Sukses

10 Makanan yang Baik Dikonsumsi untuk Mendapatkan Perut Rata

Berikut ini daftar makanan yang baik dikonsumsi untuk mendapatkan perut yang rata

Liputan6.com, Jakarta Bagi banyak orang yang berupaya menurunkan berat badan, mengubah berat badan berarti mengenakan celana jins tertentu atau menyukai pantulan di cermin. Namun para ahli mengatakan bahwa manfaat menghilangkan lemak perut lebih dari sekedar manfaat kulit.

“Tidak peduli bagaimana bentuk tubuh Anda, kelebihan lemak tidak baik untuk kesehatan Anda,” jelas Harvard Health Publishing.

"Tetapi kantong pelana dan perut yang menggembung tidaklah sama. Dalam hal lemak tubuh, lokasinya penting, dan setiap tahun membawa bukti baru bahwa lemak yang terletak jauh di dalam perut lebih berbahaya daripada lemak yang bisa Anda cubit dengan jari Anda," para ahli mereka catatan.

Mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan makanan yang menghilangkan lemak perut dapat membantu Anda mendapatkan perut yang kencang—dan yang lebih penting, semua manfaat kesehatan yang menyertainya. Inilah 10 makanan yang paling cepat meratakan perut Anda menurut pakar nutrisi dan kebugaran. Dihimpun dari Bestlife, ini dia.

1. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau penuh dengan vitamin dan mineral yang memberikan nutrisi utama. Selain bagus untuk kesehatan Anda secara keseluruhan, mereka juga dapat membantu mengekang nafsu makan dan meratakan perut Anda, jelas para ahli.

“Makanan seperti bayam, kangkung, dan lobak Swiss rendah kalori tetapi kaya serat, yang membantu Anda merasa kenyang,” kata Andrew White, CPT, pelatih pribadi bersertifikat, pakar kebugaran, dan salah satu pendiri Garage Gym Pro. “Hal ini dapat mencegah makan berlebihan dan ngemil makanan berkalori tinggi,” ujarnya kepada Best Life.

Untuk menikmati manfaat optimal, White merekomendasikan untuk mengonsumsi setidaknya tiga cangkir sayuran berdaun hijau per hari.

2. Daging dan ikan tanpa lemak

Mengonsumsi sumber protein tanpa lemak juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan yang tidak diinginkan. “Dada ayam, kalkun, dan ikan seperti salmon tidak hanya membantu Anda merasa kenyang tetapi juga memiliki efek termal yang tinggi, artinya tubuh Anda menggunakan lebih banyak energi untuk mencernanya. Hal ini dapat meningkatkan laju metabolisme dan membantu penurunan berat badan,” jelas White.

Namun, ia mencatat bahwa banyak orang melebih-lebihkan berapa banyak protein yang mereka butuhkan. “Untuk protein tanpa lemak seperti ayam, kalkun, dan ikan, ukuran porsi standar adalah sekitar tiga hingga empat ons per makanan, yang kira-kira seukuran setumpuk kartu atau telapak tangan Anda,” katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

3. Legumes

Kacang-kacangan atau legumes adalah sumber protein bagus lainnya yang juga kaya serat. Hal ini menjadikannya tambahan yang bagus untuk diet penurunan berat badan Anda, kata para ahli.

“Kacang, lentil, dan buncis adalah pilihan terbaik saat makan siang, baik dimasukkan ke dalam salad atau dihaluskan ke dalam saus,” kata Tamba Monrose, CN, seorang insinyur kimia lulusan MIT dan pelatih serta ahli gizi bersertifikat ISSA.

“Mereka kaya akan serat dan vitamin yang dapat menstabilkan gula darah, melawan rasa lapar, dan mendukung pemeliharaan otot, semuanya berkontribusi pada perut yang rata,” katanya kepada Best Life.

Untuk mengurangi penumpukan lemak di sekitar perut, White menyarankan untuk memasukkan setengah cangkir atau 100 gram kacang matang, lentil, atau kacang polong setiap kali makan.

4. Telur

Mencari makanan sarapan yang bisa menghilangkan lemak perut dengan cepat? Mulailah hari dengan telur, saran Monrose. “Kandungan proteinnya yang tinggi menentukan energi yang berkelanjutan. Baik itu telur dadar berisi sayuran, telur rebus lembut di atas roti gandum, atau orak-arik cepat, telur adalah pilihan serbaguna yang cocok dipadukan dengan bahan-bahan yang tak terhitung jumlahnya dan membantu mencegah penyakit jantung. -ngidam di pagi hari."

Krutika Nanavati, MSc, RDN, ahli diet terdaftar dan penasihat medis di Clinicspots, setuju bahwa telur merupakan tambahan yang ideal untuk diet Anda jika Anda ingin menurunkan berat badan di bagian tengah tubuh. “Telur merupakan sumber protein yang baik, yang dikenal dapat meningkatkan metabolisme dan membantu menghilangkan lemak. Mengonsumsi telur untuk sarapan dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama, yang pada akhirnya dapat mengurangi asupan kalori sepanjang hari,” ujarnya.

 

3 dari 5 halaman

5. Biji-bijian utuh

Mengisi perut dengan biji-bijian yang sehat dan sehat juga dapat membantu Anda menghilangkan lemak perut.

“Biji-bijian utuh, seperti quinoa, beras merah, dan oat, memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti biji-bijian tersebut tidak meningkatkan gula darah Anda sebanyak biji-bijian olahan. Gula darah yang lebih stabil ini membantu mengendalikan nafsu makan dan menunda sinyal rasa lapar,” dia menjelaskan, merekomendasikan quinoa, beras merah, atau oat.

6. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Mencari camilan penghilang rasa lapar yang akan membuat Anda kenyang lebih lama? Segenggam kecil kacang-kacangan atau biji-bijian sudah cukup, saran White. Almond, biji chia, dan biji rami mengandung lemak dan protein sehat, yang penting untuk pengelolaan berat badan. Almond padat energi dan kaya nutrisi, memberikan antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan, katanya.

Namun, penting untuk diingat bahwa sangat mudah untuk berlebihan dengan camilan padat kalori ini. White merekomendasikan untuk membatasi asupan Anda sekitar satu ons kacang-kacangan atau biji-bijian per hari untuk menjaga asupan kalori Anda dalam kisaran yang sehat.

 

4 dari 5 halaman

7. Teh hijau

Penelitian menunjukkan bahwa minum teh hijau dapat membantu melindungi fungsi kognitif, mencegah jenis kanker tertentu, membantu mengelola gula darah, dan banyak lagi, berkat kandungan antioksidannya yang melimpah. Seolah-olah Anda memerlukan alasan lain untuk menambahkannya ke menu, ini juga dapat membantu membakar lemak perut dan mempercepat penurunan berat badan.

“Teh hijau dikenal luas karena kemampuannya meningkatkan metabolisme dan membakar lemak, terutama di area perut. Hal ini karena adanya antioksidan kuat bernama EGCG,” jelas Nanavati.

8. Makanan probiotik

Selanjutnya, White merekomendasikan untuk mengonsumsi makanan probiotik, yang menurutnya dapat membantu Anda menghilangkan lemak perut dan mengurangi perut kembung. Yogurt, kefir, dan asinan kubis kaya akan probiotik yang membantu menjaga kesehatan usus. Sistem pencernaan yang berfungsi dengan baik sangat penting untuk menurunkan berat badan dan dapat mencegah kembung yang membuat perut terlihat lebih besar, jelasnya.

Secara khusus, Monrose merekomendasikan yogurt Yunani tanpa pemanis. "Camilan sempurna setelah berolahraga atau camilan sore hari, yogurt Yunani dapat diubah sesuai musim—dicampur dengan kayu manis dan apel di musim gugur, atau buah beri segar di musim panas. Tidak hanya kaya protein tetapi juga mengandung probiotik yang membantu kesehatan usus, penting untuk perut rata,' kata pakar nutrisi.

 

5 dari 5 halaman

9. Buah beri

Makanan super kaya nutrisi lainnya, buah beri juga dapat membantu meratakan perut Anda. “Buah beri adalah permen alami, cocok untuk camilan, sebagai topping makanan penutup, atau dicampur menjadi smoothie,” kata Monrose. “Kandungan seratnya membantu rasa kenyang dan kesehatan pencernaan, sementara antioksidannya dapat membantu mengurangi peradangan, yang sering dikaitkan dengan penambahan berat badan dan kembung,” katanya.

10. Alpukat

Kaya akan serat dan lemak sehat, alpukat dapat membantu Anda kenyang dan mengekang keinginan Anda terhadap makanan yang kurang sehat.

“Alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal, serat, dan potasium, yang semuanya menargetkan lemak visceral, yang terkait dengan diabetes dan penyakit jantung,” kata Nanavati. “Mengonsumsi alpukat juga dapat membantu meratakan perut. Secara keseluruhan, menambahkan makanan padat nutrisi ini ke dalam pola makan seimbang akan meningkatkan penurunan berat badan,” tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.