Sukses

Daftar Terbaru 5 Orang Terkaya di Dunia Oktober 2023

Miliarder memiliki pengaruh besar yang memainkan peran di bidang ekonomi, politik, media, dan inovasi. Bloomberg merilis daftar 5 orang terkaya dunia dan mencantumkan sejumlah harta mereka.

Liputan6.com, Jakarta Miliarder adalah salah satu individu paling berkuasa di seluruh dunia yang memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap berbagai aspek perekonomian global. Mereka memegang peranan penting dalam berbagai bidang, termasuk politik internasional, media, filantropi, dan inovasi ilmiah.

Jajaran orang terkaya di dunia selalu menjadi sorotan dan menginspirasi. Bloomberg kembali merilis daftar terbaru orang terkaya di dunia yang dimuat dalam Bloomberg Billionaires Index pada Rabu, 25 Oktober 2023.

Lantas, siapa saja yang masuk dalam 5 daftar orang terkaya di dunia saat ini? Berapakah harta yang dimilikinya? 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Elon Musk

Elon Musk masih bertahan sebagai orang terkaya di dunia dengan total kekayaan mencapai USD 207 miliar. Musk adalah CEO perusahaan mobil listrik Tesla, perusahaan roket SpaceX, dan perusahaan media sosial X, yang dulunya dikenal sebagai Twitter. 

Musk berasal dari Afrika Selatan, ia berpindah ke Kanada sebelum ulang tahunnya yang ke-18. Musk menekuni berbagai pekerjaan, kuliah di Queen's University di Ontario, kemudian dipindahkan ke University of Pennsylvania, di mana ia memperoleh gelar sarjana ekonomi. Saat ini ia berusia 51 tahun dan menetap di Austin Texas.

Ia meraih status sebagai orang terkaya di dunia pada 8 Juni 2023, dan masih menduduki peringkat nomor satu pada 25 Oktober 2023. 

3 dari 11 halaman

2. Bernard Arnault

Pada peringkat kedua dalam daftar orang terkaya di dunia, ditempati oleh Bernard Arnault dengan kekayaan mencapai USD 157 miliar. Arnault menjabat sebagai CEO dan ketua LVMH (Moët Hennessy Louis Vuitton), perusahaan barang mewah terbesar di dunia yang mengelola sekitar 70 merek fashion dan kosmetik ternama, di antaranya Louis Vuitton, Christian Dior, Moet & Chandon, dan Sephora.

Bernard Arnault, saat ini berusia 74 tahun dan bertempat tinggal di Paris. Selama sebagian besar paruh pertama tahun 2023, Arnault berhasil menduduki peringkat orang terkaya di dunia sebelum jatuh ke peringkat kedua pada tanggal 8 Juni 2023, dan saat ini ia masih mempertahankan posisinya tersebut hingga 25 September 2023.

4 dari 11 halaman

3. Jeff Bezos

Di urutan ketiga dalam daftar orang terkaya di dunia, terdapat Jeff Bezos dengan total kekayaan mencapai USD 152 miliar. Jeff Bezos mengambil keputusan untuk mengundurkan diri dari jabatannya sebagai CEO perusahaan e-commerce raksasa, Amazon pada bulan Juli 2021. Meskipun begitu, ia tetap memegang posisi sebagai ketua perusahaan tersebut. Pada bulan yang sama, Jeff Bezos pergi ke luar angkasa dengan menggunakan roket buatan perusahaan roket swasta Blue Origin. Perusahaan ini didirikan dan didanai dengan miliaran dolar olehnya.

Hingga tanggal 25 Oktober 2023, kekayaan Jeff Bezos mengalami peningkatan yang signifikan. Saat ini, Jeff Bezos berusia 59 tahun dan bertempat tinggal di Medina, Washington.

5 dari 11 halaman

4. Larry Page

Pada peringkat keempat dalam daftar orang terkaya di dunia, Larry Page memiliki  kekayaan sebanyak USD 124 miliar. Larry Page adalah salah satu pendiri dari mesin pencari terkemuka, Google, yang ia dirikan bersama sesama mahasiswa PhD Stanford, Sergey Brin pada tahun 1998. Ia menjabat sebagai CEO hingga tahun 2001. Saat ini, Larry Page menduduki posisi sebagai anggota dewan di perusahaan induk Google, Alphabet, dan masih memegang saham pengendali perusahaan tersebut.

Selain kesuksesan di dunia teknologi, Larry Page juga terlibat sebagai investor pendiri di perusahaan eksplorasi ruang angkasa bernama Planetary Resources. Dengan usia saat ini yang telah mencapai 50 tahun, Larry Page menetap di Palo Alto, California.

6 dari 11 halaman

5. Bill Gates

Pada peringkat kelima, ditempati oleh Bill Gates sebagai orang terkaya di dunia dengan total kekayaan mencapai USD 122 miliar.  Saat remaja, Gates tertarik pada pemrograman komputer. Dia memutuskan keluar dari Harvard untuk mendirikan perusahaan perangkat lunak Microsoft bersama teman SMA-nya Paul Allen pada 1975,  langkah ini menghasilkan salah satu program perangkat lunak pertama yang tersedia untuk industri komputer pribadi yang saat itu masih baru muncul.

Bill Gates menjabat sebagai CEO Microsoft selama 25 tahun dan memegang posisi ketua hingga tahun 2014. Saat ini, dia memiliki investasi di berbagai perusahaan, termasuk Republic Services, perusahaan pembuangan limbah, dan pembuat peralatan pertanian Deere & Co. Selain itu, ia juga menjadi salah satu pemilik lahan pertanian terbesar di Amerika Serikat. Dengan usia saat ini yang mencapai 67 tahun, Bill Gates menetap di Medina, Washington.

7 dari 11 halaman

Berapa Lama Elon Musk Bekerja?

Hidup dengan memiliki banyak harta tak membuat “orang terkaya di dunia” Elon Musk bisa santai. Sebaliknya, Musk harus memberikan 17 jam waktunya sehari untuk bekerja. 

Elon Musk bahkan sampai mengakui tak punya hari libur karena beban kerjanya bertambah. Dia melakukan pembenahan untuk Twitter, hingga berdampak pada jam kerjanya.

Menurut Musk, jam kerja yang awalnya 80 jam per minggu kini berubah menjadi 120 jam per minggu, yang jika dihitung setiap harinya Musk bekerja 17 jam.

"Pekerjaanku meningkat dari sekitar 70 jam sampai 80 jam per minggu menjadi kemungkinan sekitar 120 jam," kata Musk dikutip dari Benzinga melalui Dream.co.id, Rabu (25/10/2023)

Saat ini kegiatannya hanyalah untuk tidur dan bekerja. "Pergi tidur, bangun, bekerja, pergi tidur, bekerja, melakukan hal itu 7 hari seminggu," ujarnya.

8 dari 11 halaman

Bernard Arnault Memiliki Berapa Anak?

Bernard Arnault adalah seorang ayah dari dua anak dengan istri pertama Anne Dewavrin. Dua anak tersebut yakni bernama Delphine (47) dan Antoine (45). Ia juga memiliki tiga anak dari pernikahannya dengan Helene Mercier yakni Alexandre (30), Frederic (28), dan Jean (24).

Untuk mencegah lima anaknya berebut harta, orang terkaya di dunia Bernard Arnault pun mulai merencanakan membagikan warisan. Ia menunjukkan lima anaknya menduduki posisi di sejumlah perusahaan. Frederic Arnault bertanggung jawab atas produsen jam tangan Swiss, Tag, Heurer, demikian dikutip dari Kanal Lifestyle Liputan6.com, Rabu (25/10/2023).

9 dari 11 halaman

Apakah Jeff Bezos dalam Berusaha Selalu Berhasil Atau Pernah Juga Mengalami Kegagalan?

Dikutip dari Merdeka.com pada Rabu (25/10/2023), Jeff Bezos pernah mengalami kegagalan dalam berbagai usaha yang pernah ia gagas, seperti Fire Phone, Amazon Local, Amazon Wallet, Music Importer, Amazon Kindle, Amazon WebPay, serta Askville.

Meskipun mengalami kegagalan yang cukup rumit, Jeff Bezos memandang bahwa kegagalan merupakan pengalaman yang akan membawa menuju kesuksesan. Beliau tidak pernah merasa takut menghadapi kegagalan tersebut.

10 dari 11 halaman

Apakah Bill Gates dalam Berusaha Selalu Berhasil atau Pernah Juga Mengalami Kegagalan?

Bill Gates adalah salah satu orang terkaya di dunia. Namun ternyata, pendiri Microsoft ini pernah gagal saat mendirikan sebuah bisnis yang menyediakan statistik lalu lintas,Traf-O-Data. Kegagalan ini membuat Bill Gates bersama partner-nya, Paul Allen, merugi USD 3.494 atau yang saat ini bernilai Rp 53 juta. Namun terpuruknya Traf-O-Data juga membuat Bill Gates mendapatkan pelajaran berharga yang berperan dalam kesuksesan Microsoft.

11 dari 11 halaman

Apa Singkatan dari CEO?

CEO, singkatan dari Chief Executive Officer, atau dalam bahasa Indonesia dapat diterjemahkan sebagai "pejabat tertinggi eksklusif," CEO adalah posisi tertinggi dalam kedudukan pimpinan perusahaan. Tugas utamanya adalah menjalankan perusahaan dan memastikannya tetap berlangsung.

Keberhasilan besar suatu perusahaan seringkali mencerminkan keberadaan seorang CEO yang luar biasa dan berbakat. Sebagai penguasa di atas segala aspek bisnis perusahaan, seorang CEO harus memiliki kompetensi dan keahlian dalam mengelola perusahaan. Selain itu, seorang CEO juga harus memiliki kemampuan berpikir yang cepat. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.