Sukses

Cara Mengonsumsi Daun Kelor yang Efektif Menurunkan Berat Badan

Banyak individu menganggap daun kelor sebagai "pohon ajaib" karena banyak kegunaan dan manfaat kesehatan, salah satunya membantu menurunkan berat badan.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak individu menganggap tanaman kelor --atau dikenal sebagai Moringa oleifera sebagai "pohon ajaib" karena banyak kegunaan dan manfaat kesehatan, salah satunya membantu menurunkan berat badan.

Daun kelor, biji, kulit kayu, akar, getah dan bunganya telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional.

Daun kelor kaya akan vitamin, nutrisi, termasuk vitamin (A,C, dan E), mineral (kalsium, kalium dan zat besi) dan asam amino esensial. Per 100 gram daun kelor mengandung kurang lebih:

Protein: 27 gram

Lemak: 6 gram

Serat: 34 gram

Gula: 3 gram

Natrium: 1,361 mg

Kalsium: 173% dari nilai harian (DV)

Besi: 133% dari DV

Seng: 27% dari DV

Magnesium: 126% dari DV

Tembaga: 111% dari DV

Vitamin A: 176% dari DV

Kepadatan nutrisi ini menjadikannya tambahan yang berharga untuk pola makan yang menyeluruh, sehingga membantu menurunkan berat badan.

Untuk memperoleh manfaat tersebut, Anda bisa mengonsumsinya dengan menambahkannya ke dalam makanan atau minumanmu.

Berikut beberapa cara mengonsumsi daun kelor yang efektif untuk menurunkan berat badan, seperti melansir dari Healthline, Senin (18/12/2023).

1. Serbuk daun kelor

Karena keserbagunaannya, serbuk daun kelor merupakan pilihan yang populer. Rasanya pahit dan sedikit manis.

Anda bisa dengan mudah menambahkan bubuk ini ke dalam minuman shake, smoothie, dan yogurt untuk meningkatkan asupan nutrisimu.

2. Kapsul

Kapsul daun kelor mengandung bubuk daun yang dihaluskan atau ekstraknya.

Yang terbaik adalah memilih suplemen yang mengandung ekstrak daun karena proses ekstraksi meningkatkan ketersediaan hayati atau penyerapan komponen bermanfaat dari daun.

Anda bisa membedakan keduanya dengan membaca label fakta suplemen, yang akan menyatakan apakah produk tersebut mengandung daun bubuk atau bentuk ekstrak.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Teh

Daun kelor juga bisa dikonsumsi sebagai teh. Jika diinginkan, rempah-rempah--seperti kayu manis dan daun kemangi, bisa membantu mengimbangi rasa teh daun kelor murni yang sedikit bersahaja.

Secara alami bebas kafein, jadi Anda bisa mengonsumsonya sebagai minuman relaksasi sebelum tidur. Ini juga merupakan pilihan yang baik jika Anda sensitif terhadap efek kafein.

4. Langsung diolah

Anda bisa membuat sup dari daun kelor, atau menggorengnya dengan sedikit minyak, parutan kelapa dan cabai hijau.

Hanya butuh beberapa menit untuk menyiapkan resep sederhana dan enak dari daun kelor. Pastikan Anda mengeluarkan batang kecil dari daunnya sebelum dimasak.

3 dari 3 halaman

Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan

Kelor sangat kaya akan antioksidan sehat dan senyawa tanaman bioaktif. Tak heran jika tanaman ini telah dikenal karena manfaat kesehatannya selama ribuan tahun.

Oleh karena itu, ketahui beberapa manfaat daun kelor bagi kesehatan, seperti melansir dari Times of India, Minggu (17/12/2023).

1. Mengatur kadar gula darah

Kelor telah dikaitkan dengan peningkatan sensitivitas insulin, membantu mengatur kadar gula darah. Kadar gula darah yang stabil bisa mengurangi keinginan ngemil dan makan berlebih, sehingga meningkatkan berat badan yang lebih sehat.

2. Meningkatkan kesehatan usus

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kelor bisa membantu meningkatkan laju metabolisme, yang bisa berkontribusi pada manajemen berat badan.

Tingkat metabolisme yang lebih tinggi berarti tubuh membakar kalori dengan lebih efisien. Kandungan serat pada daun kelor bisa menyebabkan rasa kenyang. Makanan tinggi serat dapat membantu mengontrol nafsu makan, sehingga mengurangi kemungkinan makanan berlebihan.

Daun kelor mengandung senyawa dengan sifat anti- inflamasi dan antibakteri, yang bisa mendukung kesehatan sistem pencernaan. Saluran pencernaan yang berfungsi dengan baik penting untuk penyerapan nutrisi dan kesehatan secara keseluruhan.

3. Mengatur kadar kolesterol

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kelor bisa membantu menurunkan kadar kolesterol, terutama mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL). Menjaga kadar kolesterol yang sehat sangat penting untuk kesehatan jantung.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.