Sukses

Kenali 6 Tanda Bahaya Anda Sedang Berurusan dengan Orang Jahat

Orang jahat terlibat dalam tindakan dan perilaku yang berbahaya, tetapi mendefinisikannya dengan kata-kata yang tepat bisa jadi cukup sulit.

Liputan6.com, Jakarta - Mengidentifikasi dan memahami individu yang jahat bisa menjadi tugas yang menantang, tetapi krusial. Orang jahat terlibat dalam tindakan dan perilaku yang berbahaya, tetapi mendefinisikannya dengan kata-kata yang tepat bisa jadi cukup sulit. Namun, ketika dihadapkan dengan orang jahat, definisi tersebut menjadi tidak relevan.

Anda sepertinya mengetahuinya ketika Anda melihatnya. Anda tidak perlu pergi ke daerah yang penuh dengan kejahatan untuk menemukan orang jahat, mereka hadir di tempat sehari-hari seperti sekolah, kantor dan bahkan di rumah teman dan anggota keluarga terdekat kita.

Oleh karena itu, ketahui beberapa tanda peringatan yang bisa membantumu mengenali orang jahat, seperti melansir dari Times of India, Senin (21/8/2023).

1. Kesenangan dari ketidakberuntungan seseorang

Salah satu ciri khas orang jahat adalah kecenderungan mereka untuk menikmati kemalangan orang lain. Seolah-olah mereka mendapatkan rasa kepuasan dari penderitaan orang lain.

Dari beberapa kasus, kepuasan yang dipelintir ini bahkan mungkin mendorong mereka untuk dengan sengaja menciptakan situasi yang mengarah pada kesengsaraan.

2. Mengontrol masalah

Perilaku mencari kendali adalah ciri khas orang jahat. Meskipun mereka mungkin tampak tenang dan menyenangkan di luar, mereka memiliki dorongan kuat untuk kekuasaan.

Mereka memiliki pengaruh atas kehidupannya sendiri dan orang-orang di sekitarnya. Mereka berusaha mengontrol dan memengaruhi tindakan Anda dari waktu ke waktu, memabwamu ke rute yang telah ditentukan sebelumnya.

3. Ketidakjujuran yang terus-menerus

Ketidakjujuran adalah sifat universal sampai batas tertentu, tetapi orang jahat membawanya ke tingkat lain.

Kebohongan mereka tidak hanya sesekali, mereka berbohong karena kebiasaan dan kadang-kadang, bahkan tanpa menyadarinya.

Kebohongan ini sering tertanam dalam pikirannya sehingga mereka mulai membangun realitas terdistorsi mereka sendiri yang menyimpang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Menipu dan memanipulasi

Sumber utama kekuatan bagi individu jahat adalah manipulasi mereka terhadap realitas. Mereka memutarbalikkan fakta, salah mengutip informasi dan menyajikan versi peristiwa yang berbeda untuk memenuhi keinginan egoisnya.

Ini menciptakan dunia yang sejalan dengan pembenaran mereka, sehingga menyulitkan Anda untuk mengetahui mana yang benar dan mana yang tidak.

5. Menghindari tanggung jawab

Orang jahat seringkali tidak memiliki kompas moral, membuatnya menghindari tanggung jawab atas tindakannya.

Allih-alih mengakui kesalahannya, mereka malah menyalahkan orang lain atau memanipulasi situasi untuk membebaskan dirinya sendiri.

Menerima kesalahan dianggap sebagai tanda kelemahan, sesuatu yang mereka tolak untuk dilakukan.

 

3 dari 3 halaman

6. Peringatan dari yang lain

Jika teman atau keluarga memperingatkan Anda tentang perilaku seseorang, ikuti nasihat mereka. Kisah-kisah peringatan ini mungkin menawarkan persepsi karakter asli seseorang.

Sudah umum bagi orang-orang terkasih yang secara pribadi telah disakiti oleh orang jahat untuk melindungi Anda dari situasi serupa.

Orang jahat tampaknya memancarkan aura meresahkan yang menimbulkan ketidaknyamanan bagi orang. Seolah-olah insting batinmu merasakan sesuatu yang tidak Anda sukai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.