Sukses

Pegunungan atau Pantai? Mengenal Tipe Kepribadian Berdasarkan Pilihan Tempat Wisata Favorit

Berikut ini perbedaan lebih mendalam tentang kepribadian orang yang suka pantai dengan kepribadian orang yang suka pegunungan.

Liputan6.com, Jakarta Mana tujuan liburan yang lebih Anda suka, pantai atau pegunungan? Beberapa orang lebih menyukai pantai dan beberapa lainnya lebih menyukai gunung. Ternyata ini bukan sekedar opini, sebenarnya ada bukti ilmiah di balik klaim tersebut. Menurut sebuah studi baru di Journal of Research in Personality, orang yang memiliki kepribadian ekstrovert lebih suka pantai daripada pegunungan, sedangkan introvert lebih suka sebaliknya.

Dilansir dari Today, Selasa (8/8/2023), psikolog Universitas Virginia Shigehiro Oishi dan rekannya Thomas Talhelm dan Minha Lee menemukan serangkaian lima percobaan di mana mereka menguji hubungan antara kepribadian dan tujuan wisata favorit. 

Untuk satu penelitian, kelompok peneliti menganalisis database dari 613.000 survei kepribadian di seluruh Amerika Serikat untuk melihat apakah introversi dan ekstroversi dikaitkan dengan geografi suatu negara.

Temuan mereka menunjukkan bahwa orang yang tinggal di daerah pegunungan lebih tertutup daripada mereka yang tinggal di negara bagian yang lebih datar. Dan survei lain menemukan bahwa orang ekstrovert lebih menyukai lautan daripada pegunungan ketika melihat serangkaian gambar dan pilihan mereka tidak ada hubungannya dengan faktor kepribadian lain seperti tingkat keterbukaan dan keramahan.

Secara umum, ekstrovert digambarkan sebagai individu yang ramah dan cenderung bersosialisasi, menunjukkan bahwa mereka akan tertarik ke tempat-tempat dengan lebih banyak aktivitas rekreasi dan mengamati orang. Sementara introvert, di sisi lain, didefinisikan sebagai orang yang lebih pendiam yang tidak membutuhkan banyak rangsangan dari luar. 

"Kami berpendapat bahwa orang yang suka pantai biasanya lebih berisik, dengan lebih banyak orang untuk menonton, berbicara, dan bergaul daripada orang yang suka pegunungan," kata studi tersebut. 

Nah, berikut ini perbedaan lebih mendalam tentang kepribadian orang yang suka pantai dengan kepribadian orang yang suka pegunungan. Dilansir dari OYO Rooms, berikut ulasannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Kepribadian Orang yang Suka Pegunungan

Tertutup

Jika Anda adalah seseorang yang tidak keberatan tersesat di tikungan dan tanjakan perbukitan terpencil, maka Anda memiliki sifat dasar seorang introvert. Keindahan pegunungan yang menakutkan namun halus memberi Anda ketenangan pikiran, dan dataran tinggi serta jalan berliku yang menawan membuat Anda merayakan kesendirian Anda dan memasuki kerangka berpikir yang kreatif. Anda berkembang saat tidak ada orang di sekitar, dan Anda merasa paling bebas saat menjadi orang asing di tempat baru.

Artistik

Pegunungan cenderung menarik romantisme dan cenderung artistik. Penulis, pelukis, dan seniman lainnya menemukan inspirasi di medan yang keras. Memilih kesunyian pegunungan yang tenang juga berarti Anda lebih suka tetap terhubung dengan dunia nyata sambil menikmati kebersamaan Anda sendiri. Stasiun bukit bagi Anda identik dengan penemuan jati diri, apakah itu waktu minum teh di alun-alun kota yang ramai atau jalan-jalan sepi di jalur jambul pinus.

Anda lebih suka berbicara lebih sedikit, dan Anda mungkin suka belajar tentang kehidupan orang lain, terutama ketika budaya dan tradisinya tidak dikenal. Percakapan Anda juga bukan tentang hal-hal sepele, semakin lama, filsuf dalam diri Anda akan terlepas.

Pencinta Alam

Mencintai gunung juga membuat Anda menjadi penggila alam. Anda tidak mengendalikan alam di pegunungan, alam mengendalikan Anda. Mereka yang kecanduan pegunungan pergi ke sana untuk pemandangan yang menakjubkan, mereka mengagumi puncak gunung dan hutan curam dan mereka merasa betah dengan suara deras air sungai yang sedingin es sebagai latar belakang.

Pegunungan adalah tentang gaya hidup yang tidak rumit. Jika Anda suka merayu pasangan Anda dengan hal-hal sederhana daripada gerakan rumit, maka liburan ke gunung adalah pilihan yang tepat.

3 dari 4 halaman

2. Kepribadian Orang yang Suka Pantai

Ekstrovert

Pantai memiliki suasana yang lebih semarak dan ideal untuk orang yang lebih suka bepergian bersama teman. Jika 'menyenangkan' dan 'pesta' adalah kata-kata yang menonjolkan sisi hidup Anda, maka Anda adalah beach person. Jika Anda memilih pantai daripada pegunungan, Anda adalah orang yang lebih sosial dan tidak ragu untuk menjalin pertemanan baru ke mana pun Anda pergi. Anda adalah orang yang giat, baik itu menyelesaikan tugas di depan profesional atau sekadar menikmati liburan Anda sepenuhnya. 

Menikmati Hidup

Anda tidak suka menghabiskan waktu tanpa melakukan apa-apa. Kegiatan membuat Anda merasa hidup dan malam hari adalah saat hari benar-benar dimulai. Orang pantai tidak membuang waktu untuk mengkhawatirkan masa depan dan kesenangan bagi mereka adalah hidup di saat ini.

Energi dalam perjalanan pantai beroktan tinggi, didorong oleh chemistry yang Anda miliki dengan orang lain serta tujuan itu sendiri. Jika Anda lebih suka hiburan daripada introspeksi, pantai cocok untuk Anda. Pantai adalah tentang hubungan, apakah Anda membuat yang baru atau memperkuat yang lama. Pasangan yang saling melengkapi semangat untuk bersenang-senang akan menikmati liburan di pantai.

Petualang

Petualangan tepi pantai memberikan adrenalin tinggi. Ini tentang menjelajahi perairan dalam dan mengalami kecepatan tinggi. Jadi, jika Anda ingin langsung beraksi dan membaginya dengan teman-teman Anda, pilihlah destinasi pantai.

4 dari 4 halaman

Infografis 5 Destinasi Wisata Super Prioritas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.