Sukses

Kepribadian Orang yang Suka Musik Jazz, Dikatakan sebagai Pribadi yang Cerdas dan Kreatif

Berikut ini adalah kepribadian orang yang suka musik jazz, disebut sebagai pribadi yang cerdas dan juga kreatif.

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang memiliki selera musik yang berbeda-beda. Hubungan antara kepribadian dan selera musik belum banyak dieksplorasi, namun beberapa penelitian mengonfirmasi bahwa keduanya memang ada kaitannya pada tingkat tertentu. 

Dilansir Very Well Mind, hasil studi psikolog Jason Rentfrow dan Sam Gosling menunjukkan bahwa musik yang didengarkan orang dapat memberikan prediksi yang sangat akurat tentang kepribadian mereka. 

Misalnya, orang ekstrovert lebih menyukai musik bass yang berat dalam penelitian ini, sedangkan mereka yang menyukai gaya yang lebih kompleks seperti jazz dan musik klasik adalah orang yang kreatif dan memiliki skor IQ lebih tinggi. 

Studi lain menemukan bahwa musik yang Anda nikmati mungkin ada hubungannya dengan cara otak Anda memproses informasi. Para peneliti berpendapat bahwa manusia mempunyai dua cara untuk merespons dunia berdasarkan isyarat sosial (berempati), dan berdasarkan konsepsi yang telah ditetapkan sebelumnya tentang bagaimana orang berpikir mereka harus merespons (sistemisasi).

Orang yang berempati cenderung menikmati musik kontemporer yang lembut namun kaya emosi, mulai dari indie rock, country, hingga folk. Sebaliknya, penganut sistemisme tertarik pada matematika dan sains. Mereka tertarik pada kompleksitas struktural, seringkali menyukai musik klasik, jazz, dan dunia serta musik yang kompleks, intens, energik, dan ceria.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kepribadian Orang yang Suka Musik Jazz

Lebih lanjut kita akan mencari tahu lebih dalam tentang kepribadian orang yang suka musik Jazz. Dilansir dari Personalitylist, Rabu (6/9/2023), jika Anda memiliki kepribadian jazzy, Anda adalah orang yang spontan dan menyenangkan serta sangat cerdas. Anda adalah individu berbakat dan kreatif yang telah mencapai hal-hal besar dalam hidup.

Jazz merupakan salah satu jenis musik yang penuh ritme dan sinkopasi. Itu lahir dari budaya Afrika Amerika dan terdiri dari musik blues, jazz, rock dan R&B. Ini adalah musik yang dapat didengarkan di berbagai tempat berbeda dari pesta hingga klub dan bar.

Kepribadian orang yang suka musik jazz adalah tentang kebebasan dan kemandirian. Mereka tidak suka didesak dan suka membuat pilihan sendiri. Mereka suka membuat keputusan sendiri dan melakukan sesuatu dengan cara mereka sendiri. Mereka suka bersikap spontan dan suka mengekspresikan diri.

Orang-orang yang suka musik jazz percaya bahwa hidup itu indah dan mereka harus menikmati setiap momen yang mereka miliki. Hal terpenting tentang kepribadian jazzy adalah mereka suka menjadi diri sendiri dan suka mengungkapkan apa yang mereka rasakan dan pikirkan. Mereka suka menjelajahi hal-hal baru dan senang hidup di saat ini.

3 dari 4 halaman

Kulik Kepribadian Berdasarkan Genre Musik Kesukaan, Pop sampai Indie

Kaitan musik dan kepribadian memang belum banyak diteliti oleh ahli. Namun beberapa peneliti telah menyapakati, bahwa keduanya bisa saling berkaitan. Kendra Cherry, MSEd, seorang spesialis rehabilitasi psikososial, pendidik psikologi, dan penulis menjelaskan bahwa ada  hubungan musik dengan kepribadian. Cherry menjelaskan, bahwa kepribadian dan selera musik memang saling berkaitan.

Pendapatnya ini dikuatkan oleh penelitian yang dilakukan salah satu ahli yang mengajak 36.000 peserta di seluruh dunia untuk mendengarkan lebih dari 104 selera musik. Hasilnya ditemukan bahwa memang benar selera musik yang dipilih tergantung pada kepribadian pendengarnya. 

Jika kamu sering melihat orang lain bbberbagi musik yang sedang di dengarkan, cobalah analisis kepribadian mereka melalui ini seperti mengutip Verywell Mind.

1. Pop

Biasanya orang yang menyukai genre pop adalah orang yang ekstrovet, jujur, dan sederhana. Meski memiliki semangat bekerja dan harga diri yang tinggi, peneliti sebut mereka kurang kreatif dan sering gelisah.

2. Rap atau Hip Hop

Para peneliti tidak menemukan fakta mengenai mitos mereka yang menyukai gaya musik ini memiliki sifat yang agresif dan suka melakukan kekerasan. Justru ahli melihat penggemar musik ini memiliki harga diri yang tinggi dan mempunyai sifat lebih ramah.

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

Kepribadian Berdasarkan Tanggal Lahir

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.