Sukses

Kenali 4 Jenis Temperamen yang Mungkin Jadi Ciri-Ciri Anda

Para peneliti dan ilmuwan telah menetapkan dan memperluas empat tipe temperamen yang berbeda. Berikut ulasannya!

Liputan6.com, Jakarta - Mungkin Anda tidak asing lagi dengan istilah "temperamen" yang biasanya digunakan untuk menggambarkan kepribadian seseorang. Kamu mungkin pernah juga berkata, "Ia memiliki temperamen yang baik," atau "Ia memiliki temperamen yang tidak menyenangkan." Namun, temperamen itu sebenarnya hanya sebagian dari kepribadian diri seseorang.

Menurut kamus Oxford, temperamen didefinisikan sebagai sifat seseorang yang ditujukkan dalam cara mereka berperilaku atau bereaksi terhadap seseorang atau situasi. Walaupun ini faktual, definisi sedikit memberikan batasan.

Temperamen Anda juga mencakup sifat perilaku dan kepribadian bawaan Anda. Itu adalah kecenderungan alami Anda dan akan sering terlihat dalam interaksi sehari-hari Anda. Temperamen Anda bahkan dapat menentukan cara kerja pikiran Anda.

Selama bertahun-tahun, para ilmuwan telah mengidentifikasi empat jenis temperamen yang mungkin menjadi ciri dari seseorang. Tidak ada ilmu pasti mengenai hal ini dan beberapa orang mengidentifikasi dirinya dengan lebih dari satu jenis temperamen.

Bagaimana Temperamen Anda Terbentuk?

Temperamen Anda diyakini merupakan bawaan, terutama dipengaruhi oleh genetika. Tidak jarang seseorang memiliki temperamen yang mirip dengan orang tua atau keluarga terdekatnya. Penelitian menunjukkan bahwa 20--60% temperamen Anda ditentukan oleh genetika.

Faktor lingkungan eksternal, seperti pengalaman masa kecil baik positif maupun negatif juga dapat membentuk temperamen. Misalnya, seseorang yang tumbuh dalam keluarga yang penuh kekerasan bisa menjadi melankolis. Lantas, apa saja jenis temperamen dan bagamana cara mengetahuinya? Berikut ulasannya, seperti yang dilansir dari halaman Verywell Mind, Rabu (27/09/23).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa Saja Jenis-jenis Temperamen?

Selama beberapa dekade, para peneliti dan ilmuwan telah menetapkan dan memperluas empat tipe temperamen yang berbeda. Teori empat temperamen ini dapat ditelusuri kembali ke ratusan tahun yang lalu. Hippocrates pertama kali mengusulkannya di Yunani Kuno, ia menyarankan empat temperamen menentukan perilaku seseorang. Klasifikasi yang  digunakan saat ini diusulkan oleh Galen berdasarkan teori humor tubuh.

1. Optimis

Orang yang dianggap optimis biasanya ekstrovert dan mudah bergaul. Mereka adalah orang-orang ceria yang selalu melihat gelas terisi setengah beirisi, bukan setengah kosong. Interaksi sosial menjadi mudah bagi mereka karena mereka senang bicara dan energik.

Meskipun orang optimis tampaknya memiliki sifat positif dari sifat kepribadiannya yang membuat mereka menyenangkan, tetapi terkadang hal ini dapat menjadikan mereka impulsif dan penuh keraguan. Impulsif bagi mereka juga dapat bermanifestasi untuk mencari sensasi, seperti penggunaan narkoba.

2. Mudah Tersinggung

Ciri-ciri orang koleris adalah dominan dan asertif. Orang yang termasuk dalam tipe temperamen ini berorientasi pada tujuan dan memiliki dorongan. Mereka berprestasi tinggi di tempat kerja, sekolah, atau bahkan sering menjadi pemimpin. 

Berbeda dengan orang yang optimis, orang dengan sifat koleris ini adalah orang yang tegas, tetapi tidak sabar dan keras kepala. Mereka dapat memprioritaskan pencapaian tujuan yang telah ditetapkan dibandingkan membina hubungan sosial yang tidak kalah penting.

 

3 dari 4 halaman

3. Apatis

Santai adalah kata yang mungkin langsung terlintas di benak Anda ketika bertemu dengan orang yang apatis. Mereka adalah orang-orang santai yang cenderung sangat berempati ketika berhubungan dengan orang lain. Mereka merupakan segelintir individu yang dapat diandalkan dan sabar serta menemukan kenyaman dalam hal-hal yang rutin dilakukannya.

Orang Phlemagtic menunjukkan sedikit emosi, yang bisa terlihat pasif atau tidak berperasaan selama interaksi sosial. Kebutuhan mereka untuk menghindari konflik dengan segala cara dapat merugikan sehinga menyebabkan mereka kehilangan peluang untuk mennguatkan diri mereka sendiri.

4. Melankolis

Orang sering menyamakan melankolis dengan kesedihan atau kegembiraan, tetapi ada lebih banyak hal yang terjadi pada orang dengan jenis temperamen ini. Meski pendiam, orang melankolis juga bijaksana dan sensitif. Mereka juga bisa bersifat analitis dan metodis, terutama di tempat kerja sehingga menjadikannya berharga di mana pun ia bekerja.

Sebaliknya, mereka lebih suka bekerja sendiri dan mungkin tidak bisa menjadi pemain tim terbaik. Mereka mudah marah dan cemas ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai keinginan.

4 dari 4 halaman

Bagaimana Mengetahui Temperamen Anda?

Pada dunia digital, khususnya internet sudah dipenuhi dengan alat-alat penilaian diri untuk membantu Anda menentukan temperamen Anda. Namun, Anda perlu berhati-hati ketika menggunakan alat tersebut. Banyak dari tes tersebut mungkin tidak memberikan hasil yang akurat dan Anda juga mesti cukup sadar diri untuk menjawab pertanyaan dalam tes penilaian diri tersebut dengan jujur.

Tes penilaian diri yang paling umum untuk menentukan temperamen Anda adalah Indikator Tipe Myers-Briggs (MBTI). Tes tersebut menggunakan serangkaian pertanyaan untuk mengevaluasi temperamen apa yang paling sesuai dengan sifat kepribadian Anda.

Cara paling efektif untuk menentukan tipe temperamen Anda adalah dengan berkonsultasi pada pakar kesehatan mental. Mereka sudah dilengkapi dengan alat dan pengalaman yang lebih baik untuk menilai perilaku dan respons Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.