Sukses

Pengertian Kata Kerja Aktif Lengkap dengan Jenis dan Contohnya

Berikut ini adalah pengertian kata kerja aktif lengkap dengan beberapa contohnya dalam kalimat.

Liputan6.com, Jakarta - Saat duduk di bangku sekolah kita tentu pernah mempelajari tentang kata kerja dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Kata kerja sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu kata kerja aktif dan kata kerja pasif. 

Kata kerja aktif dan pasif sendiri dibedakan berdasarkan subjek dan predikat. Untuk kata kerja aktif berperan sebagai pelaku atau pihak yang melakukan sesuatu pada subjek. Sedangkan kata kerja pasif subjeknya lah yang dikenai suatu tindakan atau pekerjaan.

Untuk mempermudah, perlu diingat bahwa kata kerja aktif berfungsi sebagai pelaku yang biasanya mendapat imbuhan me- atau ber-. Sementara kata kerja pasif berfungsi sebagai objek yang dikenai tindakan dari subjek dan biasanya diberi imbuhan di- atau ter-.

Berdasarkan subjeknya, kata kerja aktif memiliki subjek yang posisinya sebagai pihak yang melakukan. Sementara kata kerja pasif untuk subjek yang dikenai tindakan.

Sementara berdasarkan predikatnya, kata kerja aktif ditandai dengan imbuhan me- atau ber-. Sementara predikat yang dimiliki oleh kata kerja pasif mendapatkan imbuhan berupa di- atau ter-. 

Contoh kata kerja aktif seperti menari, memancing, berlari, bertarung. Sementara contoh kata kerja pasif seperti dimakan, dibunuh, tergerus, terjatuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Kata Kerja yang Wajib Diketahui

Dilansir dari Dream.co.id, Senin (4/12/2023), berikut ini deretan jenis-jenis kata kerja yang wajib diketahui:

1. Kata Kerja Aktif dan Kata Kerja Pasif

Sebelumnya sudah dijelaskan mengenai perbedaan kata kerja aktif dan pasif. Contoh kata kerja aktif antara lain mencuci, membaca, menulis, memakan, dan menendang. Sementara contoh kata kerja pasif antara lain, dimakan, dipotong, terbunuh, dan teraniaya.

2. Kata Kerja Dasar dan Kata Kerja Turunan

Jenis kata kerja yang selanjutnya dibedakan menjadi kata kerja dasar dan kata kerja turunan. Kata kerja dasar, contohnya mandi, minum, dan lari. Sementara kata kerja turunan adalah kata kerja yang memiliki imbuhan, seperti imbuhan afiks wajib, terikat wajib, bebas afiks manasuka, reduplikasi ataupun majemuk. Contoh: mendarat, berlari, bertemu, naik haji, berputar-putar.

3. Kata Kerja Transitif dan Intransitif

Selanjutnya kata kerja juga dibedakan berdasarkan objeknya yang kemudian dibagi menjadi kata kerja transitif dan intransitif. Kata kerja transitif artinya kata kerja yang memiliki objek sehingga kata kerja ini harus diikuti dengan objek agar kalimatnya memiliki makna. Contoh: memberi, memasak, menendang.

Sedangkan kata kerja intransitif berarti kata kerja yang tidak membutuhkan objek. Maknanya sudah dapat dipahami, meski tanpa objek. Contoh: menangis dan duduk.

3 dari 4 halaman

Deretan Contoh Kata Kerja Aktif dalam Kalimat

Agar lebih paham, kalian perlu mengetahui seperti apa deretan contoh kata kerja aktif dalam kalimat. Berikut deretan contohnya:

  • Ibu memasak sayur sop untuk makan siang anak-anaknya.
  • Icha mengerjakan PR Matematika untuk dikumpulkan esok hari. 
  • Ayah mencuci mobil di pekarangan rumah tadi sore. 
  • Riri membaca buku sambil duduk di taman. 
  • Anak-anak bermain di taman bermain sepanjang sore.
  • Seniman melukis pemandangan indah di atas kanvas.
  • Ayah mengendarai mobil ke kantor setiap hari.
  • Adik menggambar kartun di buku gambarnya.
  • Ibu berbelanja ke pasar ditemani oleh Budi.  
  • Kakak menyapu lantai rumah setiap pagi.
4 dari 4 halaman

50 Contoh Kata Kerja Aktif, Pahami Pengertian dan Ciri-cirinya Terlebih Dahulu

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata kerja adalah sebuah kata yang menggambarkan proses, keadaan, atau perbuatan, dan posisinya sebagai predikat dalam struktur kalimat. Kata kerja aktif merupakan salah satu jenis kata kerja yang menunjukkan tindakan atau aktivitas yang dilakukan oleh subjek sebagai pelaku.

Buku EYD dan Seputar Kebahasa-Indonesiaan oleh Ermawati Waridah memberikan penjelasan bahwa kata kerja aktif digunakan untuk menyoroti aktivitas yang dilakukan oleh subjek atau seseorang yang melakukan tindakan tersebut. Penting untuk memahami contoh kata kerja aktif dalam pembelajaran bahasa Indonesia, karena jenis kata kerja ini berkontribusi dalam penggunaan bahasa yang baik dan benar. 

Karakteristik contoh kata kerja aktif bahasa Indonesia ditandai dengan awalan me-, ber-, atau tidak memiliki awalan. Berikut contoh kata kerja aktif beserta ciri-ciyang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (4/12/2023).

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.