Sukses

7 Hal yang Dilakukan Orang Paling Bahagia Setiap Akhir Pekan, Bisa Ditiru

Berikut hal-hal yang dilakukan orang bahagia di akhir pekan

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda menganggap kebahagiaan sebagai sebuah praktik, bukan sebuah keadaan yang harus dicapai secara permanen, Anda mungkin menemukan bahwa ada lebih banyak hal yang bisa dilakukan. Namun seperti praktik lainnya, dibutuhkan waktu dan fokus untuk membangun landasan kepuasan yang kuat. Itulah tepatnya yang membuat rencana akhir pekan Anda menjadi faktor penting dalam perasaan Anda sepanjang minggu.

Saat-saat libur panjang ini adalah kesempatan sempurna untuk mempraktikkan kebahagiaan dengan memprioritaskan hal-hal yang Anda sukai dan memaksimalkan pemulihan. Faktanya, terapis dan ahli kesehatan mental mengatakan beberapa kebiasaan akhir pekan adalah hal yang umum di antara orang-orang yang paling bahagia. 

Apa saja itu? Dihimpun dari Bestlife, ini dia.

1. Mereka mempraktikkan perawatan diri

Setelah minggu yang panjang dan sibuk, orang-orang yang paling bahagia mengetahui bahwa penting untuk menyediakan waktu untuk mempraktikkan perawatan diri. Ini bisa termasuk berolahraga, membaca buku, mandi, pergi ke bioskop, atau apa pun yang memulihkan energi dan mengisi cangkir Anda.

Bayu Prihandito, seorang life coach dan pendiri Life Architekture, mengatakan bahwa melatih mindfulness atau meditasi adalah metode perawatan diri yang sangat ampuh.

Mengawali Sabtu pagi Anda dengan meditasi, seperti latihan pernapasan dalam atau sekadar duduk diam selama 20 menit bisa cukup bermanfaat bagi kesehatan mental Anda. Tujuannya adalah menjernihkan pikiran, membumi, dan menetapkan suasana positif di akhir pekan. " katanya pada Best Life.

2. Mereka menghabiskan waktu berkualitas bersama orang yang mereka cintai

Setelah beberapa waktu "me time" yang berkualitas, orang-orang yang paling bahagia pasti juga terhubung dengan teman dan orang-orang terkasih. Prihandito menyarankan untuk melakukannya sambil makan santai, yang dapat menambah perasaan mewah dan pemulihan.

“Menikmati makan siang bersama beberapa teman dekat atau keluarga memungkinkan terjadinya percakapan yang lebih dalam dan bermakna daripada sekadar bersosialisasi. Ini membantu untuk saling mengejar ketinggalan dan menciptakan rasa kebersamaan dan kepemilikan,” katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Mereka membuat rencana untuk minggu depan

Jika Anda stres selama lima dari tujuh hari dalam seminggu, tidak peduli seberapa memulihkan akhir pekan Anda—Anda akan tetap merasa kesal. Itu sebabnya para ahli mengatakan orang yang paling bahagia biasanya menghabiskan sebagian dari akhir pekannya untuk merencanakan dan merampingkan minggu yang akan datang.

“Ini mungkin melibatkan penetapan tujuan, menyiapkan makanan, atau mengatur pekerjaan Anda,” jelas Prihandito.

“Dengan menghilangkan masa depan kita, kita merasa lebih tenang dan lebih siap untuk minggu depan,” kata Laurel Roberts-Meese, LMFT, terapis pernikahan dan keluarga berlisensi dan Direktur Klinis Laurel Therapy Collective. 

“Tetapi jangan menghabiskan seluruh akhir pekan dengan fokus pada masa depan. Kita juga harus menikmatinya saat ini.”

4. Mereka menghabiskan waktu dalam keadaan mengalir

Jika Anda ingin masuk dalam jajaran orang paling bahagia, Prihandito selanjutnya menyarankan untuk menempatkan diri Anda pada "keadaan mengalir". Ini adalah saat Anda benar-benar fokus pada satu tugas, membebaskan Anda dari semua kekhawatiran dan kewajiban lainnya.

Misalnya, “memasak atau membuat sesuatu yang spesial untuk keluarga Anda bisa menjadi hal yang mengasyikkan, menyenangkan, dan bersifat terapeutik,” sekaligus membuat Anda bersemangat, katanya. "Berada di saat ini, jauh dari stres dan kekhawatiran sehari-hari, Anda bisa menyiapkan dan berbagi makanan lezat dengan orang yang Anda cintai."

 

3 dari 4 halaman

5. Mereka mengeksplorasi hal-hal yang memberi mereka tujuan

Tidak ada aktivitas akhir pekan yang bisa membuat semua orang bahagia. Kuncinya, kata para ahli, adalah mencari tahu aktivitas mana yang memberi Anda tujuan—lalu buat rencana akhir pekan berdasarkan aktivitas tersebut.

“Jika Anda ingin menjadi lebih bahagia, mulailah dengan bertanya pada diri sendiri apakah Anda mengisi ulang tenaga sendiri atau bersama orang lain, atau keduanya. Kebanyakan dari kita membutuhkan perpaduan,” saran Roberts-Meese. 

“Dari sana, tanyakan pada diri Anda apa nilai-nilai Anda dan bagaimana Anda merasa lebih terhubung dan terpenuhi. Kapan terakhir kali Anda merasa benar-benar hidup dan terhubung?”

Pada akhirnya, Anda dapat memilih untuk fokus pada proyek kreatif, mengikuti pertandingan sepak bola, atau sekadar berjalan-jalan. Jika itu berarti bagi Anda, itu sepadan dengan waktu Anda.

6. Mereka keluar ke alam terbuka

Menghabiskan waktu di luar ruangan adalah aktivitas akhir pekan lainnya yang populer di kalangan orang paling bahagia. Hal ini bukan suatu kebetulan—waktu yang dihabiskan di alam sebenarnya bisa menjadi faktor utama yang menyebabkan prospek cerah mereka, menurut penelitian.

Faktanya, sebuah penelitian pada tahun 2023 mencatat bahwa “dibandingkan dengan kelompok kontrol, peserta yang ditugaskan untuk menghabiskan lebih banyak waktu di alam atau sekadar memperhatikan bagaimana alam sehari-hari yang ditemui dalam rutinitas sehari-hari membuat mereka merasa memiliki tingkat makna hidup yang lebih tinggi." 

Pada banyak orang, peningkatan perasaan bermakna ini berkontribusi pada peningkatan perasaan bahagia.

“Berjalan-jalan di alam di sepanjang jalan setapak atau di taman bisa sangat menyegarkan,” Prihandito sependapat. "Ini menawarkan kesempatan unik untuk benar-benar melepaskan diri dari hiruk pikuk kehidupan sehari-hari dan memusatkan diri pada momen saat ini."

 

4 dari 4 halaman

7. Mereka memberi ruang untuk spontanitas

Yang terakhir, orang-orang yang paling bahagia tidak merencanakan akhir pekannya secara terburu-buru—mereka menyisakan ruang untuk spontanitas.

"Kesibukan kadang-kadang merupakan tanda bahwa ada masalah yang lebih dalam terjadi atau mereka mencoba melarikan diri dari sesuatu dalam hidup mereka. Ini juga bisa menjadi tanda kecemasan jika Anda harus memiliki kendali atas setiap aspek akhir pekan Anda, dibandingkan membiarkannya terungkap di beberapa area bagaimana hal itu akan terjadi," jelas Heidi McBain, MA, LMFT, LPC, seorang terapis dan pelatih online. untuk para ibu dan calon ibu.

Rod Mitchell, MC, MSc, psikolog terdaftar di Emotions Therapy Calgary, menggambarkan hal ini sebagai "petualangan mikro", dan setuju bahwa hal ini dapat sangat bermanfaat bagi kebahagiaan Anda.

“Orang-orang bahagia sering kali memecahkan rutinitas yang monoton dengan memulai petualangan skala kecil,” dia berbagi. “Ini bisa berupa menjelajahi jalur pendakian baru, mencoba masakan baru, atau bahkan perjalanan darat secara spontan. Aktivitas ini memicu kegembiraan dan rasa baru.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini