Sukses

Tak Melulu Tentang Fisik, Ini 4 Jenis Keintiman Hubungan yang Perlu Diketahui

Ada beberapa jenis keintiman yang kurang dikenal yang bisa memperkuat ikatan antara pasangan dan meningkatkan hubungan secara keseluruhan.

Liputan6.com, Jakarta - Saat kata keintiman muncul, yang kita pikirkan hanyalah keintiman fisik atau emosional. Tetapi keintiman dalam suatu hubungan lebih dari sekadar kedekatan fisik dan hubungan emosional.

Ada beberapa jenis keintiman yang kurang dikenal yang bisa memperkuat ikatan antara pasangan dan meningkatkan hubungan secara keseluruhan.

Berikut beberapa jenis keintiman yang mungkin belum Anda ketahui, seperti melansir dari Times of India, Kamis (17/8/2023).

1. Keintiman intelektual

Keintiman intelektual adalah tentang terlibat dalam percakapan yang mendalam dan bijaksana dengan pasanganmu.

Ini melibatkan berbagi ide, mendiskusikan peristiwa terkini, bertukar pengetahuan, dan bahkan memperdebatkan tipik yang menarik.

Ketika pasangan merasa nyaman berbagi pemikiran dan pendapatnya tanpa takut dihakimi, hal itu akan menumbuhkan hubungan intelektual yang kuat.

2. Keintiman eksperiensial

Mengalami hal-hal baru dan menarik bersama- sama adalah cara yang menyenangkan untuk membuat kenangan abadi bersama pasangan.

Baik itu berpergian ke tempat baru, mencoba aktivitas petualangan, atau memulai pengalaman baru, kegembiraan dan tantangan bersama bisa meningkatkan keintiman dalam hubungan.

3. Keintiman rekreasi

Berpartisipasi dalam aktivitas rekreasi bersama bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk menjalin ikatan sebagai pasangan.

Terlibat dalam olahraga, permainan, atau hobi sebagai tim menumbuhkan rasa kebersamaan dan membangun persahabatan antar pasangan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jenis keintiman lainnya

4. Keintiman kreatif

Berkolaborasi dalam proyek kreatif memungkinkan pasangan untuk mengekspresikan diri dan emosinya dengan cara yang unik.

Baik itu membuat karya seni, mengubah musik, atau menulis bersama, proses penciptaan bisa mempererat hubungan emosional dan menumbuhkan saling menghargai kreativitas masing-masing.

3 dari 3 halaman

Kebutuhan Emosional yang Diperlukan dalam Hubungan

Setiap individu memiliki kebutuhan emosional. Namun, perlu untuk diketahui bahwa dalam hubungan romantis, kebutuhan emosional tiap orang itu berbeda-beda.

Kebutuhan dasar seperti air, makanan, dan tempat tinggal menjadi suatu kebutuhan dasar yang paling utama, tetapi dibutuhkan lebih banyak hal untuk memberi makna pada kehidupan.

Hal-hal seperti persahabatan, kasih sayang, rasa aman, atau memberi apresiasi juga menjadi hal yang penting untuk memberi makna kehidupan. Hal ini sama belakunya untuk perasaan didengar atau dihargai.

Dalam menjalin sebuah hubungan, kebutuhan emosional sangat penting. Tentu saja, kepribadian Anda dan pasangan sudah pasti berbeda. Perbedaan kepribadian ini bisa menjadi suatu hal yang baik dan buruk sekaligus.

Jika Anda dapat menyeimbangkan perasaan dan emosi Anda dengan pasangan, hal ini akan berdampak baik bagi hubungan Anda bersama pasangan. Namun, jika Anda dan pasangan tidak memiliki suatu konklusi yang sama, hal ini akan berdampak buruk bagi hubungan Anda.

Oleh karena itu, penting untuk melakukan komunikasi dengan pasangan Anda. Sampaikan hal-hal yang Anda rasakan, yang Anda sukai dan tidak disukai dari pasangan Anda, dan ceritakan hal yang membuat Anda merasa nyaman. Lakukan hal ini secara dua arah, sehingga Anda juga dapat melihat dan mendengar hal-hal yang dibutuhkan oleh pasangan Anda.

Setiap orang memiliki kebutuhan emosional yang berbeda-beda. Berikut beberapa kebutuhan emosional yang dapat menjadi titik awal yang baik untuk menciptakan hubungan cinta yang sehat, dilansir dari Health Line.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.