Sukses

Studi: Tidur Siang Bisa Jadi Kunci untuk Miliki Otak yang Sehat

Sebuah studi baru menemukan bahwa tidur siang secara teratur dapat dikaitkan dengan kesehatan otak, berikut penjelasannya.

Liputan6.com, Jakarta Tidak ada yang lebih baik daripada tidur sejenak di tengah hari untuk bersantai dan memulihkan tenaga. Namun jika Anda merasa bersalah karena tidur siang setiap hari, jangan khawatir sebuah studi baru menemukan bahwa tidur siang secara teratur dapat dikaitkan dengan kesehatan otak.

Dilansir dari Good House Keeping, studi yang dipublikasikan di Sleep Health ini meneliti data dari UK Biobank yang mengumpulkan informasi kesehatan, genetik, dan gaya hidup dari 500.000 orang yang berusia antara 40 hingga 69 tahun di Inggris. 

Para peneliti dari University College London dan University of the Republic di Uruguay mengevaluasi data dari 35.080 peserta UK Biobank untuk melihat apakah ada hubungan antara tidur siang secara teratur dengan kognisi dan struktur otak.

Hasil dari penelitian tersebut menemukan hubungan antara tidur siang secara teratur dan volume total otak yang lebih besar. Volume total otak adalah ukuran kesehatan yang penting, dan mungkin menjadi indikator risiko kematian, menurut para ilmuwan. Namun perlu diingat bahwa tidak ditemukan hubungan antara tidur siang dengan hasil kognitif dan memori visual.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apakah tidur siang baik untuk Anda?

Ini bukan penelitian pertama yang melihat tidur siang dan penanda serta hasil kesehatan. Penelitian dari Journal of the American Geriatrics Society sebelumnya menemukan bahwa individu yang tidur siang selama 30 hingga 90 menit memiliki daya ingat yang lebih baik, sebuah tanda ingatan yang baik, dibandingkan peserta yang tidak tidur siang atau yang tidur siang lebih dari 90 menit.

Penelitian tambahan baru-baru ini tentang siestas, sebuah kata dalam bahasa Spanyol yang merujuk pada tidur siang atau istirahat siang, menemukan bahwa orang yang sering tidur siang selama 30 menit atau kurang, 21% lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami peningkatan tekanan darah dibandingkan dengan mereka yang tidak tidur siang sama sekali.

3 dari 4 halaman

Berapa lama waktu tidur siang yang ideal?

Penelitian yang sama tentang tidur siang menemukan bahwa individu yang tidur siang selama lebih dari 30 menit cenderung memiliki berat badan, kadar gula darah, dan tekanan darah yang lebih tinggi. Penelitian lain menunjukkan bahwa tidur siang yang berlebihan di siang hari dapat memprediksi peningkatan risiko Alzheimer di masa depan.

Pakar kesehatan kami mengatakan bahwa tidur siang sekitar 20 menit, tetapi tidak lebih dari 30 menit, adalah waktu yang ideal untuk orang dewasa. Durasi ini akan memungkinkan Anda untuk mendapatkan manfaat dari tidur siang yang singkat dan memulihkan tanpa jatuh ke tahap tidur yang dalam dan mengganggu tidur malam.

4 dari 4 halaman

Langkah-langkah apa yang dapat dilakukan untuk tidur yang lebih nyenyak?

Tidur siang singkat yang bersifat restoratif sangat ideal jika Anda lebih suka tidur sebentar di siang hari. Namun, jika Anda mendapati diri Anda tidur siang dalam waktu yang lama, hal ini dapat menjadi indikator tidur malam yang tidak mencukupi atau kualitas tidur yang buruk.

Cobalah untuk membuat rutinitas sebelum tidur di mana Anda pergi tidur pada waktu yang sama setiap malam. Jaga agar kamar tidur tetap gelap, tenang, dan sejuk untuk menciptakan lingkungan yang optimal untuk tidur, dan idealnya hindari layar selama satu atau dua jam sebelum tidur. 

Terakhir, cobalah untuk menghindari kafein setidaknya enam jam sebelum tidur, dan bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk mengesampingkan kondisi yang mendasari seperti sleep apnea yang mungkin memengaruhi tidur Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.