Sukses

​​5 Manfaat Memelihara Anjing, Baik untuk Kesehatan Fisik hingga Mental

Mari kita lihat beberapa manfaat dari memelihara anjing, mulai dari baik untuk kesehatan fisik hingga mental.

Liputan6.com, Jakarta - Anjing sering disebut sebagai sahabat manusia. Kesetiaannya kepada manusia membuat anjing menjadi salah satu hewan yang banyak dipilih untuk dijadikan peliharaan

Kehadiran mereka yang menghibur dapat membuat seseorang merasa sangat bahagia dan puas. Memiliki seekor anjing bersama Anda setiap saat dapat memberi Anda perasaan memiliki sahabat di sisi Anda, baik di saat-saat baik dan buruk. 

Tidak hanya mereka setia, sahabat yang penuh kasih, tetapi mereka juga dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan. Mari kita lihat beberapa manfaat kesehatan dari memelihara anjing, dilansir dari Times of India berikut ini. 

1. Meningkatkan kesehatan mental

Memiliki seekor anjing dapat membantu meningkatkan kesehatan mental Anda dalam beberapa cara. Penelitian telah menunjukkan bahwa pemilik hewan peliharaan memiliki tingkat stres dan kecemasan yang lebih rendah daripada mereka yang tidak memiliki hewan peliharaan. 

Anjing juga dapat memberikan dukungan emosional dan persahabatan, yang dapat sangat bermanfaat bagi mereka yang tinggal sendiri. Selain itu, menghabiskan waktu bersama anjing dapat membantu mengurangi perasaan kesepian dan depresi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Meningkatkan aktivitas fisik

Memiliki anjing dapat membantu Anda tetap aktif. Anjing perlu dibawa jalan-jalan secara teratur, yang dapat membantu Anda mendapatkan jumlah aktivitas fisik harian yang disarankan. Selain itu, bermain dengan anjing Anda dapat membantu Anda tetap aktif dan membakar kalori. Jalan-jalan dengan anjing Anda bisa menjadi waktu yang meningkatkan ikatan Anda dengan anjing peliharaan Anda. 

3 dari 5 halaman

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Penelitian telah menunjukkan bahwa memelihara anjing dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh fakta bahwa pemilik anjing cenderung lebih aktif dan memiliki tingkat stres yang lebih rendah. Selain itu, memelihara anjing dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol Anda.

4 dari 5 halaman

4. Risiko alergi lebih rendah

Penelitian telah menunjukkan bahwa anak-anak yang tumbuh dengan seekor anjing di rumah lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami alergi. Ini mungkin karena gigi taring mereka dapat membantu mengurangi jumlah alergen di dalam rumah. Selain itu, paparan bulu hewan peliharaan atau serpihan kulit kecil dapat membantu anak mengembangkan sistem kekebalan yang lebih kuat.

5 dari 5 halaman

5. Interaksi sosial jauh lebih baik

Memiliki anjing juga dapat membantu Anda bertemu orang baru. Membawa anjing Anda jalan-jalan dapat memberi Anda kesempatan untuk bertemu dengan pemilik anjing lain dan memulai percakapan. Selain itu, memiliki anjing dapat membuat Anda lebih mudah didekati, yang dapat membantu Anda mendapatkan teman baru. Ini dapat meningkatkan kesehatan mental Anda karena Anda akan dikelilingi oleh orang-orang baru yang mungkin membuat Anda bahagia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.