Sukses

Filsafat hingga Neurosains, Deretan Artis Ini Pilih Jurusan Kuliah Antimainstream

Mulai dari filsafat hingga neurosains, berikut ini deretan artis tanah air yang memilih jurusan antimainstream saat kuliah.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam dunia pendidikan, khususnya di jenjang perkuliahan ada banyak jurusan yang bisa mahasiswa pilih. Nantinya jurusan tersebut akan mengarahkan mahasiswa ke pekerjaan yang akan dilakukan di masa depan. 

Itu mengapa banyak orang yang lebih memilih jurusan kuliah yang umum dan banyak diminati. Namun, siapa sangka bahwa tak sedikit artis Tanah Air yang lebih memilih jurusan kuliah yang antimainstream.

Sebut saja Dian Sastro, Cinta Laura, Isyana Sarasvati, hingga Sherina Munaf. Mereka memilih jurusan kuliah yang tak banyak diminati orang lain. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini sederet artis yang memilih jurusan antimainstream saat kuliah. 

1. Dian Sastrowardoyo

Siapa tak kenal Dian Sastrowardoyo? Aktris cantik ini dikenal cerdas ya. Dirinya juga kerap disebut sebagai salah satu artis paling inspiratif.

Namun siapa sangka jika Dian Sastrowardoyo dulu mengambil jurusan Filsafat saat berkuliah di UI. Tentu kita tahu bahwa jurusan ini cukup sulit sehingga tak banyak diminati. 

Filsafat sendiri adalah ilmu yang mempelajari kehidupan manusia melalui pemahaman dan dialog dengan ilmu-ilmu serta pemahaman perkembangan zaman. Dalam ilmu filsafat, hal yang dipelajari pun beragam, mulai dari sejarah pemikiran modern, metafisika, hingga filsafat ketuhanan.

2. Rachel Amanda

Aktris yang telah memulai karier sebagai bintang sinetron cilik ini mengambil jurus Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) saat berkuliah di UI dari jalur SNMPTN. Setelah sempat kuliah di FKM UI, Rachel Amanda rupanya merasa salah jurusan dan mendaftar kuliah lagi di Fakultas Psikologi UI.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Isyana Sarasvati

Penyanyi berbakat Isyana Sarasvati mengambil jurusan Music Performance di Nanyang Academy of Fine Arts (NAFA) yang berlokasi di Singapura saat berkuliah.

NAFA sendiri merupakan salah satu institusi pendidikan pertama di Singapura yang menawarkan pendidikan di bidang seni. Seolah tak memiliki kendala, Isyana berhasil lulus dengan predikat cumlaude dan sukses mendapatkan penghargaan best scholarship graduate. Wah, keren ya.

3 dari 4 halaman

4. Maudy Ayunda

Maudy Ayunda dikenal sebagai aktris berbakat tak hanya di bidang akting tapi juga pendidikan. Maudy Ayunda sendiri merupakan lulusan universitas terbaik dunia yaitu Oxford University dengan predikat cumlaude di jurusan PPE atau Politic, Philosopy, and Economics. PPE sendiri merupakan jurusan yang mempelajari kombinasi dari politik, ekonomi dan filsafat.

4 dari 4 halaman

5. Sherina Munaf

Sherina Munaf memilih jurusan Neurosains saat berkuliah di University of Sydney, Australia, tahun 2014 silam. Neurosains sendiri merupakan ilmu yang mempelajari tentang saraf yang berfokus pada kerja otak dan dampaknya terhadap perilaku, fungsi kognitif, serta mempelajari bagaimana cara manusia berpikir.  

Jurusan ini tentu tak banyak diminati orang lantaran dikenal begitu rumit dan sulit. Sherina juga sempat belajar Bahasa dan Budaya Jepang secara langsung di negeri Sakura tersebut. Dia bahkan tak segan meninggalkan dunia hiburan tanah air untuk beberapa saat demi mencari ilmu. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.