

7 dari 9 halaman

3. Apakah sotong melakukan proses bertelur?

Sotong melakukan proses bertelur dengan menghasilkan sekitar 100-300 telur, sementara cumi-cumi mampu bertelur ribuan telur secara bersamaan. Cumi-cumi betina memiliki kontrol terhadap waktu pembuahan sel telurnya setelah menerima sperma dari cumi-cumi jantan.

8 dari 9 halaman

4. Di mana sotong biasanya hidup?

Sotong adalah binatang yang dapat ditemui di berbagai perairan, termasuk sungai, laut, dan danau.

9 dari 9 halaman

5. Apa makanan yang disukai sotong?

Sotong memiliki ragam menu makanan. Secara umum, mereka menyukai moluska, kerang, ikan, gurita, cacing, dan bahkan sotong lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.