Sukses

8 Kebiasaan Ini Dapat Membuat Jantungmu Awet Muda

Berikut kebiasaan yang dapat membantu jantung awet muda

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda ingin meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan hanya dengan menargetkan satu hal, berfokus pada kesehatan jantung dapat memberikan manfaat maksimal. Bagaimanapun, penyakit jantung adalah salah satu penyebab kematian paling banyak di dunia baik bagi pria maupun wanita.

Meskipun risiko penyakit jantung setiap orang meningkat seiring berjalannya waktu, para ahli mengatakan kebiasaan tertentu dapat menyebabkan jantung Anda menua sebelum waktunya. Kalkulator usia jantung online dapat membantu Anda menentukan apakah kesehatan jantung Anda tidak sesuai dengan usia kronologis Anda, sehingga meningkatkan risiko komplikasi kardiovaskular yang serius. 

Jika jantung Anda menua lebih cepat dari usia Anda, Anda dapat mengatasinya dengan mengubah kebiasaan tertentu sehari-hari. Ingin tahu harus mulai dari mana? Berikut ini delapan nasihat terbaik dari ahli jantung yang dapat Anda terapkan. Dihimpun dari Bestlife, ini dia.

1. Memantau tekanan darah

Mengunjungi dokter atau ahli jantung untuk pemeriksaan rutin dapat membantu mengidentifikasi faktor risiko penyakit kardiovaskular seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan diabetes. Mengobati penyakit ini sejak dini akan membantu mencegah serangan jantung dan stroke, kata Stephen Tang, MD, ahli elektrofisiologi jantung bersertifikat di Pusat Kesehatan Providence Saint John di Santa Monica, California.

Namun di antara janji temu, ada baiknya untuk memantau tekanan darah Anda di rumah menggunakan manset tekanan darah.

“Catatan tekanan darah yang baik membantu pasien menjadi lebih sadar akan kesehatan mereka dan memberi tahu dokter kapan perlu menyesuaikan pengobatan mereka. Pemantauan rutin juga memberikan kesempatan bagi pasien untuk melakukan intervensi lebih awal dengan modifikasi gaya hidup,” ujar Cheng-Han Che, MD, ahli jantung intervensi bersertifikat dan direktur medis Program Jantung Struktural di MemorialCare Saddleback Medical Center di Laguna Hills, California.

“Diagnosis dan intervensi dini adalah cara terbaik untuk mencegah konsekuensi negatif jangka panjang,” tambahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Batasi atau berhenti konsumsi alkohol

Chen mengatakan bahwa cara lain untuk mencegah penuaan dini pada jantung adalah dengan membatasi asupan alkohol—atau menghentikannya sama sekali.

“Untuk waktu yang lama, konsensusnya adalah bahwa mungkin 'aman' untuk minum dalam jumlah sedang. Rekomendasi terbaru dari American Heart Association adalah membatasi konsumsi alkohol tidak lebih dari dua gelas sehari untuk pria atau satu gelas sehari untuk pria. wanita,' katanya pada Best Life.

“Namun, data yang lebih baru menunjukkan bahwa minum alkohol dalam jumlah berapa pun akan meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung atau stroke,” lanjut ahli jantung tersebut. 

"Karena itu, saya berharap rekomendasi medis kami mengenai konsumsi alkohol akan berubah di masa depan. Saya akan menasihati pasien bahwa jumlah asupan alkohol apa pun tidak dapat dianggap 'menyehatkan jantung'."

Tang mengatakan bahwa pesta minuman keras sangat berbahaya bagi kesehatan jantung: "Alkohol berlebihan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, gagal jantung, dan aritmia jantung."

3. Pilih pola makan yang menyehatkan jantung

Cara Anda makan juga dapat berdampak besar pada kesehatan jantung Anda. Tang merekomendasikan untuk tetap menjalankan diet Mediterania, yang telah terbukti menurunkan risiko kardiovaskular.

“Pilih pola makan nabati yang dikombinasikan dengan buah-buahan, biji-bijian, dan protein tanpa lemak seperti ayam atau ikan. Batasi asupan lemak jenuh dan gula,” sarannya.

 

3 dari 5 halaman

4. Jangan merokok dan hindari menjadi perokok pasif

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), bahan kimia dalam asap rokok dapat memicu berbagai kondisi kardiovaskular dengan menyebabkan pembengkakan dan peradangan pada sel-sel yang melapisi pembuluh darah. Ini termasuk aterosklerosis, penyakit jantung koroner, penyakit arteri perifer, aneurisma aorta, dan banyak lagi.

“Jangan merokok, dan jauhi perokok pasif. Kita sudah lama mengetahui bahwa merokok, khususnya bahan kimia dalam asap, sangat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke,” kata Chen.

5. Prioritaskan tidur

Kebiasaan penting sehari-hari lainnya yang akan menjaga kesehatan jantung adalah mengutamakan kualitas tidur yang baik. Anda dapat melakukannya dengan menjaga waktu tidur yang teratur, membuat kamar tidur Anda sejuk, gelap, tenang, dan kondusif untuk tidur, mematikan perangkat elektronik setidaknya satu jam sebelum waktu tidur, dan membatasi kafein sepanjang hari.

“Insomnia dan gangguan tidur lainnya seperti apnea tidur obstruktif dapat berdampak negatif terhadap kesehatan jantung melalui berbagai mekanisme seperti peningkatan aktivitas sistem saraf simpatik, disregulasi aktivitas sistem saraf otonom, dan peningkatan peradangan sistemik,” jelas Chen.

 

4 dari 5 halaman

6. Jaga kesehatan gigi Anda

Menyikat gigi, membersihkan gigi dengan benang, dan menggunakan obat kumur juga merupakan kebiasaan sehari-hari yang penting untuk menjaga jantung Anda tetap muda dan sehat, kata Chen.

“Menjaga kesehatan dan kebersihan gigi penting untuk menjaga kesehatan jantung. Ada hubungan kuat antara penyakit gusi (penyakit periodontal) dan kondisi jantung seperti aterosklerosis dan penyakit katup jantung,” ujarnya.

Ahli jantung menjelaskan bahwa bakteri penyebab penyakit gusi dapat bermigrasi ke aliran darah dan meningkatkan tingkat peradangan seluruh tubuh—termasuk di arteri koroner. “Hal ini dapat menyebabkan peningkatan risiko serangan jantung dan stroke,” dia memperingatkan.

7. Berolahraga secara teratur

Selanjutnya, Tang mengatakan Anda sebaiknya melakukan latihan kardiovaskular selama 30 menit hampir setiap hari dalam seminggu untuk menjaga jantung Anda tetap muda dan sehat. Ini dapat mencakup aktivitas aerobik apa pun yang meningkatkan detak jantung Anda, seperti jogging, bersepeda, atau berenang.

“Ini akan membantu meningkatkan kapasitas jantung Anda, mengurangi stres, dan menurunkan tekanan darah. Ini juga dapat membantu mengidentifikasi tanda-tanda peringatan dini penyakit jantung,” katanya.

American Heart Association dan American College of Sports Medicine menambahkan bahwa Anda dapat meningkatkan manfaatnya dengan juga mengintegrasikan pelatihan ketahanan seperti angkat beban sedang ke dalam rutinitas Anda.

 

5 dari 5 halaman

8. Merangkul teknologi

Terakhir, Tang merekomendasikan untuk menjadikan jam tangan pintar atau pelacak kebugaran sebagai bagian dari rencana kesehatan jantung harian Anda.

“Jam tangan pintar dapat membantu memantau detak jantung dan ritme, pola tidur, dan tingkat aktivitas harian Anda,” jelasnya. “Mereka memiliki alat yang dapat membantu Anda mencapai tujuan kebugaran, menjadwalkan pengobatan, dan membantu memfasilitasi meditasi atau latihan pernapasan. Data ini dapat digunakan untuk meningkatkan dan memandu Anda menuju gaya hidup sehat jantung.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.