Sukses

Benarkah Bulu Mata Bisa Rontok karena Eyelash Extension? Ini Faktanya!

Apakah bulu mata asli bisa rontok karena eyelash extension? Ketahui fakta lengkapnya di sini.

Liputan6.com, Jakarta Punya bulu mata yang panjang dan lentik rasanya menjadi impian setiap perempuan. Selain bisa mempersingkat waktu ber-makeup, tampilan mata pun menjadi lebih indah dan kelihatan hidup. Maka tidak mengherankan kalau banyak sekali salon yang menawarkan eyelash extension untuk memenuhi keinginan tersebut.

Tidak seperti menggunakan bulu mata palsu, eyelash extension bisa membuat bulu mata menempel untuk waktu yang lama. Inilah yang membuat banyak Ladies yang mengincar perawatan ekstensi bulu mata atau eyelash extension.

Nah, buat seseorang yang belum pernah melakukannya, perawatan yang satu ini dikhawatirkan bisa membuat mata iritasi dan menyebabkan kerontokan bulu mata yang asli. Akan tetapi, benarkah demikian?

Sebelum melakukan eyelash extension, ada informasi yang sudah liputan6.com rangkumkan pada Jumat (26/4/2023), dari berbagai sumber. Ternyata, bulu mata rontok memang bisa terjadi. Di mana perawatan ekstensi bulu mata berisiko mengakibatkan radang kelopak mata dan alopesia traksi.

Seperti misalnya, tempat salon kecantikan menggunakan lem bulu mata yang bisa menyumbat kelenjar minyak di kelopak mata. Akibatnya, kelopak mata bisa mengalami iritasi dan kemerahan. Risiko eyelash extension ini disebut dengan blefaritis. Seandainya kondisi juga tidak kunjung membaik, lama-lama bulu mata alami akan rontok.

Sementara, alopesia traksi adalah kerontokan yang terjadi akibat adanya tekanan berlebih. Dalam hal ini, bulu mata palsu bisa memberikan beban berlebih pada akar dan batang bulu mata asli. Hal ini yang bisa merusak akar bulu mata, sehingga menjadi rontok. 

Namun, harus diingat apabila kerontokan bulu mata asli pun bisa terjadi karena berbagai faktor penyebabnya. Misalnya saja prosedur yang dilakukan tidak sesuai standar, tidak higienis, dilakukan terus-menerus, dan adanya keluhan di area mata yang dibiarkan begitu saja.

Untuk itu, sebaiknya lakukan perawatan dengan tepat sebelum dan setelah melakukan ekstensi bulu mata untuk mencegahnya rontok dan hal-hal buruk yang bisa terjadi nanti. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips untuk Cegah Bulu Mata Rontok Sebelum Eyelash Extention

Ikuti beberapa cara yang bisa dilakukan dalam mencegah kerontokan bulu mata asli saat ingin melakukan eyelash extension, seperti:

  • Pastikan melakukan perawatan di tempat yang sudah memiliki reputasi yang baik dan dilakukan oleh tenaga profesional.
  • Hapus riasan mata dengan lembut untuk meminimalisasi kerontokan.
  • Perhatikan jadwal pemasangannya agar tidak terlalu sering dilakukan.
  • Hindari menggosok area mata terlalu kencang.
  • Jangan menarik bulu mata palsu karena bisa menyebabkan bulu mata asli mengalami kerusakan.
  • Bersihkan wajah dengan sabun cuci muka yang bebas kandungan minyak di dalamnya.
  • Tidak mengucek dan menggosok mata karena bisa memperparah tarikan di bulu mata alami.

Jika mengikuti langkah-langkah di atas, kerontokan bulu mata pun bisa dihindari.

3 dari 3 halaman

Tips untuk Atasi Bulu Mata Rontok karena Eyelash Extension

Lalu, bagaimana jika bulu mata sudah terlanjur rontok? Tidak perlu panik dan khawatir, beberapa cara ini bisa Anda lakukan untuk mempercepat pertumbuhan bulu mata. Coba beberapa cara berikut:

  •  Penuhi asupan gizi

Ada beberapa zat gini yang diperlukan supaya bulu mata cepat tumbuh, seperti protein dan zat besi. Protein diperlukan dalam hal pembentukan keratin pada bulu mata. Sementara, zat besi bisa membuat bulu mata kuat dan tebal.

  • Gunakan serum bulu mata

Serum bulu mata dapat membantu pertumbuhan rambut jika bulu mata tetap rontok karena eyelash extension. Saat ini, ada banyak serum bulu mata yang bisa dibeli bebas di pasaran, tapi harus ingat untuk membelinya yang sudah memiliki izin atau ber-BPOM demi keamanan Anda sendiri. 

  • Oleskan minyak alami

Walaupun belum diketahui secara pasti keampuhan minyak alami untuk menumbuhkan bulu mata, tapi tak ada salahnya, kan, untuk dicoba. Pilihan yang bisa dicoba antara lain minyak argan, minyak castor, minyak kelapa, dan minyak kemiri. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.