Sukses

8 Manfaat Latihan Muay Thai, Seni Bela Diri yang Berasal dari Thailand

Berikut ini deretan manfaat jika Anda latihan Muay Thai, seni bela diri yang berasal dari negara Thailand.

Liputan6.com, Jakarta Muay Thai merupakan seni bela diri yang berakar kuat pada budaya Thailand. Akarnya terletak pada bentuk seni bela diri yang jauh lebih tua yang disebut Muay Boran, seni bertarung yang digunakan di medan perang oleh tentara Thailand. 

Sejak itu, zaman telah berubah, dan ini bukan lagi zaman perang. Seiring berjalannya waktu, seni bela diri pun mengadopsi tekniknya menjadi lebih berorientasi pada olahraga dan merupakan Muay Thai seperti yang kita kenal sekarang.

Karena ada banyak seni bela diri di luar sana, lantas apa yang membedakan Muay Thai dengan seni bela diri lain? Semua seni bela diri memperhatikan dan mengatasi berbagai area serangan dan pertahanan dengan mengembangkan teknik unik mereka.

Untuk menguasai dan menjalankan teknik ini, kembangkan kebugaran dan kemampuan fisik Anda. Kesehatan mental dan kejernihan tertentu diperlukan, apa pun seni bela diri yang Anda latih. Beberapa lebih menekankan hal ini dibandingkan dengan yang lain.

Lalu apa yang membuat Muay Thai berbeda? Perbedaan intinya adalah penggunaan 4 pasang anggota badan dibandingkan dengan 2 pasang anggota badan standar. Hal ini karena sebagian besar seni bela diri berfokus pada membangun keterampilan bertarung menggunakan tinju dan kaki. Sebaliknya, Muay Thai menggunakan 2 pasangan lagi secara merata, yaitu lutut dan siku.

Penambahan lutut dan siku memungkinkan Anda untuk menggunakan serangan jarak dekat, bersamaan dengan serangan jarak jauh dan menengah. Dan jika jaraknya terlalu dekat sehingga Anda merasa tidak nyaman, Anda bahkan dapat melakukan gerakan clinch, semacam gerakan grappling dalam Muay Thai. 

Seni bela diri Thailand ini juga mengharuskan Anda melakukan banyak serangan dan gerakan kombo berturut-turut. Hal ini membutuhkan landasan fisik yang kuat dan pengkondisian serta fokus mental yang super, yang membawa kebugaran Anda ke tingkat yang baru, pelatihan yang diperlukan untuk mencapai hal ini akan menghasilkan manfaat Muay Thai seperti yang disebutkan di bawah. Berikut ini deretan manfaat dari latihan Muay Thai dilansir dari laman Sinbimuaythai:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

8 Manfaat Latihan Muay Thai

1. Memperkuat Sistem Kardiovaskular Anda

Bahkan sebelum Anda memulai, sebaiknya pikirkan bahwa latihan Muay Thai akan sulit. Jauh sebelum Anda memulai latihan tempur sebenarnya, Anda harus meningkatkan tingkat kebugaran Anda. Dan karena gerakan Muay Thai melibatkan banyak serangan berturut-turut, hal pertama yang perlu Anda perkuat adalah sistem kardiovaskular Anda.

Anda akan mulai dengan rutinitas lompat tali, berlari, menendang, dan banyak lagi yang tiada habisnya. Tentu saja itu hanya pemanasan. Anda harus menebak bahwa jika itu sulit, latihan sebenarnya akan jauh lebih sulit. 

Latihan yang sangat melelahkan ini bertujuan untuk memastikan Anda dapat melakukan gerakan kombo dan serangan berturut-turut dengan benar dan tanpa merugikan diri sendiri! Jadi, kardio yang kuat adalah salah satu manfaat Muay Thai yang Anda peroleh.

2. Memperkuat Tubuh Bagian Bawah Anda

Pernah memperhatikan betis para petarung Muay Thai? Itu benar! Kaki yang kuat dan betis yang seksi menjadi salah satu keunggulan Muay Thai lainnya. Hal ini karena kaki memainkan peran penting dalam melakukan banyak gerakan Muay Thai. Itulah sebabnya seni bela diri ini memberikan penekanan ekstra pada gerak kaki dan pengkondisian kaki Anda.

Dengan melatih banyak tendangan Muay Thai berulang kali dan berbagai rutinitas latihan terkait, pada akhirnya Anda akan memperkuat otot-otot seluruh tubuh bagian bawah. Ini membantu Anda mengemas banyak kekuatan di balik tendangan Anda, mengubah kaki Anda menjadi senjata!

3. Meningkatkan Mobilitas Pinggul 

Mobilitas yang prima merupakan syarat vital dalam pertempuran. Namun, ini juga merupakan faktor penting dalam kebugaran jasmani. Namun, sering kali kita melihat orang-orang yang disebut ‘penggemar kebugaran’ tidak memberikan perhatian yang cukup terhadap mobilitas. Rutinitas kebugaran mereka seringkali hanya terfokus pada 1-2 bidang pergerakan.

Muay Thai, bagaimanapun, dengan banyaknya gerakan lutut dan siku, memastikan Anda terlatih dengan baik di ketiga bidang gerak. Hasilnya, peningkatan mobilitas pinggul menjadi salah satu manfaat Muay Thai yang Anda dapatkan.

3 dari 4 halaman

Deretan Manfaat Latihan Muay Thai Berikutnya

4. Memiliki Keseimbangan yang Kuat 

Banyak cedera yang disebabkan oleh keseimbangan yang buruk. Dalam pertempuran, keseimbangan yang buruk dapat menjadi pembeda antara kemenangan dan kekalahan. Bahkan dalam hal kesehatan fisik, keseimbangan yang buruk adalah tanda kebugaran yang buruk.

Sekarang, tentu saja, sebagai pelajar Muay Thai, keseimbangan yang buruk tidak dapat diterima. Anda memerlukan keseimbangan yang kokoh jika ingin gerakan Muay Thai Anda efektif dan tidak melukai diri sendiri. Dan benar saja, rutinitas latihan Thai Boxing akan memastikan Anda mengembangkan keseimbangan yang kuat dengan melatih semua jenis tendangan dan latihan terkait berulang kali!

5. Mendapatkan Otot Inti yang Kuat 

Mempraktikkan semua tendangan dan gerakan tersebut dengan pukulan berturut-turut berulang kali tidak hanya meningkatkan keseimbangan Anda, namun seiring berjalannya waktu, hal ini juga meningkatkan tingkat ketahanan Anda secara signifikan. Dan ini, pada gilirannya, adalah hasil dari perolehan otot inti yang kuat. Tendangan, gerakan rotasi, teknik bergulat, dan bahkan gerakan bertahan membantu meningkatkan kekuatan inti Anda.

Sekarang Anda mungkin memahami pentingnya kekuatan inti dalam hal kebugaran dan kekuatan menyerang. Tapi itu juga merupakan atribut yang cukup berguna untuk dimiliki saat membela diri. Oleh karena itu, memberikan pukulan yang kuat dan melakukan pukulan adalah salah satu dari banyak manfaat Muay Thai.

 

4 dari 4 halaman

Deretan Manfaat Latihan Muay Thai Lainnya

6. Memiliki Refleks yang Cepat

Ada baiknya Anda memiliki otot inti yang kuat dan mampu menerima satu atau dua pukulan. Dan Anda pasti akan menemukan diri Anda dalam situasi, mudah-mudahan, hanya dalam latihan, di mana pukulan dan tendangan terus datang, khususnya melawan petarung Muay Thai yang baik. 

Namun, tujuan mempelajari pelatihan tempur adalah untuk menghindari serangan apa pun. Dan dengan menjalani latihan keras yang berisi serangkaian pukulan dan tendangan, refleks Anda akan segera meningkat. Selain itu, dengan berdedikasi pada pelatihan Anda, Anda dapat mengembangkan refleks manusia super. Jadi, menghindari pukulan dan cedera lainnya, menggunakan refleks yang baik adalah manfaat luar biasa dari Muay Thai.

 7. Mengurangi Stres hingga Hilangkan Kecemasan  

Stres telah menjadi konsekuensi gaya hidup yang tidak dapat dihindari oleh kebanyakan orang saat ini. Namun tentunya Anda tidak bisa menghindari stres, seperti tekanan pekerjaan atau mungkin masalah di rumah. Ditambah lagi tekanan fisik yang harus ditanggung tubuh Anda sebagai akibat dari latihan fisik.

8. Meningkatkan Fokus dan Kesehatan Mental 

Untuk mempelajari dan melaksanakan berbagai gerakannya dengan benar, Anda perlu mempertahankan fokus penuh. Dengan Muay Thai, Anda akan belajar menjernihkan pikiran dari segala kebisingan dan mempertahankan tingkat konsentrasi yang tinggi. Dengan latihan seperti itu, Anda akan mengembangkan kejernihan mental dan fokus tingkat tinggi yang akan berguna tidak hanya dalam situasi pertempuran tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.