Sukses

Sederet Manfaat Bawang Mentah yang Belum Banyak Orang Tahu

Berikut ini sederet manfaat bawang mentah yang tak banyak orang ketahui, apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Orang-orang di Abad Pertengahan menganggap bawang sangat penting. Ada sebuah trik lama yang berasal dari tahun 1500-an, yaitu memotong bawang menjadi empat bagian dan menaruhnya di dekat tempat tidur akan membantu meredakan batuk. Mereka bahkan mengatakan bahwa hal ini dapat mencegah pilek dan flu. 

Seorang dokter di awal tahun 1900-an merekomendasikan hal ini pada pasiennya, dan mereka semua tetap sehat sementara orang lain di daerah tersebut jatuh sakit. Ini berasal dari sifat antibakteri bawang merah yang konon dapat menyerap udara kotor. Ilmu pengetahuan tidak mendukung hal tersebut saat ini, tapi ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan bawang merah. 

Beberapa orang menggunakan bawang sebagai detoksifikasi kaki. Caranya dengan memotong bawang menjadi beberapa irisan, letakkan satu irisan di bagian bawah setiap kaki, dan kenakan kaus kaki Anda untuk menahannya semalaman. Rupanya bawang memiliki kekuatan untuk membersihkan racun dari dalam tubuh melalui kaki.

Atau mungkin kaki Anda terasa sangat dingin di malam hari? Coba gosokkan bawang mentah pada jari-jari kaki Anda. Bawang ini dapat meningkatkan sirkulasi darah dan menghangatkan area tersebut.

Kemudian kenakan kaus kaki yang nyaman, masuklah ke dalam selimut, dan biarkan keajaiban bawang merah bekerja. Lalu, bagaimana dengan manfaat bawang lainnya? Dilansir dari Brightside, Kamis (13/7/2023), berikut ini ulasannya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Merangsang pertumbuhan rambut dan obati luka

Beberapa orang bersumpah dengan kekuatan jus bawang merah (lebih tepatnya, belerang di dalamnya) untuk merangsang pertumbuhan rambut dan memperkuat rambut indah Anda. 

Sulfur yang sama dalam bawang juga dapat membantu Anda mengobati luka bakar akibat sinar matahari. Katakanlah Anda melewatkan satu titik saat mengoleskan tabir surya. Ambil bawang, potong, dan oleskan ke area yang terkena. Boom, solusi cepat saat Anda kehabisan gel lidah buaya.

2. Meningkatkan kualitas tidur

Bawang juga dapat meningkatkan kualitas tidur. Bawang mengandung asam amino tertentu yang bertindak sebagai obat penenang alami. Jika Anda mengiris bawang mentah dan menyimpannya di dekat tempat tidur, Anda bisa yakin bahwa Anda mendapatkan malam yang berkualitas baik. 

Ya, bawang juga bisa membantu Anda melatih hewan peliharaan Anda. Jika anjing atau kucing peliharaan Anda merobek-robek barang berharga Anda atau merusak karpet, gosokkan bawang di bagian yang rusak. Baik kucing maupun anjing tidak tahan dengan baunya, jadi ini akan mencegah mereka mengulangi hal yang sama.

3 dari 4 halaman

3. Mengusir nyamuk

Dan mungkin ini terbaik, Anda bisa mengusir nyamuk di malam hari hanya dengan semangkuk irisan bawang di dekat tempat tidur. Serangga lain seperti semut, kutu daun, dan lalat wortel juga akan menghindari baunya. Ini dia, kamar yang bebas dari penyusup yang menyeramkan.

Dan untuk berjaga-jaga jika trik mangkuk tidak berhasil dan salah satu nyamuk berhasil menggigit Anda, ambil salah satu bawang di mangkuk Anda dan gosokkan pada gigitannya. Sifat anti-inflamasi bawang bombay akan membantu mengurangi rasa gatal, bengkak, dan perih.

4. Menghilangkan bau tak sedap

Sekarang yang sangat mengejutkan sayuran pedas ini dapat menghilangkan bau tak sedap di dalam ruangan. Entah itu bau apek atau bau cat baru. Bahkan akan menetralkan baunya sendiri setelah beberapa saat.

4 dari 4 halaman

5. Membantu membersihkan kaca

Bawang berfungsi sebagai bahan pembersih yang luar biasa. Cukup potong bawang dan gosokkan pada jendela yang kotor atau bergaris. Ingatlah itu saat Anda kehabisan bahan pembersih. Selagi Anda melakukannya, lanjutkan dengan menggosok semua permukaan kaca di rumah Anda. 

Untuk hasil terbaik, setelah menggosok kaca yang kotor dengan potongan bawang bombay, gunakan pasta yang terbuat dari soda kue dan air untuk menetralisir bau. Langkah terakhir bersihkan goresan dengan koran bekas.

6. Menghilangkan bekas gosong pada setrikaan

Bawang juga bisa menghilangkan bekas gosong pada setrika. Yang harus Anda lakukan adalah memotong bawang dan mengoleskannya pada noda, dan noda gosong secara bertahap akan memudar.

Selain itu, jika Anda memiliki bingkai tempat tidur logam atau benda logam lainnya di kamar Anda yang memiliki bekas karat, oleskan irisan bawang ke atasnya. Diamkan selama beberapa detik agar bawang bekerja dengan baik. Kemudian duduk dan lihatlah karatnya menghilang secara ajaib.

Sekarang lihat ke bawah. Sepatu Anda kotor? Potonglah bawang mentah dan gosokkan pada sepatu Anda selama beberapa menit. Ini akan menghilangkan noda lumpur dan rumput dengan mudah. Gunakan kain lembab di bagian akhir untuk menyeka sisa-sisa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.